Beberapa Manfaat Pijat Refleksi Bagi Kesehatan


Siapa di antara kalian yang masih enggan buat pijat refleksi? Padahal manfaat yang diberikan setelah kita melakukan pijat refleksi itu sangat baik sekali. Berbeda dengan metode pijat atau urut biasa, pijat refleksi sebenarnya lebih berfokus pada titik-titik yang ada di tubuh, terutama pada kaki dan tangan. Titik-titik tubuh tersebut terhubung langsung dengan saraf-saraf organ, sehingga ketika kita dipijat pada bagian-bagian itu, akan mempengaruhi fungsi organ. Nah, di sinilah pijat refleksi bisa dijadikan pilihan untuk menghilangkan rasa pegal dan lelah, juga bisa kita gunakan untuk memanjakan diri di sela-sela kesibukan kerja.

Manfaat Pijat Refleksi Bagi Kesehatan

Pijat refleksi banyak dipilih orang karena pijat jenis ini dipercaya memberikan manfaat kesehatan tertentu secara alami tanpa harus mengonsumsi obat-obatan. Pada umumnya, pijat refleksi sudah dianggap lebih aman, meski terkadang tekanan yang terlalu kuat sebenrnya bisa menyebabkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan bagi sebagian orang.

Nah, para terapis pijat refleksi ini biasanya menggunakan ibu jari dan jari lainnya untuk menekan titik-titik saraf pada tangan dan kaki. Terkadang juga dibutuhkan alat bantu saat memijat atau memberikan tekanan pada kaki atau tangan, berupa alat pemijat dari kayu. Tergantung seberapa nyaman kita saat dipijat.

Nah, selain menghilangkan pegal dan rasa capek, ada beberapa manfaat dari pijat refleksi bagi kesehatan yang harus kita ketahui.

1. Melancarkan peredaran darah

Manfaat pertama pijat refleksi adalah membantu melancarkan peredaran darah kita. Singkatnya, gerakan dalam pijat refleksi mampu membuka simpul pada pembuluh darah, sehingga pembuluh darah nadi dan vena bisa bekerja lebih optimal dalam mengalirkan darah dan berbagai gangguan kesehatan yang disebabkan karena peredaran darah yang tidak lancar, sehingga dapat disembuhkan.

2. Membantu mengurangi gejala penyakit tertentu

Menurut refleksologi asal Inggris; Rosanna Bickerton, pijat refleksi mampu mengurangi gejala penyakit tertentu. Bisa membantu meringankan gejala beberapa penyakit ringan seperti sakit kepala, nyeri punggung, atau masalah pada pencernaan. Juga bisa meringankan gangguan kesehatan yang terbilang cukup berat, misal multiple sklerosis dan Parkinson. Jadi, terapi pijat refleksi ini bisa dibilang bisa membantu mengurangi rasa nyeri atau sakit (bukan menyembuhkannya).

3. Membantu mengurangi stres

Perlu kalian ketahui, meski hanya berfokus pada bagian telapak kaki atau tangan, ternyata pijat refleksi terbukti ampuh untuk mengurangi stres. Kaki menjadi tempat terbaik untuk mendeteksi adanya gangguan kesehatan pada tubuh. Awalnya, memang terasa sakit dan tidak nyaman. Namun,  jika kita rutin melakukannya, hal itu bisa membuat rasa tidak nyaman dan sakit jadi berkurang. Bahkan pijatan dan tekanan lembut pada kaki bisa jadi akan membuat kita menjadi lebih relaks.

4. Melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan energi

Selain itu, manfaat pijat refleksi ini adalah membantu meningkatkan sirkulasi dan memberikan stimulasi pada bagian sistem pencernaan. Terapi pijat refleksi ini baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Sehingga bisa dibilang pijat ini juga bisa membantu kita meningkatkan energi pada tubuh.

Baca juga: Pengalaman Tes Corona Online di Halodoc

Pernahkah kalian tahu bahwa tubuh kita ini memiliki lebih dari 7.000 saraf yang berada di bagian telapak kaki dan terhubung melalui sistem saraf pusat? Nah, pijat refleksi ini melalui bagian ujung saraf atau telapak kakinya mampu membuat tubuh melakukan penyembuhan sendiri. Jadi, kalian masih takutkah buat melakukan pijat refleksi di saat merasa pegal atau lelah? Kalau saya sih enggak.

Oiya, buat kalian yang mau baca artikel lebih banyak lagi tentang kesehatan, kalian bisa langsung kunjungi blog/ website Halodoc. Di sana akan ada banyak informasi terkait kesahatan, baik kesehatan tubuh maupun kesehatan mental. Selain itu kalian juga bisa tanya langsung ke dokter yang tersedia, jika kalian merasa kurang enak badan atau sedang sakit tiba-tiba.

Yuk dicoba, melakukan pijat refleksi saat tubuh sudah merasa lelah atau sedang mengalami stress kerja, siapa tahu kalian bisa merasakan salah satu manfaat yang sudah aku tuliskan di atas! Cheers~

Comments