Hello There !

I'm Cory. an Author and Blogger from Indonesia.
Makhluk spesies blogisius fiksidisaurus. Doyan makan bakso juga keliling kota. 🌿feed antigo: @lifeascory | Hidup di dua benua (lifeascory.com dan corywanderlust.com). For business inquiries, ✉️ coryandherjourney@gmail.com!
Cory Dori

What Read Next

Digital Marketing Life Hacks; Rahasia dibalik Suksesnya Seorang Bloger di Era Revolusi Industri 4.0


“Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah” ― Pramoedya Ananta Toer

Dulu, menjadi seorang penulis adalah sebuah kebanggaan luar biasa atau bahkan menjadi sebuah profesi yang amat dijunjung tinggi derajatnya. Karena, untuk mencapai titik dimana bisa menerbitkan satu buku saja, itu bisa menghabiskan banyak waktu dalam membaca dan pembuktian realita. Dan dulu, menurutku itu hanya bisa dilakukan oleh seseorang yang berpendidikan dan punya tingkat profesionalisme yang tinggi saja (karena mereka lebih banyak membaca buku, belajar tata bahasa dan didukung pengalaman observasi pas kuliah).

Namun, seiring berkembangnya zaman, menjadi seorang penulis luar biasa justru popularitasnya semakin terkikis. Banyak yang pandai melakukan observasi, banyak yang suka membaca di internet, bahkan segala informasi yang dulunya dianggap punah, kini serasa membelah diri tak terdiagnosa. Semua tergantikan oleh teknologi modern, dan para penulis di dunia nyata pun akhirnya berlomba-lomba ingin menjadi Bloger di dunia maya. Dan semakin tingginya tingkat kecanggihan sebuah teknologi, Bloger pun agaknya sudah mulai dijajah oleh profesi baru yang visualisasinya lebih menarik perhatian mata.

Banyak yang nanya, bagaimana ceritanya jadi Bloger saja bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah? Kadang pengen ku jawab, platform Blogger kan sama halnya seperti youtube singkatnya. Kalau kita bisa membagikan karya yang positif ke masyarakat, orang-orang mulai mengenal dan merespon baik karya kita, otomatis akan ada rejekinya sendiri buat dapetin pundi-pundi rupiah. Dapat job content placement, product review, atau ikutan lomba blog misalnya. Selayang pandang, profesi ngeblog agaknya tidak memberikan benefit atau gaji yang menjanjikan. Tapi, jika kita tetap berusaha melakukan yang terbaik, InsyaAllah ada saja rejeki yang didapat. Bedanya, kalau ngeblog hasil yang didapat nggak melulu soal uang.


Lalu, bagaimana agar seorang Bloger pemula bisa sukses layaknya Bloger Indonesia yang udah kaya melalui segudang prestasinya? Seperti yang kita tahu, Raditya Dika, Bena Kribo, dan sejumlah influencer sejenis, memulai karir cemerlangnya dari hobi dan profesi ngeblog juga. Kira-kira bisa nggak sih, kita yang masih baru di dunia perbloggeran ini mengikuti jejak mereka di era revolusi industri 4.0 seperti sekarang? Yang mana sudah banyak sekali dong ya profesi anyaran yang menginfluence masyarakat untuk diakui keberadaannya.

So, biar kita bisa sukses seperti para pendahulu macam Bang Raditya Dika, Bena Kribo, endegeng, ternyata ada satu kunci yang dinamakan DIGITAL MARKETING LIFE HACKS bagi seorang Bloger.
Digital Marketing sendiri merupakan aktifitas mempromosikan suatu perusahaan atau produk melalui media elektronik (digital) dengan bantuan Internet. Jadi, segala-galanya bisa dilakukan dimana saja (secara online) dan hasilnya lebih memuaskan dibanding promosi secara konvensional.
Keunggulan memakai sistem Digital Marketing sendiri adalah:
  1. Hasilnya dapat diukur secara real time dan tepat.
  2. Menjangkau para pengguna mobile (smartphone) di seluruh dunia.
  3. Dapat mengetahui berapa lama produk yang kita promosikan ditonton oleh warganet (Post Insight)
  4. Lebih efisien dan sangat membantu menghasilkan Cost Per Lead (CPL) yang lebih baik dibanding pemasaran tradisional atau bahkan telemarketing.
  5. Hemat biaya dan siap mengikuti Era Internet of Things
Baik, karena aku juga nggak mau sukses sendirian, akan ku bagi rahasia dibalik suksesnya seorang Bloger ketika dihadapkan dengan Revolusi industri 4.0 (Era Digital). Beginilah Digital Marketing Life Hacksnya. Cekidot!

