Hello There !

I'm Cory. an Author and Blogger from Indonesia.
Makhluk spesies blogisius fiksidisaurus. Doyan makan bakso juga keliling kota. 🌿feed antigo: @lifeascory | Hidup di dua benua (lifeascory.com dan corywanderlust.com). For business inquiries, ✉️ coryandherjourney@gmail.com!
Cory Dori

What Read Next

Jika Memori Smartphone Kalian Penuh, Cadangkan Saja ke USB OTG Sandisk!


Siapa di antara kalian yang suka bikin video di smartphone, atau suka ambil gambar, edit foto dan video, menyimpan banyak game, juga banyak aplikasi media sosial di smartphone seperti saya? Sedangkan ROM dan RAM dari smartphone yang kita punya juga punya batas penyimpanan. 16 GB, 32 GB, 48 GB, 125 GB, ataukah 256 GB? Sebanyak apapun kapasitas atau ruang yang diberikan smartphone kita, tidak mungkin bisa menyimpan seluruh koleksi foto dan video kita terus menerus. Apalagi buat yang doyan mengabadikan momen apa saja pakai smartphone, pastinya akan ada peringatan "storage almost full" alias memori penuh pada waktunya. Akibatnya, beberapa fitur atau aplikasi yang ada didalamnya tidak bisa diakses dengan cepat bahkan tidak bisa sama sekali. Oh big no! Bisa saja hal ini akan membuat kita kesal dan mood tidak baik.

Pernah suatu hari saya dapat orderan bikin short movie untuk acara organisasi ekstra kampus. Tapi karena saya masih belum punya kamera dslr atau mirrorless, akhirnya saya pakai smartphone untuk take. Karena kamera di smartphone saya mendukung kualitas video 4k UHD, alhasil memori yang terpakai jadi full. Perlu kalian tahu, kalau smartphone yang saya pakai tuh kapasitas RAMnya 3GB dan ROMnya 32GB. Kebayang dong betapa lemotnya kalau lagi diakses dalam keadaan memori penuh. Nah, karena niatnya mau mindahin foto ke laptop (sekalian edit di laptop) biar free storagenya banyak lagi dan nggak lemot, akhirnya saya pindahinlah foto dan video yang ukurannya super gede-gede itu pakai share-it. Karena proses pemindahannya memakan waktu yang lumayan lama, akhirnya saya tinggal deh mandi, sholat dan melakukan aktifitas yang lain dulu. 


Setelah yakin selesai proses pemindahannya, akhirnya saya hapuslah semua foto dan video yang ada di smartphone, tanpa berpikir panjang akhirnya saya langsung eksekusi menuju laptop untuk diedit. Tahukah kalian apa yang terjadi? Semua video yang saya kira sudah terkirim ternyata nggak ada filenya sama sekali. Saya cek lagi, barang kali ada di folder yang berbeda, dan ternyata hasilnya nihil. Untung foto-fotonya sudah terkirim. Cek filenya di smartphone sudah bersih semua termasuk di folder trash semua hangus tak berbekas. Kesal, marah, merutuki diri sendiri karena keteledoran luar biasa. Bayangkan saja, untuk satu scene saja sudah menghabiskan waktu dan tenaga berkali-kali take. Usaha maksimal sudah dilakukan oleh para aktor dan saya yang merangkap sebagai director sekaligus kameramen. Tapi, kita harus kehilangan semuanya dalam sekali keteledoran. Benar-benar nangis karena deadline untuk pembuatan dan revisi sudah tinggal beberapa hari lagi sebelum launching. Makanya, perihal backup data itu sangatlah penting. Kita nggak boleh asal-asalan.

Betul juga kiranya apa yang disampaikan Western Digital Corp tentang riset "Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey"  yang melibatkan 1.120 responden dari 6 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Makassar bahwa 67% orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone mereka yang berujung pada perasaaan kesal. Dan lucunya, lebih dari 80% responden survey telah menyadari pentingnya melakukan back-up data. Namun, hanya SEPERTIGA dari mereka yang melakukan back-up secara teratur selama sebulan sekali.


