Mau Kursus Menulis Bahasa Asing? Ya, di Lister Aja!

Pernah nggak sih kalian merasa lelah karena bingung jika ada mata kuliah atau mata pelajaran bahasa asing, selalu mendapatkan nilai yang kurang memuaskan? Sudah berusaha semaksimal mungkin agar memahami selama belajar sendiri tapi hasilnya ya begitu-begitu saja. Stuck. Seperti yang saya alami selama tes TOEFL atau IELTS kemarin. Masuk perguruan tinggi negeri itu gampang-gampang susah, apalagi yang lagi nyari beasiswa kayak aku kemarin. Kalau skornya nggak tinggi ya siap-siap aja ngulang di tahun depan, atau pahitnya ya bego bahasa inggris seumur hidup. 

Jujur, dibanding belajar bahasa inggris sendiri, aku lebih suka belajar bahasa korea, karena selain aku suka nonton drama korea, aku mencintai huruf hangeul lebih dulu akibat dari aku ingin sekali kuliah engineering di korea selatan karena Korsel juga merupakan salah satu negara maju yang berhasil melahirkan banyak perusahaan teknologi dan manufaktur. Tapi sayang, persyaratan wajib yang digunakan untuk memenuhi beasiswa di mana-mana ya skor TOEFL atau IELTS. Mau nggak mau aku harus menggodok otakku agar bisa sejalan tanpa seni di bahasa inggris. LOL!

Sebagai anak jurnalistik yang nggak bego-bego amat tentang kepenulisan, rasanya aku juga ingin meraih impian bisa nulis jurnal, novel, berita, atau sejenisnya dalam bahasa inggris. Biar bisa Go Internasional ceritanya. Tapi jujur, baru ngomongin kata "bahasa inggris" saja otakku sudah mau pecah rasanya. Karena definitely aku ini tipe orang yang hanya mau belajar serius ketika aku menemukan seni di dalamnya dulu. But yah, bahasa inggris belum ku temukan seninya sampai sekarang. Jadilah, aku harus memaksa otakku untuk belajar lebih lagi agar aku bisa serius. Contohnya? Harus dipaksa ikut Kursus Bahasa Inggris Online. Dan karena aku masih penasaran sampai sejauh mana otakku bisa menulis dalam bahasa inggris, akhirnya aku memutuskan untuk ikut kelas menulis dari Lister.

Who is Lister?

Mungkin beberapa dari kalian masih banyak yang belum tahu soal Lister. Jadi buat kalian yang belum tahu, Lister ini merupakan suatu perusahaan edukasi bahasa berbasis online yang dinaungi oleh PT Aegis Digital Indonesia, yang bisa membantu kita menyelesaikan problematika belajar bahasa mulai dari bahasa Inggris, Jepang, Korea, Arab, German, China dan sebagainya, yang mana cara pembelajaran di sana menggunakan metode pembelajaran inovatif dengan standar internasional yang mengacu pada kurikulum Common Eropa Framework of References (CEFR).

Sehingga bagi kalian yang masih pemula maupun yang udah jago banget dalam menulis, membaca, maupun berbicara bahasa asing, kalian bisa meningkatkan bahasa asing kalian sesuai dengan level dan kemampuan yang sudah kalian miliki. Asyik dong? Tentunya.

Pengalaman Mengikuti Academic Writing di Lister

Pertama kalinya aku memberanikan diri mengikuti kursus menulis bahasa inggris online ya di Lister ini. Jadi, waktu itu aku ambil paket yang paling murah dan waktunya fleksibel. Tadinya aku ingin mengikuti kursus bahasa korea, karena aku ingin melanjutkan skill menulis hangeul dan speaking. Tapi karena kelas yang tersedia pada masa itu adalah kelas menulis bahasa Inggris, akhirnya aku memutuskan untuk ikutan kelasnya dengan harap-harap cemas. Jujur, deg-degan banget karena skill menulisku dalam bahasa inggris grammarnya lumayan kacau. Tapi karena ini kesempatan terbaik buat ikutan kelas, ya semangat aja jadinya, siapa tahu kan, setelah ini jadi bisa nulis jurnal atau sok-sokan bikin novel fiksi macam Harry Potter gitu. LOL!

Buat yang masih belum tau gimana cara mengikuti kursus di Lister, nggak usah bingung. Saya doakan kalian melek teknologi semua, jadi nggak ada yang namanya rengekan, ah kak aku nggak ngerti cara daftarnya gimana, atau parahnya lagi kalau nanya emang ada akun sosial medianya ya? Official Websitenya ada nggak kak? Menurut lo? Ya adalah, bambaang! Namanya juga kursus online, pastinya ada website dan sosial medianya. Pembelajaran juga dilakukan secara online. Plis deh, jangan nambahin pusing kepala. 