Pertama, Tentukan Niche Blog Sesuai Hobi & Kemampuan Kita

Menentukan niche blog sama halnya mewakili isi konten yang akan kita bahas selama ngeblog. Kita mau berbagi informasi ke mereka tentang apa? Pendidikan? Perjalanan? Resep makanan? Kecantikan? Atau yang lainnya? tentukan nichenya dari awal. Agar mereka tidak bingung ketika ingin mencari referensi di blog kalian tentang apa yang ingin mereka ketahui.


Ada beberapa niche blog yang perlu kalian ketahui yaitu travel blog (tentang wisata atau perjalanan), beauty blog (tentang kecantikan), fashion blog (tentang gaya berpakaian), techno blog (tentang teknologi terkini, gadget atau sejenisnya), food blog (tentang kuliner, resep masakan, dan sejenisnya), parenting blog (tentang pendidikan anak), education blog (pendidikan apa saja) atau bahkan lifestyle blog (alias membahas apa saja di blog; seputar kehidupan secara umum).

Semua harus disesuaikan dengan modal yang kita punya. Kita harus bisa melihat apa skill dominan yang ada di dalam diri kita, sehingga kita bisa menyesuaikan ide yang kita punya dengan niche blog yang akan kita perjuangkan kedepannya. Sesuaikan dengan hobi juga, agar bisa melakukannya dengan maksimal. InsyaAllah, masyarakat (yang akan menjadi konsumen) maupun perusahaan (yang mungkin ingin bekerja sama) bisa melihat rasa tanggung jawab dan "konsisten" dalam diri blog kita. Cmiw.

Jangan sampai, kamu yang hobinya kulineran dan hampir semua postingan diisi dengan tempat kuliner, tapi suatu hari, tiba-tiba bahas laptop (karena dapat content placement) yang kamu sendiri nggak tahu harus dibawa kemana pembahasan topiknya agar sesuai dengan niche blog. Kan jadi berabe feed post nya. Bisa juga pembaca kamu bakalan hilang karena merasa kecewa. *mohon maaf, netijen mah emang gitu, datang dan pergi seenak udelnya.

Oke, kalau memang kita bisa menghandle semua topik di blog yang akan kita kelola, ya mending dibikin lifestyle blog saja nichenya. Karena bisa jadi ini memudahkan kita dalam menyesuaikan pembahasan yang sebebas-bebasnya. Pendeknya gini: kalau kita mampu, kita bakal lebih mudah menjalankannya bukan? Jadi, cari niche yang sesuai dengan kemampuan kita. Sehingga bisa menarik perhatian masyarakat lebih banyak lagi.

Kedua, Membranding Profesi 'Bloger' dengan Sebuah Blog yang Keren

Untuk menjadi seorang Bloger yang profesional, kita harus Memiliki Website/ Personal Blog dengan niche blog yang menarik dan mengandungi Top Level Domain (TLD) dengan nama domain yang unik dan nyambung dengan konten yang akan kita bahas. Untuk platform, bisa kalian pilih sendiri. Mau pakai Blogger atau Wordpress juga boleh.


Misal namamu Citra Anindita yang hobinya traveling. Bisa saja kamu mengambil top level domain yang beralamatkan citrabackpacker.com, jangan pakai citrasyantikselalu.com. Dan tolong, jangan pakai subdomain gratisan bawaan dari platform Blogger, Wordpress, Tumblr, atau sejenisnya. Selain namanya kepanjangan, itu juga bisa mengurangi nilai profesionalitas (nggak sesuai dengan niche blog, juga belum punya rumah sendiri).

Seperti contoh, aku membeli top level domain yang beralamatkan opinicory.online untuk niche education blog. Aku sengaja tidak memakai embel-embel .blogspot.com atau .wordpress.com biar orang lain bisa mengenal dan menghafal rumah mayaku dengan baik. Kenapa namanya opinicory? Karena di sana aku ingin membahas isu-isu masyarakat yang akan aku tulis berdasarkan sudut pandangku sendiri. Lalu kenapa pilih .online, bukan .com atau top level domain lainnya? Ya, biar unik dan sesuai saja dengan karakter topik pembahasan (opini yang aku tulis secara online, begitulah maksudnya).

