#DirumahAja Semakin Produktif dan Berpikir Positif with Serangkaian Emeron Hair Care


Well, sudah sebulan lebih aku dan keseharianku hanya berkutat di dalam rumah saja. Semenjak ditetapkannya Indonesia menjadi salah satu negara yang terkena dampak virus korona dan banyaknya pasien yang positif menderita Covid-19, rasa cemas, takut, dan khawatir akan tertularnya penyakit ini semakin tinggi. Hingga pada akhirnya, kita semua harus pandai menjaga diri (dengan menjaga kebersihan dan stamina tubuh) juga patuh terhadap aturan pemerintah untuk tidak keluar rumah sampai diberhentikannya Pembatasan Sosial Berskala Besar atau biasa kita dengar dengan sebutan PSBB.

Bosan? Tentunya. Banyak hal yang harus dilakukan di luar sana tapi kita tidak bisa berbuat apa-apa. Apalagi aku yang statusnya masih menjadi mahasiswa rantau jurusan Teknik Informatika, adanya e-learning hampir setiap hari tidak membuatku cukup pintar dalam mengaplikasikan teori. Algoritma dan pemrograman yang aku pelajari seharusnya dibimbing langsung oleh dosen, dan dipraktikkan langsung oleh kami. Tapi kini justru kami yang harus menguras otak untuk bisa mengerti rumus-rumus yang mereka beri hanya melalui program pembelajaran online. Sungguh, pikiranku terkadang tidak bisa sepositif biasanya. Terlebih karena aku juga kangen rumah. Virus korona seakan menjadi musuh bebuyutan dalam hidupku di awal tahun 2020 ini.

Stay Positive dan #DengarkanHatimu

Aku masih bersyukur sampai detik ini, sebab ibu selalu mensupport aku untuk bisa terus bertahan sampai pandemi virus korona ini berakhir. Kalau kata ibu, percayalah bahwa setelah berpuasa akan ada hari raya; dan setelah adanya pandemi virus korona ini, mungkin Allah sudah menyiapkan hal yang paling bahagia untuk penduduk bumi. Aku hanya bisa berkata "Semoga", kita tetap berdo'a dan berusaha. Mungkin masih ada harapan untuk terbebas dari kekhawatiran ini, asal kita tetap berpikir positif dan tetap menjalankan kehidupan dengan baik seperti biasanya. Jadi, aku mencoba untuk tetap stay positive.

Di bulan suci Ramadhan yang hanya bisa #DirumahAja ini, aku mencoba melakukan hal-hal positif agar pikiran aku juga tetap positif. Hashtag #DengarkanHatimu (untuk melakukan hal-hal yang kita senangi) seakan menjadi penyemangat kedua setelah ibu. Aku mencoba untuk kalem dalam menyikapi hal-hal yang kadang membuatku merasa marah dan bosan. Jadi, jika kalian sudah merasa bosan dan khawatir tentang kapan berakhirnya pandemi virus corona ini, mari ikuti aku untuk melakukan beberapa hal yang akan aku share setelah ini.

1. Membersihkan rumah dan belajar memasak


Usahakan kita tidak bengong dan tetap melakukan sesuatu yang membuat kita senang, sehingga otak kita tetap bekerja dengan baik dan berpikir positif. Buat kalian yang doyan bersih-bersih rumah, jangan sampai di masa pandemi seperti ini kita jadi malas ngapa-ngapain. Tetap lakukan beberes rumah biar kita tetap berpikir positif. 

Kalau aku sendiri saat ini lebih sering belajar memasak sih. Selain bisa menghemat untuk kebutuhan hidup sehari-hari, aku jadi bisa mencoba resep masakan baru. Dan hasilnya itu, memuaskan banget meski cita rasa masakannya kadang masih sering dipertanyakan. 


Tak perlu repot order makanan dari luar, kita bisa mengisi keseharian kita dengan hal-hal yang menyenangkan. Dapat ilmu baru, hobi baru dan cara berpikir yang baru. Stay positive.

2. Menulis di Blog 

Untuk menambah produktivitas keseharian aku selama pandemi virus korona ini, aku mencoba untuk menulis segala sesuatu yang perlu aku tulis di blog, supaya aku bisa memberikan informasi atau bisa menghibur juga memotivasi orang lain untuk tidak khawatir dengan adanya karantina yang sedang berlangsung saat ini. Dan juga, agar aku bisa belajar lebih lagi bagaimana cara menulis di blog yang baik. 


