Majukan Perekenomian Indonesia, Prestasi Junior Dorong Tumbuhnya UMKM Muda Berkonsep Perusahaan Siswa

Kalau kita bisa belajar dari Mark Zuckerberg, Gustav Magnar Witzoe, Kylie Jenner, Bobby Murphy dan para milyarder muda lainnya, kita pasti akan semangat memulai usaha atau berbisnis dari awal lagi. Dari kita masih sekolah atau dari masih kuliah, atau ya sebelum kita dinyatakan sebagai manusia tua secara usia. Akan ada banyak kesempatan, ide cemerlang, jalan yang panjang yang bisa kita capai jika kita bisa memulai itu semua sejak kita muda. Sehingga perekonomian di Indonesia juga turut maju seiring berkembangnya bisnis yang kita punya. Karena secara tidak langsung, ini akan membantu meningkatkan nilai pekerja di Indonesia dan menurunkan angka kemiskinan bangsa Indonesia kita ini.
Sukses itu bukan soal umur, bukan juga soal modal besar atau bahkan pintar di kelas. Karena sukses datang dari kerja keras, jaringan pertemanan, motivasi yang kuat dan sikap yang baik. Tapi ingatlah, kita hanya menjalani masa muda ini satu kali saja. Jadi mari menghabiskan waktu kita untuk menjelajah dunia dan berkarya. Quotes of the Day

Makin kesini, sebenarnya makin banyak pula kesempatan yang bisa diraih karena segala sesuatunya sudah banyak yang dipermudah. Teknologi sudah canggih, strategi marketing dalam berbisnis juga makin banyak tips and tick nya. Banyak juga organisasi nirlaba atau non-profit yang ikut serta turut membantu meningkatkan perekonomian di Indonesia, contohnya seperti Prestasi Junior Indonesia.

Prestasi Junior Indonesia Dorong Tumbuhnya UMKM Muda

Prestasi Junior Indonesia atau biasa kita kenal dengan PJI adalah sebuah organisasi non-profit, afiliasi dari JA Worldwide yang memiliki misi untuk menginspirasi generasi muda Indonesia agar berhasil secara ekonomi, dengan cara pembekalan pengetahuan terkait bisnis, entrepreneurship, dan kesiapan kerja. 

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini, Indonesia dianggap memiliki iklim kewirausahaan yang semakin positif. Global Entrepreneurship Index (GEI) 2019, riset yang mengukur kualitas dan dinamika ekosistem kewirausahaan suatu negara, memasukkan Indonesia ke daftar 10 negara dengan skor peningkatan tertinggi. Peringkat Indonesia melejit dari 94 (GEI 2018) menjadi 75 dari 137 negara - bahkan di atas India dan Filipina. Selaras temuan tersebut, World Economic Forum juga menempatkan Indonesia di posisi teratas sebagai negara di ASEAN dengan rasio tertinggi anak muda yang memiliki aspirasi menjadi pengusaha. Itulah sebabnya, Prestasi Junior Indonesia dengan cepat menanggapi riset tersebut dan berusaha untuk mendorong tumbuhnya UMKM Muda di Indonesia yang berkonsep Perusahaan Siswa dengan mengadakan sebuah program yang diberi nama Student Company, dan tahun ini tema acaranya adalah Indonesia Student Company of the Year Competition 2020.


Beruntung sekali kemarin saya diundang oleh PJI dalam rangka menyemarakkan program Student Company tahun 2020 ini secara virtual. Di mana dalam program ini, PJI telah memberikan kesempatan kepada pelajar SMA dan SMK untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan praktis kewirausahaan yang dibutuhkan untuk mewujudkan sebuah ide bisnis. Melalui program ini juga, para pelajar diberdayakan untuk memenuhi kebutuhan serta memecahkan masalah di komunitas dan lingkungan mereka melalui bisnis yang mereka dirikan dan kelola secara mandiri.