Beli TLD dan Web Hosting Terbaik

Lalu, di mana tempat kita membeli Web Hosting Murah dengan kualitas terbaik untuk blog kita kak? Adakah yang gratisan? Maklum kak, aku baru saja ingin memulai membranding profesi ini dengan kondisi yang serba terbatas. Ada sih ada, tapi kalian bilang ingin membranding profesi ngeblog kalian, masaiya minta gratisan terus. Apa salahnya mengeluarkan modal semampunya untuk menjaga profesionalitas pekerjaan menulis kalian. Toh beli domainnya saja aku rasa tidak terlalu memberatkan kok, karena di www.domainesia.com/domain kalian bisa beli domain dengan harga yang super murah. Kemarin saja aku beli opinicory.online cuma 14,000 Rupiah. Murah banget kan? 


Harga Domain promo di Domainesia

Harga Hosting Murah Domainesia

Domainesia merupakan perusahaan rintisan dengan layanan registrasi nama domain, web hosting, dan layanan web yang berfokus terhadap kualitas layanan tanpa mengesampingkan efisiensi biaya yang berdiri pada tahun 2009. Domainesia telah melayani lebih dari 50.000 customer dari seluruh penjuru Indonesia dan mancanegara.


Karena di Domainesia sering banyak promo harga murah, jadi nggak ada alasan lagi merasa keberatan membeli web hosting atau domain di sana. Tinggal ketik nama domain yang diinginkan, kalian tinggal pilih Top Level Domain mana yang sekiranya cocok untuk niche blog kalian. Nah, kalian pasti bertanya-tanya dong, kenapa aku merekomendasikan beli Web Hosting atau Top Level Domain (TLD) di Domainesia? Keuntungan yang bisa kita dapat jika membeli produk di Domainesia kira-kira apa saja? Yuk, langsung aja disedot! Ehe.


Pertama, kita bisa memilih lokasi server sendiri. Diantaranya ada empat lokasi server yang bisa kita pilih di Domainesia antara lain US (Dallas), JP (Tokyo), SG (Singapura), dan ID (Jakarta). Kita bisa memililih layanan ini dengan menyesuaikan kira-kira siapa saja dan dari mana saja pengunjung blog kita.

Kedua, Menggunakan SSD Super Cepat. Semua Hosting dan Virtual Private Server di Domainesia didukung teknologi terkini dan menggunakan 100% Enterprise Solid State Drive (SSD) sebagai media penyimpanan. Teknologi SSD inilah merupakan kelebihan Domainesia yang akan membuat performa website kita menjadi secepat kilat. Selain itu, semua hosting di sana juga memiliki bandwidth yang unlimited. Jadi bisa meningkatkan performa dan efisiensi website/blog kita.

Ketiga, Teknologi Cloud Backup dan Data Restore. Kita bisa mendapatkan cloud backup untuk semua jenis Hosting. Jika sewaktu-waktu data kita hilang ketika salah melakukan konfigurasi atau apapun. Domainesia menjamin keberadaan data website kita. Jadi, setelah kita melakukan backup, kita juga bisa restore dengan mudah.



Keempat, Garansi 99,9% Uptime. Di sini kita dapat garansi server 99,9% server uptime.Jadi, server yang kita dapatkan InsyaAllah akan bebas dari down. Mantap banget kan ya, apalagi jika karya kita sudah diakui oleh masyarakat, otomatis akan ada banyak pengunjung di blog kita. Dan permasalahan server bakal ngedown bisa teratasi dengan baik di sini.

Kelima, Kita dapat Fitur Instans Deploy. Dimana kita bisa membuat bermacam-macam website berbasis CMS hanya dengan sekali klik. Banyak CMS yang bisa kita pilih seperti WordPress, OpenCart dan Prestashop (for online shop), Joomla dan Drupal, juga Moodle. So, buat kalian yang masih pemula, nggak ada salahnya coba fitur ini jika kalian membeli Hosting di Domainesia.