Selain itu, aku mencoba untuk mengikuti kompetisi blog supaya aku tahu seberapa jauh kemampuan menulisku saat ini dan seberapa banyak tulisanku diminati para pembaca di luar sana. Semakin banyak tantangan asyik yang ku hadapi, rasa khawatirku selama #DirumahAja ini berasa semakin memudar. Karena hobi, kegiatan yang positif, dan cara berpikir yang asik kemungkinan besar juga bisa menambah daya tingak imun dalam tubuh. Sehingga kita tetap sehat dalam masa karantina, dan segera terbebas dari pandemi Covid-19 seperti saat ini.

3. Membaca Buku atau Novel

Salah satu hal yang paling aku suka saat masa karantina seperti sekarang ini adalah bertambahnya minat baca. Karena selama ini kita sudah sering ketagihan menjadi Generasi Tutorial dan penikmat audio visual, rasanya ingin kembali melakukan aktifitas langka yang dulu sering banget ku lakukan, yaitu membaca buku atau novel. Aku suka baca novel sastra dan ilmiyah gitu. Karena diriku merasa sedang bereksplorasi dengan segudang imajinasi.


Aktifitas membaca buku atau novel ini biasa aku lakukan menjelang buka puasa atau sore hari. Jadi setelah menyiapkan masakan untuk berbuka puasa, aku biasa duduk di ruang tam sambil membaca buku. Kalau lagi pandemi gini sih, aku doyan menghabiskan novel dibanding buku bacaan berat. Supaya pikiran aku sedikit terhibur dan bisa saja terkadang muncul ide yang cemerlang untuk menulis cerita setelah melakukan aktivitas ini.

4. Menerima Pesanan Web Design di @Moshicoo

Sebenarnya, urusan desain mendesain ini sudah aku lakukan sejak akhir 2019 lalu sebelum pandemi korona melanda Indonesia. Aku membuka jasa desain grafis kreatif dan juga web design (khusus blogspot) selama masa karantina ini. Karena aku pikir, akan banyak orang-orang di luar sana yang mau belajar menulis di blog saja sebab banyak waktu luang yang mereka punya dan mungkin butuh bantuanku untuk mempercantik tampilan blog mereka, jadilah aku menerima pesanan web desain selama beberapa bulan terakhir ini.


Meski terkadang aku merasa lelah juga ketika lagi banjir orderan, tapi aku selalu bersyukur. Andai saja tidak ada pesanan web design selama masa karantina ini, mungkin aku akan merasa putus asa karena pemasukanku berkurang dan pengeluaran tetap seperti biasa atau bahkan lebih banyak dari biasanya. Sedang kini aku tinggal di tanah rantau sekaligus zona merah terjangkitnya virus corona, yang mana tidak bisa mudik dan harus berpikir keras soal pendidikan dan karir. Aku mencoba berpikir positif dan menjalankan hobi yang bisa menghasilkan sampai masa karantina ini berakhir.

5. Nonton Drama Korea

Untuk meminimalisir kebosanan akut selama #DirumahAja, aku mencoba menghibur diri dan pikiran dengan menonton drama korea. Sekaligus belajar bahasa dan aksen korea dari drama-drama yang aku tonton. Karena aku sendiri masih memiliki mimpi dan harapan bisa lanjut kuliah dengan beasiswa KGSP di sana. Fighting!


Apalagi drama korea di tahun 2020 ini lumayan seru semua jalan ceritanya. Banyak nilai moral dan informasi baru yang aku ketahui setelah nonton drama. Soal pernikahan, politik pemerintahan, romantika kehidupan dan lain sebagainya. Hal ini membuat aku bisa berpikir positif selama dikarantina. Sembari berdoa supaya pandemi virus corona segera berakhir di muka bumi ini.

6. Belajar Edit Video dan Foto

Hobi dan pekerjaan yang aku jalani saat ini adalah menjadi seorang konten kreator, sebisa mungkin aku mengupgrade kemampuan editingku, dari mulai edit foto sampai edit video. Semuanya aku pelajari secara otodidak dan bisa ku pelajari lebih banyak lagi selama karantina ini. Hasilnya seperti video di bawah ini (cekidooot):


Aku belajar dari beberapa konten kreator yang sudah sukses di bidangnya. Sebagai perempuan berhijab yang tak ingin ketinggalan perkembangan teknologi ini, aku berusaha untuk bisa mempraktikkan apa yang sudah aku pelajari. Supaya tidak bosan, aku nonton youtube tutorial sebagai bahan referensi. Kemudian aku mengaplikasikannya di Adobe Photoshop dan Kinemaster. Jadi, walau sudah hampir dua bulan ini aku di rumah aja, aku tetap bisa produktif dan stay positive.

