Hello, there !

I'm Cory, an Author and a lifestyle blogger from Indonesia. I love so much graphic design, travel and photography. Thanks for stopping by my blog and hope y'll enjoy!

for business inquiries,

cory xorie

What Read Next

True Money; Cara Mudah Kirim Uang dari dan ke Luar Negeri Tanpa ke Bank


"Akak, tolonglah bagi emak duit nih. Dah takde duit lagi dekat akaun bank emak tu. Kad emak pon dah teruk sangat-sangat dah. Entah, kapan emak nak ganti balik. Adik dah nak masuk sekolah next semester jugak. Next week pun adik kena berkelah dengan kawan sekolah. Beg adik pun dah rosak. Alah akak nih.." sembari mengutarakan rasa kecewa, begitulah kiranya pesan yang diluncurkan Aisyah, adik sedaripada Rosmiyana. Panggilan akrab "Rose" dilekatkan kepada seorang mahasiswi Magister Seni Chulalongkorn University Thailand asal Malaysia yang sudah dua tahun ini harus pindah ke Indonesia, disebabkan karena memenuhi permintaan terakhir abahnya untuk menempati kediaman nenek buyutnya di Surabaya.

Sudah hampir dua minggu Rose sibuk dengan pekerjaan program studinya di negeri Gajah Putih itu. Sampai ia lupa membagi sedikit uang beasiswa kepada emaknya. Sepeninggal abahnya yang cukup mengagetkan dua tahun lalu, rasanya Rose harus siap menggantikan posisinya sebagai tulang punggung keluarga. Ia sempat galau tujuh keliling saat harus dihadapkan kepada dua pilihan, antara tetap tinggal memulai dari awal di Indonesia ataukah meninggalkan keluarga untuk menerima beasiswa dengan jaminan uang saku dan pekerjaan part time selepas pulang kuliah di negeri tetangga. Setelah ia memutuskan untuk meninggalkan keluarga, ia harus siap akan konsekuensi yang diterima bahwa mau tidak mau ia harus mengirim uang ke Indonesia paling tidak dua minggu sekali.

Catatan Pemasukan dan Pengeluaran Rose Selama Sebulan


Sebelum kirim-kirim ke emak, mari kita hitung bersama, berapa sih pemasukan dan pengeluaran Rose selama sebulan hingga dia mampu bertahan hidup sebagai seorang mahasiswi diaspora dan juga mampu mengirimkan uang ke emaknya tiap bulan di Indonesia.

Pemasukan: Karena dia mendapat beasiswa full dari pemerintahan Thailand, maka dia mendapatkan uang beasiswa tiap bulannya untuk stipend atau living cost senilai 20,000 baht (diluar uang kuliah). Ia kerja part time sebagai seorang waitress di salah satu kafe dekat kampus dan mendapat upah 300 baht per hari. Jadi selama sebulan ia mengantongi uang 32,000 baht atau setara dengan 14,800,000 rupiah dari beasiswa dan kerja part timenya.

Pengeluaran: Karena ia hidup lumayan hemat di sana, jadi selama sebulan ia hanya mengeluarkan uang sebesar  17,000 baht atau setara dengan 7,800,000 rupiah dengan rincian: sewa apartemen lengkap dengan bayar listrik dan Wi-Fi sebesar 9,500 baht, biaya makan 4,500 baht, biaya transportasi 900 baht, biaya telekomunikasi (pulsa telpon dan paket data) 500 baht, dan biaya lain-lain sebesar 1600 baht.

Tabungan: 32,000 baht - 17,000 baht = 15,000 baht atau setara dengan RM 2,000 atau Rp. 6,800,000. Nah, dari sisa tabungan inilah ia mengirimkan uang kepada emaknya sebesar RM 1,000 atau setara dengan Rp. 3,400,000. Kalau bisa lebih ya ia kasih lebih untuk adiknya.

Kirim uang ke Luar Negeri Tanpa ke Bank

Nah, problematika yang dihadapi emak Rose saat ini adalah kad atau card ATMnya rusak. Mereka belum sempat memperbarui lagi di counter bank terdekat. So, pertanyaannya: bisa nggak sih mengirim uang tanpa ATM tanpa ke bank dan ngambilnya pun kalau bisa bukan di mesin atm atau di bank? Pastinya bisa dan mudah dong ya. Karena Rose sudah mendownload aplikasi True Money sejak ia pindah ke Indonesia. Makanya untuk urusan kirim mengirim pun jadi lebih mudah dan cepat, tanpa ribet harus ke bank dulu. Emak nak minta duit seribu ringgit? Rose penuhkan mak, jangankan seribu. Janji Rose banyak duit, Rose akan bagi berapapun kat emak. Tak payah nak risau sangat pasal transfer dekat kampung tu, ada TM kan. Klik-klik, beres deh urusan kirim uang.


Sebenarnya, apa sih aplikasi True Money ini? Hostorinya, TrueMoney adalah sebuah perusahaan uang elektronik yang hadir pada tahun 2007 di Thailand, yang merupakan unit bisnis dari Charoen Pokphand (CP) Group. Setelah laris manis di Thailand, True Money kemudian hadir di Myanmar dan Kamboja. Nah pada September 2015 kemudian, True Money hadir pula di Indonesia di bawah payung Ascend Group, melalui PT. Witami Tunai Mandiri. Jadi singkatnya, True Money ini adalah aplikasi terobosan baru dalam memberikan layanan pembayaran elektronik yang sudah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia sebagai penyedia jasa uang elektronik & jasa pengiriman uang yang memungkinkan kita bisa melakukan semua transaksi melalui aplikasi di handphone dan EDC. Lalu, apa saja sih produk dan layanan dari aplikasi True Money ini?