Keenam, Passionate Support 24 jam dan Full Panduan. Di Domainesia kita bisa mengajukan pertanyaan seputar Web Hosting dan Domain murah atau layanan lainnya selama 7/24 non stop. Kita bisa menghubungi Tim Support dengan melakukan kirim tiket, live chat di website, kirim email, telepon maupun melalui social media. Selain itu, di sana juga ada beragam panduan yang bisa kita ikuti. Panduan ini dirancang khusus untuk customer Domainesia dengan bahasa yang mudah dipahami dan dijelaskan step by step secara detail. Jadi makin mudah kan bikin personal blognya.


Terakhir, Proses pemesanan di sana benar-benar nggak ribet dan bayarnya lebih dipermudah (banyak pilihan untuk metode pembayaran, termasuk bisa via GoPay). Buat yang mau bayar pakai GoPay juga, caranya gampang banget. Kita tinggal buka aplikasi GoJek, pilih menu Pay, scan QR Code yang tertera di invoice Domainesia, terus kita klik Pay Now. Kalau saldo di dalam GoPay mencukupi, maka akan muncul pop-up yang menyatakan bahwa pembayaran telah berhasil dilakukan. Nggak usah ragu, pelayanan Domainesia memang benar-benar secepat kilat. Saat itu juga, kita akan mendapatkan email dan sms tentang pembayaran sukses.

Setelah selesai memiliki Blog. Kini saatnya mempercantik tampilan Blog dengan memberi tema yang Responsive, Clean, dan sesuai dengan niche blog. Bayangkan saja ya, jika kita mengakses suatu blog melalui smartphone namun blognya punya loading yang lambat karena desainnya nggak responsive, otomatis kita ingin segera exit bukan? Makanya, jangan sampai orang lain mengalami hal yang sama. Sebisa mungkin mereka merasa nyaman ketika mengakses blog kita, sehingga mereka terus berlangganan untuk berkunjung setiap harinya.

Ketiga, Optimasi SEO Pada Blog Kita

Agar kita sukses mempromosikan suatu karya di blog kita, optimasi blog yang disebut SEO (Search Engine Optimization). Tujuan apa sih kak? Biar postingan kita selalu muncul di halaman pertama pencarian dengan kata kunci tertentu. Misal, kita mengetikkan 'Tips Traveling ke Korea Selatan Low Budget' di mesin pencarian Google, jika blog kita sudah SEO, bisa jadi akan muncul di halaman pertama pencarian. Dan otomatis, akan ada banyak pengunjung kan ke blog kita. Karena rata-rata, orang bakal mengklik artikel pertama saat pencarian.


Untuk mengoptimasi SEO pada blog kita diantaranya bisa menggunakan Permalink yang SEO-Friendly, menggunakan Tag H1 & H2 Dinamis (Theme), menggunakan Desain Responsive (Theme), percepat loading website, menggunakan Schema MarkupContoh Breadcrumbs Markup, fokuskan Kekuatan LinkJuice Untuk Halaman-Halaman Penting, menggunakan XML Sitemap Untuk Search Engine, menggunakan XML Image Sitemap Untuk Search Engine, menggunakan Sitemap Untuk User (Visitor), menghindari Duplicate Title Tags, menghindari Duplicate Title Descriptions, menghindari Short descriptions (Search console), dan menggunakan Nofollow Attribut untuk Low Quality Links.

Keempat, Memanfaatkan Social Media Marketing (Pay Per Click)


Siapa sih hari gini yang belum kenal media sosial? Instagram, facebook, twitter, whatsapp, line, telegram, youtube, dan sejenisnya. Langkah selanjutnya setelah memaksimalkan branding profesi melalui blog, kita juga harus membranding profesi Bloger melalui akun media sosial yang kita punya. Kenapa harus media sosial? Karena media sosial tempat yang paling pas buat mempromosikan suatu produk. Ibarat taman penuh dengan bunga, tinggal semprotkan saja minyak wanginya. Kalau mereka suka kan tinggal diklik sama jari-jarinya. Semudah itu memang.

Strategi ini bisa saja disebut PPC alias Pay Per Click, yang merupakan metode untuk mengarahkan traffic ke web kita dengan cara membayar setiap klik. Kalian pernah lihat kan, ada orang yang mempromosikan postingan di instagarm, facebook, bahkan di Google? Itu dia, kalau di Google sendiri disebut Google AdWords, yang mana dengan marketing seperti ini, kita bisa mendapatkan slot teratas untuk blog kita pada pencarian Google dengan harga “per klik”.