7. Merawat diri (Perawatan Tubuh dan Rambut)

Mumpung diberlakukannya kerja dari rumah atau #DirumahAja, aku mencoba untuk merawat diri (perawatan tubuh) mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Karena selama aku kerja di luar rumah kemarin, kulit aku udah lumayan kering dan keling. Terlebih lagi di bagian kepalaku, berasa banget gatal, sering lepek dan rambutku terasa kering dan kadang rontok. Dan juga, karena aku bisa saja bersentuhan dengan kebosanan yang berujung stress karena kelamaan di rumah, aku mencoba merawat diri dan menjaga kebersihan tubuh ini agar pikiran jadi lebih fresh dan merasa nyaman kerja di rumah.


Apalagi yang punya masalah rambut lepek dan kering sepertiku, seringkali emosiku tak terkendali kalau tidak dirawat. Dikit-dikit kepala pusing, merasa gatal di kepala, rambut jadi kering dan gampang rontok. Kalau kata orang tua, rambut rontok sebab keseringan mikir dan stress. Oh big no, jangan sampai hal itu terjadi.

Caraku Merawat Rambut Selama Quarantine (#DirumahAja)

Karena keseharianku sebagai seorang mahasiswa dan konten kreator yang berhijab, pastinya aku gak boleh asal untuk merawat kebersihan kulit kepala dan rambutku. Selama ini aku percayakan rambut keringku bersama Emeron Nutritive Hijab Shampoo dan serangkaian produk emeron lainnya. Pasti kalian juga bertanya-tanya kan, kenapa pakai shampoo Emeron Hijab dan bagaimana kesan selama memakai serangkaian produk perawatan rambut dari Emeron ini. Oke, jadi begini.


Pertama, karena aku ini berhijab jadilah aku memilih shampoo yang emang bisa menutrisi rambut yang berhijab. Aku memilih Emeron Nutritive Hijab Shampoo ini karena cocok di kepalaku. Nggak bikin gatal, nggak bikin rambut lepek, dan tipe rambut kasar aku bisa jadi lembut setiap pakai shampoo ini. Makanya aku selalu pakai Emeron Nutritive Hijab Shampoo ini.

About Produk: Memiliki tekstur krim yang lembut berwarna hijau muda dan memiliki banyak busa setelah dicampur air. Untuk aromanya tidak terlalu menyengat, tapi malah bikin segar. Aroma segar tea-tree oil + mint terasa banget. Selepas keramas, rambut jadi seger dan semeriwing. Harga? Sekitar Rp. 17,000 (di minimarket dekat tempat tinggalku, beda area beda harga).

Biasanya, aku keramas tiap dua hari sekali selama karantina di rumah ini. Karena rambut aku tuh tipe yang gampang lepek, makanya aku lumayan rutin perawatan rambutnya. Apalagi cuaca di Indonesia yang super nggak stabil ini. Kita harus pinter-pinter merawat diri biar nggak gampang marah dan khawatir.


Kedua, aku memakai conditioner setiap habis keramas dari Emeron yang Soft Smooth. Cara pakainya juga gampang banget. Ambil pastanya sesuai kebutuhan, ratakan ke seluruh rambut, diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air.

About Produk: Memiliki tekstur krim yang berwarna sheer pink. Tidak terlalu padat dan tidak terlalu encer. Wanginya segar tidak menyengat. Mengandung Active Provit Amino dan ekstrak bunga matahari yang mampu melembabkan rambut dan menutrisi rambut dari akar hingga keseluruhan rambut. Sehingga rambut jadi halus, tidak lepek, gampang diatur dan berkilau. Harga? Sekitar Rp. 14,000 an ya (beda area biasanya beda harga).



Ketiga, aku memakai Hair Vitamin dari Emeron yang Soft Smooth karena rambut aku tipenya kering dan kasar. Cara pakainya, setelah kalian selesai mandi dan keramas, buka dan tuangkan hair vitaminnya ke telapak tangan, lalu usapkan ke seluruh rambut. Lebih baik diusapkan pas rambut dalam kondisi setelah basah ya. Setelah itu disisir dan ditata suapaya rapi, halus dan lembut.

About Produk: Memiliki tekstur yang encer tapi tidak seperti air. Encernya semacam serum gitu ya. Putih bening dan memiliki wangi yang segar dan melembutkan rambut. Harga? Sekitar Rp. 7,500.

Kenapa Memilih Perawatan Rambut Emeron ?