Seperti kejadian yang pernah saya alami juga selain kehilangan data karena teledor saat mindahin waktu itu, saya juga pernah kehilangan data penting di smartphone diakibatkan rusak atau corrupt karena virus. Padahal saya tidak memiliki duplikatnya. Asli nyesek banget, cuma gara-gara download MOD APK (alias aplikasi oprekan yang bukan dari situs resminya), alhasil saya harus mengorbankan smartphone yang saya pakai untuk di reset pabrik dan kehilangan data yang begitu banyak. Oh my god, mau marah juga sia-sia saja kan, lha wong kejadiannya sudah terlanjur menjadi takdir. Benar-benar menyesal sekali rasanya kalau harus kehilangan data sebanyak itu, apalagi ada file pentingnya juga. Makanya, nge-backup data secara rutin itu sangatlah perlu. Jadi kalau file tiba-tiba hilang atau tidak sengaja terhapus bisa dipulihkan (dikembalikan) lagi.

Saya yakin, sampai detik ini pun pasti banyak di antara kalian yang selalu menggunakan smartphone sebagai penunjang aktivitas dan pekerjaan seperti yang saya lakukan juga sekarang. Menurut data hasil survey DEKA yang didukung oleh western digital pun menyatakan bahwa 97% orang Indonesia di tahun 2019 ini banyak yang menggunakan smartphone dalam melakukan beberapa aktifitas dikesahariannya seperti gaming, navigasi, video streaming, dan belanja online. Ngaku dong ya, sama kok saya juga dikit-dikit pakai smartphone. Apalagi kalau bikin konten buat youtube, dari mulai take sampai editing saya selalu mengandalkan fitur dan aplikasi di smartphone.


Nah nyambung nih sama hasil survey yang direkam oleh western digital juga, bahwa 90% orang Indonesia yang memiliki smartphone ini lebih sering mengalihfungsikan tugas utama smartphone dari calling and chatting di smartphone jadi jepret-jepret syantik biar kayak selebgram atau record video, syuting ala-ala biar jadi youtuber. Alhasil, memori smartphone yang kebanyakan cuma mengandungi storage 16 GB atau 32 GB macam saya jadi 98% full sama foto dan 79% full video. Haduduh, piye gak lemot mbak mbak. Lha wong hape kok dipenuh-penuhin terus sama foto dan video, kasihan dong aplikasi yang lain merasa tidak difungsikan. Baiklah, akan saya hapus-hapusin saja filenya. Tapi kan mestinya kudu dibackup dulu, biar lebih aman.
“Dengan ledakan konten, orang membutuhkan solusi penyimpanan yang lebih canggih untuk mengimbangi volume dan kualitas foto, video, file yang mereka hasilkan dengan perangkat mobile mereka,” ujar Idris Effendi, Country Manager Indonesia, SanDisk Corporation

Cadangkan saja ke USB OTG Sandisk!

Pasti pertanyaan kalian seperti ini: kalau pekerjaan saya suka turun lapangan, kemana-mana cuma bawa smartphone dan nggak mau ribet sama laptop buat mindahin data, gimana dong? Masaiya harus dihapus-hapusin filenya, #DibuangSayang dong ya. Apalagi saya kan fotografer, ya meskipun masih amatiran. Pasti butuh filenya buat di simpan jadi portofolio atau dijadikan sebuah catatan perjalanan saya selama motret. Iya, saya juga. Saya kan travel blogger, kalau lagi jalan-jalan ke luar negeri kadang males bawa laptop yang lumayan berat begitu. Baiklah bapak ibu, saya paham maksud dan perihal yang anda keluhkan. Sama, saya juga seorang blogger yang suka traveling kok, yang juga suka turun lapangan kalau lagi cari referensi buat bikin konten. Apapun profesi kita, kalau sama-sama ngomongin data yang menuh-menuhin memori di smartphone pasti kita butuh sesuatu semacam USB OTG (On The Go) Sandisk kan buat bantu ngebackup data-data kita super cepat dan efisien.