Nah, dengan upaya yang seperti inilah, karya kita bisa lebih dikenal orang banyak dan profesi sebagai seorang Bloger bisa diakui di mata masyarakat. Karena untuk menjadi penulis jaman now, tidak harus repot seperti dulu. Promosi dari kota ke kota, dari brosur ke brosur. Semangaat!

Kelima, Menggaet Video Marketing untuk Blog

Kalau saya sendiri, kadang mengintegrasikan blog dan youtube menjadi satu paket. Sekiranya kalau ada yang perlu ditambahkan melalui konten visual berupa video, akan ku tambahkan dengan menguploadnya ke youtube. Ini membantu banget buat ningkatin traffic blog. Karena di Era Digital seperti sekarang ini kalau mau promosi tanpa adanya media visual, rasanya kurang menarik.

Contoh Video Marketing (Video Edukasi)

Tapi ingat ya, video yang dibuat harus mengandung informasi yang sesuai dengan isi konten. Editing video juga sangat diperlukan agar para pembaca blog tidak merasa bosan. Menurut riset yang dilakukan oleh badan penelitian HubSpot Research, 54% konsumen ingin melihat video dari brand yang mereka dukung dibandingkan dengan bentuk konten email newsletter (46%) atau gambar (41%).

Hubspot juga menyatakan penemuannya bahwa konten video adalah yang paling berkesan bagi pasar (43%) dibandingkan dengan teks (18%) dan gambar (36%). Nah, kalau blog kita bisa dipasarkan melalui video juga, kenapa tidak? Metode ini bisa juga disebut dengan Video Marketing. Video marketing bisa berupa video demo terkait brand yang kita promosikan, video event,  video petunjuk atau edukasi, video branding atau video testimonial.

Keenam, Menaikkan Prestasi; Rajin Mengikuti Kompetisi 

Hal yang paling menantang bagiku adalah mengikuti kompetisi menulis di Blog. Bukan hanya soal kalah menang saja, tapi tentang komitmen yang harus dijalani. Yaitu selalu mencoba dan terus mencoba, nggak gampang putus asa, sampai akhirnya menemukan celah di mana kita harus melewati pintu utama.


Kalau sudah melewati pintu utama, biasanya akan ada semangat tersendiri untuk terus selangkah lebih maju, agar bisa melewati pintu-pintu yang lainnya. Berat di awal memang benar adanya. Tapi ketahuilah kawan, ketika kamu menemukan cara yang tepat untuk membidik sebuah kemenangan. Tanpa disadari akan ada pintu marketing tersendiri di dunia maya. 

Ketika kamu menang lomba blog sekali, orang akan penasaran. Menang dua kali, tiga kali, bahkan berkali-kali, orang-orang akan semakin penasaran dan bisa jadi traffic pengunjung blog kamu juga ikut bertambah meningkat. Nah, jika tingkat kekepoan mereka lebih tinggi dibanding usaha kalian dalam mempromosikan sebuah postingan, ketahuilah bahwa nilai dari ngeblog kamu sebenarnya sudah naik satu tingkat. Sebahagia itu bukan? Pastinya.

Tanpa disadari lagi, itu semua bagian dari sistem digital marketing yang tersembunyi. Tanpa harus kita tulis dan kita idam-idamkan, semua lahir dengan mudahnya. Kuncinya, yakin saja. Jika segala sesuatu dilakukan dengan sungguh-sungguh, InsyaAllah hasil juga tidak pernah mengecewakan. Seberat apapun, se-impossible apapun sebuah perjuangan, akan ada saatnya meraih kemenangan. Ya, tiba-tiba saja satu dari bagian tubuh si digital marketing turut meringankan tangannya.

Nah, itu tadi keenam rahasia dibalik Suksesnya Seorang Bloger di Era Revolusi Industri 4.0. Kiranya bisa kita aplikasikan untuk menunjang profesi terbaik sebagai seorang Bloger. Semoga di era Digital seperti sekarang, karya-karya para penulis semakin dihargai dan kembali ke fitrahnya, yaitu membantu mencerdaskan anak bangsa melalui tulisan-tulisan terbaik yang diposting di platform Blogger atau personal blog lainnya.