Karena sesuai dengan problematika rambut aku saat ini yaitu kering, kasar, dan gampang rontok. Selain itu, harganya yang amat sangat terjangkau membuat diri ini semangat melakukan perawatan rambut meskipun berhijab. Dan yang paling penting, produk Emeron sudah terpercaya sedari dulu. Sejak zamannya nenek aku masih muda. Hehe. Jadi, nggak ada alasan lagi untuk menolak memakai serangkaian perawatan rambut dari Emeron ini.

Selain itu juga, produk Emeron tuh gampang banget dicari (mudah didapatkan). Baik di toko kelontong, minimarket, supermarket, atau e-commerce kesukaan kalian. Kalau lagi pandemi gini sih, aku biasa pesan di online shop. Tinggal pesan dari rumah, barang diantar dengan selamat dan siap dipakai.


Nah, begitulah ceritaku selama #DirumahAja. Beberapa hal yang aku lakuin diatas alhamdulillah bisa membuatku semakin produktif dan berpikiran positif meski di rumah aja, bisa melawan kekhawatiran aku selama Quarantine Day ini. Berkat menjaga kebersihan tubuh dan merawat diri kita, insyaAllah segala kekhawatiran akan menghilang dengan sendirinya.

Mari kita berdoa bersama, semoga pandemi virus corona ini segera berlalu. Nah, kira-kira apa yang kalian lakukan selama Quarantine Day saat ini? Ada yang sudah melakukan hal yang sama denganku? Tulis di kolom komentar ya!

Tabik,

Disclaimer: Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes Blog Selama Karantina #DirumahAja by @emeronhaircare. Segala bentuk infografis yang ada dalam postingan ini adalah murni hasil dokumentasi pribadi dan editing sang penulis dengan beberapa material yang diambil dari website resmi (blog) emeronhaircare.com.

Comments

  1. Habis shampoan, pikirannya jadi fresh ya, kak.. Lebih sering main game sama rebahannya kalau aku mah.. hehehe.. Sukses buat template-templatenya, kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyess kak, bener banget. Mandi + shampooan bikin otak fresh, semangat kerja, makin produktif, hehe 😊😊

      Delete
  2. merek ini sudah lama ya, pastinya mutunya sdh terjamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyapss, bener banget. Dari jaman nenek aku aja udah ada. Hehe 😊

      Delete
  3. Keren banget, Cory. Dalam situasi wabah yang tidak pernah terduga seperti ini, kita memang harus pintar-pintar menyiasati waktu ya selama #DiRumahAja ya. Btw, aku salah fokus, blognya makin ketjeh euy!

    Good luck. Salam hangat, Kak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih baaang!
      Bener doong, harus banget bisa menyiasati..

      Thank you so much, anw. 😊😊

      Delete
  4. Aduh aduh aku langsung happy liat website blognya mbak. ini kali pertama mampir :)
    pas baca artikel ternyata desain web yaah, pantesan aja! hihi

    Anw, aku setuju kalau self care adalah hal penting saat masa pandemi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha, thankyouuuu!!
      Sering-sering mampir yaaaa.. 😊😊

      Delete
  5. Betah amat deh kayaknya pas dirumahaja ini haha..
    btw ini tampilan blognya soft banget, bkin betah lama disini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk, harus betaah dooong. Makanya harus cari aktifitas yg bikin kita tetep seneng dan produktif. Thank you, anw! Sering2 mampir yaaa.. 😊

      Delete
  6. setuju sekali, jangan sampe banyak diem diri dirumah trus nggak ngapa-ngapain, bosen maksimal nanti
    aku kalo kepala cenat cenut karena kerjaan kadang solusinya sama keramas, kalo sering sering minum obat sakit kepala katanya nggak baik

    ReplyDelete
  7. Wow, ingat jaman ngekos dulu deh ngebaca artikelnya, hehe.
    Emeron makin banyak ya variannya, bahkan ada yg untuk berhijab juga ya. TOP deh Emeron ini.

    ReplyDelete
  8. Waw keren, mbak desain webnya.

    Kemarin sempat merasa down gara-gara template blogspot bermasalah.

    Bener ih ini, di musim wabah bakal bnyk orderan desain web.

    Semoga makin bersinar, mbak.

    ReplyDelete
  9. Cakep banget ih desain kontennya, jadi pingin dibuatin, eh, belajar, hehe. Emeron semakin inovatif ya, udah ada produk komplit untuk hijaber juga

    ReplyDelete
  10. Udah mati gaya ini kelamaan di rumah. Jadi kayak patrick di spongebob, sibuk banget dengan kerjaan, kerjaannya bangun makan tidur, bangun makan tidur. :(( Semoga pandemi ini ada jalan keluarnya, nggak nyangka 2020 bisa kayak gini banget ya Allah :((

    ReplyDelete
  11. Seru banget kegiatannya, makin asik yaa meski di rumah aja, apalgi dengan Emeron yang s Hijab, kubaru tauu donk. Hahhaaa..