Jadi setelah aku mendaftar atau klik registrasi di website Lister, dengan melengkapi form pendaftaran, biasanya akan diminta mengerjakan placement test agar mendapat kelas yang sesuai. Jangan lupa bayar biayanya melalui m-banking transfer, atm transfer, atau bisa melalui kantor bank terdekat. Kalau sudah oke semua, biasanya kalian akan dimasukkan grup whatsapp kelas untuk mengetahui jadwal kelas yang akan dimulai. Terus biasanya, akan ada Kelas Tatap Muka Live Menggunakan Video Conference apps aka Zoom yang super mudah digunakan. Udah pada tahu zoom kan? Jangan bilang masih nggak tau apa-apa, kebangetan banget kalau nggak tau. Sht.


Fyi, buat kalian yang masih belum tau Academic Writing yang aku ikutin ini maksudnya bagaimana. Jadi, di Lister itu ada banyak banget program kursus bahasa Inggris yang bisa kalian ikuti, nah salah satunya adalah program Kursus Academic Writing & Jurnal yang memang diperuntukkan bagi sesiapa yang ingin belajar menulis dalam Bahasa Inggris secara sistematis dan efektif dalam sebuah karya tulis maupun naskah ilmiah lainnya. Jadi, karena aku juga anak jurnalistik yang punya cita-cita terlalu tinggi, jadilah aku memilih kelas menulis ini. Dan ya, seperti dugaan kalian. Aku super kayak orang alien yang cuma bisa nyimak materinya karena kepalaku sudah mau pecah. Melihat grammar yang menari-nari di depanku dengan tutor yang super hebat dari Lister, membuat hati kecilku ciut tapi otakku sedang berusaha keras untuk semangat. Sumpah ya, kalau kalian sudah merasa bahwa IQ bahasa inggris kalian di atas rata-rata dan kalian ingin belajar bareng Lister itu cocok banget. Karena tutornya bakal lebih smart dari kalian. Aku yang remahan rengginang jadi makin seperti butiran debu di kolam ikan. Hanyut entah kemana, bambang.



Yang lain sibuk semangat ngerjain latihan dengan gagahnya, aku cuma jadi silent student yang mungkin kalau bisa ketemu di kelas langsung dengan latihan yang super bikin deg-degan, aku pasti malu karena jurnalku bakal banyak coretan karena penempatan grammarnya banyak yang salah. Pufff, sepertinya aku memang tidak cocok jadi penulis Go Internasional ya? Teeet.

Tapi jujur sih, keren banget kalau ada kursus bahasa online macam Lister begini. Kita bisa menghemat biaya buat transportasi, tapi kita tetap bisa mendapatkan pembelajaran yang terbaik dan efektif dari tutor-tutor yang sudah bersertifikasi. Jadi, buat kalian yang mau belajar bahasa juga seperti aku, kalian boleh coba beberapa kelas atau program yang ada di Lister. Dijamin mahir kalau kalian rajin dan tekun ngikutin step-by-step yang sudah diberikan secara cuma-cuma di sana.

Ada program kursus apa saja sih di Lister?

Sebenarnya ada banyak banget program yang bisa kalian pilih, khususnya buat yang mau kursus bahasa inggris tuh ada banyak pilihannya seperti kursus TOEFL, IELTS, TOEIC, Pronunciation, Grammar Masterclass, dan sejenisnya. Selain itu ada juga kursus bahasa asing seperti korea, jerman, jepang, arab, mandarin, belanda, turki, spanyol, italia dan sebagainya. 

Kenapa pilih kursus Academic Writing di Lister?

Kenapa aku pilih Lister, karena jadwal kelasnya yang fleksibel yaitu malam hari setelah sholat maghrib, jadi aku bisa lebih fokus belajarnya. Terus, registrasinya juga mudah, tinggal ke website resminya lister.co.id lalu pilih program kursus yang diinginkan lalu bayar. Semudah itu. Dan yang paling aku suka adalah, aku juga bisa melihat hasil rekaman selama belajar,  jadi kalau ada yang belum aku mengerti aku tinggal klik aja link yang sudah disediakan di grup untuk bisa diakses dan dipelajari kembali. Dan ya, pastinya aku pilih lister karena semua tutornya bersertifikasi, jadi dijamin kualitas belajarnya.

Enaknya lagi, kita juga bisa milih dan mengikuti Live Class Private One on One atau Group Class. Jadi bisa disesuaikan dengan tujuan dan keinginan belajar kita. Hemmm, ternyata semakin kesini belajar menulis bahasa asing itu semakin mudah dan menyenangkan ya. Meski kadang kepala nyut-nyutan karena merasa belum mampu saja buat belajar sebanyak itu. Tapi kalau sudah diniatin dan ditekunin agar bisa menggapai cita-cita menjadi seorang jurnalis yang profesional, ya mau nggak mau aku harus mampu mengikuti pembelajaran yang seasyik ini.

Kalian masih belum pernah nyoba kelas Lister? Yuk, kepoin media sosialnya! :)

Lister.co.id

Instagram: @lister.co.id
Facebook: Lister.co.id

Comments