Kalian pasti nggak asing lagi dong sama brand SanDisk yang super membahana di mana-mana. Apalagi yang doyan mengoleksi flashdisk buat menyimpan data dari komputer atau laptop seperti saya. Setiap habis motret pakai kamera DSLR, colok memory card yang juga merk SanDisk, pindahin data ke laptop terus kalau butuh buat dipindah ke laptop lain pakai flashdisk SanDisk juga. Jujur, sedari saya memiliki smartphone jaman blackberry, sekalinya beli memori kad pasti langsung minta yang merknya SanDisk. Selain terkenal dengan keorisinilitasnya, kalau dengar kata SanDisk pasti yang saya ingat adalah produknya super awet alias nggak gampang rusak. Sampai pernah saya koleksi flashdisk SanDisk sampai enam buah. Jadi, tiap flashdisk isinya berbeda-beda. Ada yang khusus untuk foto, video, aplikasi atau tugas-tugas kuliah. Semuanya seolah saya kategorikan gitu, biar gampang diingat dan nggak kecampur. Tak lupa aku kasih gantungan boneka biar gampang nebaknya. Nah kabar baiknya, SanDisk telah menelurkan dua jenis USB OTG Drive yaitu Sandisk Ultra Dual Drive untuk smartphone android dan iXpand Flash Drive untuk smartphone iPhone.



Kegunaan USB OTG Sandisk

Selain yang kita tahu bahwa Sandisk memiliki produk flashdisk yang kompatibel dengan laptop, USB OTG Sandisk ini memiliki kelebihan lain selain menjadi flashdisk andalan, yaitu multifungsi kompatibel baik dengan laptop maupun smartphone. Jadi, urusan pemindahan maupun backup data jadi lebih mudah dan cepat.

Kenapa pilih USB SanDisk?

Jika kalian pecinta brand SanDisk sejak awal, mungkin kalian akan merasakan hal yang sama dengan saya bahwa setiap produk yang dikeluarkan SanDisk memiliki kualitas yang super memuaskan pelanggan. Saya saja kalau mau beli produk merk SanDisk pasti nggak pernah mikir dua kali. Mau itu MicroSD, SD Card, USB OTG. Langsung sikat, bung! 😉😋💥

Nah, buat yang belum tahu atau belum kenalan sama SanDisk, sini saya bisikin. SanDisk itu merupakan perusahaan multinasional Amerika yang didirikan pada tahun 1988 oleh Eli Harari, Jack Yuan dan Sanjay Mehrotra. Perusahaan ini mengembangkan dan memproduksi flash memory dan perangkat lunak dengan produk seperti, USB flash drives, flash memory card, digital audio player, dan kartu SIM. Perusahaan ini bermarkas di Milpitas, California. Produk SanDisk dijual di lebih dari 250.000 lokasi ritel di lebih dari 100 negara dengan fasilitas pabrik di China. Tim penelitian dan pengembangan produk perusahaan tersebar di China, Perancis, Jerman, India, Irlandia, Israel, Jepang, Korea, Rusia, Skotlandia, Singapura, Spanyol, Swedia, Taiwan, dan Uni Emirat Arab dengan mempekerjakan lebih dari 4.600 karyawan di seluruh dunia. Bbeh, pantesan aja kan ya, pelanggannya buanyak banget. So, mari saya beri tahu kenapa kita harus memilih USB OTG Sandisk buat urusan backup membackup.


Selain nama brandnya sudah dikenal pelanggan seantero dunia sebagai perusahaan dengan konsumen terbanyak ketiga dari 24 perusahaan elektronik lainnya, produk-produk yang dikeluarkan sandisk pun semuanya berkualitas. Terbukti dari beberapa penghargaan yang diperolehnya diantaranya menjadi Top 100 Global Innovators in 2012" menurut Thomson Reuters, Pemilik Hak Paten Terkuat diantara 5.000 perusahaan dan oraganisasi lainnya, memenangkan 2012 Golden Peacock Global Corporate Social Responsibility Award dan Israel's 2012, 2011 serta 2010 Maala Award untuk keunggulan dalam berbagai isu tanggung jawab sosial perusahaan. 