    ReplyDelete
  12. kalo aku selama dirumah aja saat ini lagi seneng banget belajar masaaak hehehe, nyobain beberapa resep baru yang belum pernah aku coba masak hihihi

    ReplyDelete
  13. iya betul, di rumah harus tetep jaga diri, bersih2, ga boleh males2an. malah karena wabah ini kita harus jadi makin rajin merawat tubuh termasuk rambut

    ReplyDelete
  14. Aku pakai emeron juga mbak, vitamin rambutnya, shampoo nya pernah juga tp sayangnya ga cocok

    ReplyDelete
  15. Selama pandemi dan di rumah aja gini banyak yang bisa dilakuin ya. Pokoknya tetep produktif ya, dan jangan lupa buat merawat diri, me time sambil berendem dan keramas pake emeron kayaknya bisa bikin rileks ya mba.

    ReplyDelete
  16. Di rumah aja dan menyenangkan banget bisa nonton drakor ya mbak Cory. Kalau aku masih belum sempat nih karena anak2 ngelendot mulu hehe. Btw aku juga pakai Emeron yang Sooth Smooth mbak.

    ReplyDelete
  17. Di rumah aja sebenarnya banyak banget ya yang bisa dilakukan, saya bahkan merasa nggak pernah ada kata mager, karena kerjaan nggak abis-abis hahaha.
    Btw saya juga pakai emeron, yang hijau buat mengurangi rambut rontok :D

    ReplyDelete
  18. Di rumah aja bukan berarti kita ngga bisa produktif dan happy yaa mba. Aku malah jadi banyak ngerjain ini dan itu sekarang selama WFH hehehe

    ReplyDelete
  19. Waaah seru ya meski di rumah aja tapi tetap produktif pastinya bisa mengusir rasa bosan. Aku juga lagi belajar edit video....ikutan seru hehehe...termasuk merawat tubuh dan rambut. Meski berhijab tapi harus tetap merawat rambut ya..agar rambut tetap sehat dan tidak rontok.

    ReplyDelete
  20. Main kesini malah amazed sama desain template blognya yang cakep amat. Awww
    BTW selama di rumah aja aku belom baca buku satu pun nih, payah banget :))

    ReplyDelete
  21. Terbaiikk~
    Tulisannya lengkap dan didukung sama foto dan video yang apik. Terutama pas bagian dari nonton drama Korea, hihii...aku bisa ikutan nonton Hospital Playlist kah?

    ReplyDelete
  22. Selama di rumah aja tetap ya harus menjaga kesehatabn termasuk rambut. Aku juga paling keramas, pakai conditioner gitu aja sih gak pakai creambath selama di rumah

    ReplyDelete
  23. Aku jadi senang merawat diri mba selama di rumah mba. Hahaha. Trus nonton drmaa korea juga jadi pilihan

    ReplyDelete
  24. Banyak ya kegiatan seru yang bisa dilakukan selama di rumah aja, kalau aku metimenya nonton drakor aja, pake sampo juga emeron tapi blom cobain yang varian ini

    ReplyDelete
  25. Lengkap juga ya serial perawatan dari Emeron ini. Aku biasanya pakai yang hair vitaminnya tuh. Enak bangetttt... Rambut jadi lembut dan wanginya menenangkan.

    ReplyDelete
  26. asoy di rumah makin produktif, yaa.. pesanan blog templatenya moga2 laris manis ya cor, aku mau juga deh kapan2 didesainiiin. templatemu yang ini cakep juga loh, bagian komennya bagus banget desainnya.

    ReplyDelete
  27. Drakor jadi deretan rutinitas ya mbak? Selama ini aku ga pernah ngerti pilem drakor itu mbak. Heheheheh

    ReplyDelete
  28. Aku juga lagi puter otak dan aktivitas biar ga bosen nih di rumah aja. Perawatan pake Emeron ini juga salah satu me time yg berharga di list aktivitas. Sama pake yg hijab juga nih

    ReplyDelete
  29. Ahh seneng banget lihat blog cory, sederhana tapi istimewa banget, memanfaatkan masa muda yang aktif dan produktif, jika sudah menikah dan anak produktifnya akan berbeda lagi.. seneng deh lihat anak muda yang kreatif gini... loveeeee

    ReplyDelete

Post a Comment

I'd love to have a conversation with you about my post. Please share your thoughts & I'll reply as soon as I can!

Regards,
Cory Pramesti