Oiya, jangan lupa buat kalian yang blognya masih belum memakai TLD, atau ada yang masih ragu dengan profesi seorang Bloger (padahal kamu doyan sekali menulis). Buruan beli Domain dan Web Hosting Murah segera. Mumpung di Domainesia lagi banyak diskon dan promo gila-gilaan murahnya, langsung aja borong dari sekarang dan mari menjadi Bloger yang sukses sampai dikenang Sejarah seperti apa yang dituliskan Pramoedya Ananta Toer.

Yuk, #LangsungBikinAja Blognya, mari #JalanBarengDomainesia untuk mewujudkan kesuksesan bersama. Tabik,
Disclaimer: Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes Blog "Digital Marketing Life Hacks", dalam rangka ulang tahun Domainesia ke-10. Segala bentuk infografis yang ada dalam postingan ini adalah murni hasil editing sang penulis dengan beberapa material yang diambil dari freepik.com juga bersumber dari website resmi (blog) domainesia.com.

Comments

  1. Domainesia uhuuuyy banget yhaa. Ngertiin kebutuhan bloger jaman now
    Dan ya ampuunn, postingan ini kerennya kebangetan daahh. Juaraaakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak promo-promonya nggak nahan banget. Jadi pengen ternak blog yang banyak. Hehe..
      Terimakasih sudah mampir :")

      Delete
  2. Ah, kereen. Aku suka gaya blogger satu ini. Tulisannya mantul dan super kreatifff. Semoga sukses ya,Nduk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aww, makasih kak malica yang juga kereen. udah nerbitin banyak buku :3
      Aamiin ya Allah. Thanks udah mampir kak.<3<3

      Delete
  3. niat banget ya kak sampe nyari wifi ke warung, aku juga kadang kalau bosen ngerjain konten di rumah ya ke tempat ngopi sih biar beda aja suasananya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iya budaya ngopi dari Ciputat kebawa ke sini. Berasa kek lagi jadi aktivis yang doyan begadang =D
      Ngopi memang kebahagiaan tiada taraaaa..

      Delete
  4. Wahh keren mba tulisannya, aku jd semangat buat ngeblog memaksimalkan digital marketing. Secara aku abs vakum ngeblog setahunan gtu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mbak. Ayo, semangat ngeblog lagi mbak :")

      Delete
  5. Cory makin keren ajah nih..... Perlu berguru banyak biar bisa sebagus ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, makasih banyak mbak mun udah berkunjung :)
      Hayuk belajar bareng..

      Delete
  6. Ini toh rahasianya kakak cory,, pantes sering menang lomba..

    Apalagi soal desain, kak cory jagonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, Alhamdulillah mbak dee. Monggo diaplikasikan juga di blognya njenengan :)

      Delete
  7. Aku jadi tau nih tips2nya.. Maaciw kak Cory infonya bermanfaat banget.. Apalagi soal beli domain yang harganya sangat terjangkau.. Huaaaa..

    ReplyDelete
  8. Memang sekarang orang lebih suka sama konten yang lebih visual seperti video tapi ada suatu yang tak bisa tersampaikan lewat video bisa tersampaikan lewat tulisan.
    Kalo bisa digabungan baru sempurna deh kaya tulisan kamyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak bener banget. makanya bloger jaman now harus jeli dan cekatan. Biar bisa bersaing di pasar modern er digital. Thanks udah mampir anw. :")

      Delete
  9. wah step yang penerapan SEO dan ikut lomba masih kureng nih aku lakuin. mau ikut lomba kadang baru inget pas udah expired tanggal kompetisinya haha.
    wah murah ya untuk domainnya, aku aja sekarang pake domain seharga 150rb heuheu

    ReplyDelete
  10. lihat blog-mu bikin mata seger cor
    apalagi tata tulisanmu
    makin keren deh

    eh sori OOT hehehe
    kapan ke surabaya? kangen nih

    ReplyDelete

Post a Comment

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment above, then click post/ publish.
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Dan please, jangan berikan nama Anonymous di sini, karena jika kita tak saling mengenal maka bisa jadi tak sayang kan. *sok banget :p

Yuk sharing bareng di sini :)
Siapa tau nanti ku kunjungin balik blog kamu. Love you guys.

Contact Form

Name

Email *

Message *