Beberapa Keunggulan dari USB OTG Sandisk ini adalah:

  1. Kompatibel dengan perangkat Android berkemampuan On The Go (OTG)
  2. Membebaskan ruang pada smartphone. Dengan adanya dukungan OTG pada smartphone yang kita punya, maka kita bisa menjadikan perangkat ini sebagai penyimpanan back up jika seandainya memori internal smartphone kita full storage alias penuh. Dengan kata lain flash drive ini bisa kita jadikan sebagai pengganti memori internal.
  3. Memudahkan kita untuk mentransfer konten dari ponsel ke komputer. Kita cukup menghubungkan perangkat tersebut ke port Micro USB atau USB Type-C pada smartphone yang kita punya, lalu menyalin data yang ada di smartphone kita ke flash drive, dan kita bisa langsung menyalinnya ke PC atau laptop tanpa repot.
  4. Konektor Micro-Usb Ganda Dan Usb 3.0. Dengan konektor micro-USB di satu sisi dan konektor USB 3.0 di sisi yang lain, drive ini memungkinkan kita untuk dengan mudah memindahkan konten lintas perangkat—dari ponsel cerdas atau tablet android ke komputer laptop, PC, atau Mac yang kita punya. Tinggal disesuaikan saja jenisnya ya.
  5. Proses transfer file yang begitu cepat. Dengan menggunakan USB 3.0 yang ada di dalam USB OTG SanDisk ini, kecepatan transfernya bisa mencapai 150MB/second. Untuk ukuran flash drive 32 GB hingga 128 GB memiliki kecepatan baca hingga 150 MB/detik. Jika hanya berukuran 16 GB, kecepatan baca hingga 130 MB/detik. Kecepatan tulis lebih rendah dan bervariasi sesuai kapasitas drive. Dibutuhkan port USB 3.0. Berdasarkan pengetesan internal; kinerja mungkin lebih rendah bergantung pada perangkat inang. 1 MB=1.000.000 byte.
  6. Adanya aplikasi Zona Memori SanDisk®. Dimana kita bisa melihat, mengakses, dan mencadangkan semua file dari memori ponsel kita dalam satu lokasi. Mantep banget kan?
  7. Memiliki desain yg unik dan ringkas. Seperti yang bisa kita lihat sendiri bahwa desain flash drive ini terbilang unik karena ada yang transparan tanpa body pelindung. Dan yang terpenting adalah ukurannya yang mini dan ringkas, bisa dibawa dan diselipkan dimana saja. Ditaruh kantong kecil lengkap dengan smartphone pun lebih efisien.
  8. Memiliki Garansi Resmi #SandiskAPAC. Ada jaminan untuk para pelanggan wilayah Asia Pasifik termasuk Australia dan Selandia Baru, jika sewaktu-waktu ada yang tidak beres dengan flash drive yang sudah kita beli. Lumayan kan dapat garansi resmi selama 5 tahun. Asal belinya di official storenya ya.

Sedikit tentang Sandisk Memory Zone 3.0

SanDisk Memory Zone merupakan aplikasi tambahan yang bisa membantu kalian saat membackup data dari smartphone ke USB OTG Sandisk. Di dalam aplikasi inilah kita bisa melihat, mengakses, dan mencadangkan semua file dari memori ponsel kita dalam satu lokasi. Lebih detailnya kita bisa:
  • Mendapatkan kemudahan dalam melakukan pencarian konten.
  • Backup foto, video, dan musik secara otomatis.
  • Menampilkan semua konten yang ada pada smartphone, cloud, microSD, dan flash drive dalam satu layar.
  • Fitur kompresi atau dekompresi file.
Untuk mendapatkan aplikasi ini dalam mengontrol penuh urusan backup dari dan ke USB OTG Sandisk, kita tinggal download saja langsung di Play Store. Kalian search saja di sana "SanDisk Memory Zone 3.0" atau bisa download dari sini.

Berapa harga dan dimana belinya?