Dan dalam program ini, Prestasi Junior Indonesia (PJI) bersama Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia), Caterpillar Indonesia, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), dan PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia) telah kembali melibatkan lebih dari 900 pelajar SMA/SMK dari 11 wilayah di Tanah Air, meliputi Batam, Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, Bojonegoro, Blora, Tuban, dan Denpasar. Berlangsung selama Januari-September 2020 lalu, dan Alhamdulillahnya program ini telah sukses melahirkan 44 bisnis baru dengan total omzet mencapai Rp 272 juta.

Ide yang unik an kreatif untuk kompetisi bisnis se Asia Pasifik 

Saya yakin bahwa generasi muda Indonesia saat ini bisa melahirkan ide-ide yang sangat unik dan kreatif. Buktinya, dalam presentasi acara Student Company kemarin saja banyak banget produk-produk baru yang unik dipresentasikan oleh siswa-siswi baik SMA maupun SMK dari 11 wilayah di tanah air dengan konsep yang begitu mencengangkan. Contohnya produk dari SAGLOVA Student Company yang diproduksi oleh tim SMAN 1 Tuban dimana produk yang diberinya nama STICLE ini sebenarnya berasal dari memanfaatkan limbah nanas sebagai stain cleaner yang efektif dan ekonomis.


Sepanjang proses membangun bisnis mereka, para pelajar membentuk dewan direksi dan tim kerja, merencanakan strategi bisnis, menciptakan dan belajar bagaimana cara memasarkan produk yang tepat dan pas, serta melaporkan kinerja bisnis kepada pemegang saham dan melikuidasi perusahaan. Selama periode program, relawan bisnis juga terlibat aktif dalam memberikan pendampingan untuk berbagi pengalaman dan inspirasi. Pastinya banyak banget pengalaman yang dibisa diambil dari para peserta Student Company ini. 

Dengan memperoleh pengalaman menjalankan bisnis, para pelajar mengeksplorasi secara langsung bagaimana dunia bisnis bekerja, memperoleh gambaran lebih baik tentang keterampilan masa depan yang dibutuhkan untuk sukses, dan mulai mempertimbangkan kewirausahaan sebagai pilihan karir potensial bagi mereka. 


Dari 44 perusahaan siswa yang terbentuk, PJI menyeleksinya menjadi 9 finalis yang berkompetisi dalam ISCC 2020; yaitu Cosera SC (SMK Kartini Batam), Sevone SC (SMAN 71 Jakarta), Nature Piece SC (SMKN 20 Jakarta), Brico SC (SMA Muhammadiyah Cileungsi), Elecra SC (SMAN 11 Bandung), D'Eagle SC (SMA Karangturi Semarang), Rasendriya SC (SMAN 16 Surabaya), Saglova SC (SMAN 1 Tuban) dan Forca SC (SMAN 2 Denpasar).

Nah dari kesembilan finalis tersebut, PJI akan memilih satu perusahaan (tim terbaik) dari mereka untuk mewakili Indonesia pada kejuaraan bisnis tingkat Asia Pasifik di tahun 2021 mendatang. Uwow! Pastinya seneng banget dong ya bisa jadi entrepreneur muda dengan pengalaman yang luar biasa. Selamat buat SMA KARANGTURI SEMARANG yang berhasil mendapatkan Golden Ticket untuk jadi yang pertama! Melihat pengumuman ini saya jadi ikut deg-degan, mengingat dulu saya juga pernah menjadi finalis Karya Ilmiyah Remaja se-Provinsi yang tidak menempati Juara Pertama saja sudah gemeteran apalagi ini kompetisi se-Indonesia yang berhasil menghasilkan omzet jutaan di usia muda. Duh, jadi ingat waktu itu. 🔥🔥👏🏼👏🏼


Dari acara ini, saya berharap semoga kedepannya, makin banyak pelajar Indonesia yang lebih kreatif ide-idenya. Dan berharap, perekonomian Indonesia juga semakin maju dan stabil menghadapi persaingan ekonomi secara global. Go go, Indonesia! 🇮🇩🎉 Sumpah ya, saya super excited banget pas ngikutin acara ini kemarin. Berharap saya juga bisa ikutan dan punya kesempatan yang sama seperti mereka. Aamiin. Adakah di sini yang sudah siap mengikuti Student Company di tahun 2021 mendatang? 😍

Comments