Untuk harganya sendiri sebenarnya beragam, tergantung dimana kita membeli USB OTG Sandisk ini. Apakah di official storenya ataukah di toko-toko penyedia alat kantor atau alat sekolah, seperti Gramedia dan sebenarnya. Dan juga tergantung pada besarnya ukuran flash drivenya, apakah 32 GB ataukah lebih besar. Untuk lebih lengkapnya silakan kunjungi langsung Sandisk Official Storenya di Shopee.


Nah, barangkali ada di antara kalian yang mengalami problematika yang sama dengan saya waktu lalu, bahwa kalian sedang kehilangan data karena terhapus atau terkena virus, ataukah kalian sedang membutuhkan tempat yang pas untuk membackup data-data yang sudah memenuhi memori internal smartphone kalian, langsung saja pakai USB OTG Sandisk. Jangan lupa beli yang original ya. Biar kegunaan dan kualitasnya sama dengan apa yang sudah saya jelaskan di postingan ini. Mumpung lagi ada promo gede-gedean tuh di Sandisk Official Storenya di Shopee. Lumayan banget diskonnya, suweer!

Memori smartphone kalian masih penuh? Udah nggak jaman dong! Kan ada USB OTG Sandisk Super Cepat. Colok-colok di mana saja dan kapan saja, salin-salin, langsung beres deh.
Tabik,

Disclaimer: Tulisan ini diikutsertakan dalam "Sandisk Blogging Competition" 2019. Seluruh tulisan, foto, beserta infografis yang ada dalam postingan ini adalah murni dokumentasi juga hasil desain grafis oleh sang penulis sendiri. Untuk beberapa keterangan dan foto produknya diperoleh dari website resmi Sandisk Indonesia.

Comments

  1. Cory makin canggih euyy ngeblognyaaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Pengalaman kehilangan data di smartphone ternyata hampir semua orang mengalaminya, saya sendiri ngalamin 2 kali di tahun ini. Rasanya sedih, kecewa campur kesel dg diri sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan, bener banget mbak. Makanya usb otg sandisk ini bener2 ngebantu banget deh buat ngebackup data.. aku aja pernah kesel kan gegara kehilangan data *ups =D

      Delete
  3. Penting banget ya back up data memory ponsel, salah-salah kita bisa kehilangan begitu banyak data.

    Untungnya Sandiri memberi solusi jitu untuk hal ini.

    Terimakasih informasinya mbak Cory, sangat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, kak. Sandisk daridulu emang nggak pernah ngecewain. Sami2 :")

      Delete
  4. Penting banget ternyata ya kak back up data tuh. Aku pernah ngalamin udah capek2 ngerekam ternyata ndak tersimpan gara2 memori sudah penuh.. hiksss menyebalkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiyaps, sangat penting. Selain bisa menyimpan kenangan masa lalu, kenangan masa depan juga lebih-lebih. Ups >,< =D
      Thanks udah mampir anw :3

      Delete

  5. Wah kudu punya nih. Secara blogger itu pasti harus motret dan berulang-ulang sampai hasilnya bagus. Gak kerasa udah gak muat aja gara-gara memorinya cuma sedikit. Dan itu sering banget saya alami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, bener banget. Jadi wajib punya yess biar edit2 buat posting di sosmed juga gampang..

      Delete
  6. Kak Cory ini infografisnya selalu yahutt,, mantap
    Iya nih OTG SanDisk memang bisa jadi pilihan buat yg suka foto2 sama video..
    klo memori abis tinggal pindahin aja, apalagi ada aplikasi memory zone yang bantu banget..
    Mantap kak Cory.. Nice artikel

    ReplyDelete
  7. Paling mudah emang backup data smartphone dengan gunain aplikasi SanDisk Memory Zone saat setelah USB OTG SanDisk di tancapkan ke OTG Smartphone hehee

    ReplyDelete

Post a Comment

I'd love to have a conversation with you about my post. Please share your thoughts & I'll reply as soon as I can!

Regards,
Cory Pramesti

Contact Form

Name

Email *

Message *