Produk dan Layanan True Money


Sebagaimana infografis yang bisa kalian lihat di atas bahwa produk dan layanan yang disediakan dalam satu platform True Money sendiri sangatlah beragam mulai dari pengiriman uang, pembelian pulsa, juga pembayaran untuk berbagai tagihan seperti PLN Paskabayar, Telkom Vision dan Speedy, PDAM, telpon rumah, BPJS dan cicilan kredit. Bahkan ada banyak lagi toh fitur-fitur pembelian dan pembayaran selain yang saya sebutkan barusan. Semua bisa dilakukan dalam satu klik, mudah, cepat dan beres. Subhanaallah, banget.

Untuk kirim uang sendiri pun persyaratannya tidak ribet, cukup menggunakan KTP dan nomor telepon pengirim maupun penerima, True Money membantu pelanggan untuk mengirimkan uang tanpa menggunakan Nomor Rekening Bank. Jadi, kalau kartu ATM emak tengah rusak, True Money memanglah selalu menjadi solusi.

Jadi, bersyukur banyak-banyak kan perasaan Rose semenjak memiliki aplikasi True Money ini, karena setiap dimintain pertolongan emaknya untuk membayar sebuah tagihan listrik atau ada teman yang mau beli pulsa, ia tinggal buka aplikasi, sign in dan klik-klik beres. Duh, begini nih nikmat hidup di era digital seperti sekarang. Jadi Gen Z yang siap bertempur dengan Gen Y di masa depan, rasa-rasanya ada banyak sekali kemudahan di setiap sudut kehidupan. Sungguh luar biasa loh, kirim uang dari luar negeri saja tak perlu agen pengiriman uang jaman baheula atau bank lagi kan. Perfecto ferguso! yuk sini, siapa yang mau dikirimin uang juga? *eh.


Oiya, untuk sign up atau cara detailnya menjadi member sila klik di sini ya. Di sana akan lebih detail lagi penjelasan mengenahi cara bergabung menjadi member, cara mengambil uang di gerai alfamart dan cara isi saldonya. :) Tapi buat yang masih bilang, ah kak Rose ni memanglah jahat eh, tak nak bagi tau macam mana sign up buat jadi member sekejap je. Baiklah kawan, anda memaksa saya terus eh! Pening kepale saye rase ni. Oke-oke, karena saya baik hati, bolehlah saya kasih tahu ringkasnya. Jadi begini:
  • Pertama, kalian download aplikasi Member TrueMoney Indonesia di Play Store.
  • Kedua, masuk ke halaman utama dan pilih Registrasi.
  • Ketiga, isi dan lengkapi data diri.
  • Keempat, masukkan nomor token yang didapat melalui SMS
  • Kelima, muncul notifikasi pendaftaran berhasil.
  • Terakhir, selamat anda resmi menjadi member True Money!
Mudah banget kan? Yasudah, download dulu sana. :")

Tips aman menggunakan True Money


Nah, buat kalian yang sudah mendownload aplikasinya, Rose ingin memberikan tips nih biar kalian tidak kebobolan alias pening kepale lah tengok awak merepek betul pasal "saldo tiba-tiba hangus". Haduh, mbaknya ini gimana seh. Gak becus blas kalau ngisiin saldo. Mbaknya nyolong ya. Tolong kawan, kasihanilah para pekerja minimarket yang dengan ikhlas menyambut dan memberikan pelayanan kepada kalian sepenuh hati. Jangan main tuduh sembarangan, karena bisa jadi saldo kalian hilang karena keteledoran kalian sendiri. Siapa tahu kan, pas habis ngisi saldo justru kalian sendiri yang lewer buka aplikasi di jalan dan secara kebetulan jambret lillahi ta'ala mengintip password anda. Nah supaya kalian juga aman bertransaksi lewat True Money, silakan melakukan hal-hal berikut:

Pertama, rahasiakan kode pin dan token kalian jangan sampai ada orang lain yang tahu. Kedua, jangan gunakan pin yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau nama pacar. Karena itu sudah menjadi rahasia umum. Kalau bisa pakai kode morse, halah bukan juga sih. Pokoknya yang sulit ditebak deh. Ketiga, ganti kode pin secara berkala. Kalau ada adik atau teman dekat kamu yang suka nyelonong atau ngintip diam-diam, ganti pinnya kalau perlu sejam sekali. Halah. Terakhir,  untuk bantuan bisa hubungi fitur layanan pelanggan. Siapa tahu kan, kalian tipe orang yang suka deg-degan kalau ada sesuatu yang belum kalian paham sepenuhnya. Tak usah sungkan, langsung aja telpon ya ke nomor 0804-1000-100. Asal jangan salah alamat. Ntar malah telpon ke pemadam kebakaran. Jangan dong, apa sih yang mau disiram? Please, be a smart human. Ehe.

Dari sini paham semua ya? Haduh apasih kak Rose. Tak payah lah berpusing-pusing sangat. Baiklah.

Kenapa harus pakai True Money?


Nah, kalian pasti bertanya-tanya dong. Kenapa sih Rose pakai aplikasi True Money? Selain mudah dan cepat untuk urusan keuangan terlebih kirim-kirim dari dan ke luar negeri, True Money bisa dikategorikan sebagai perusahaan yang aman dalam fitur dan pelayanan karena memiliki lisensi juga izin yang resmi sebagai penyelenggara uang elektronik dan remitansi dari Bank Indonesia. Terbukti dengan adanya dua nomor sertifikasi yang dikeluarkan yaitu Sertifikasi E-Money Bank Indonesia No: 16/129/DKSP dan Sertifikasi Remittance Bank Indonesia No:16/152/DKSP/58.

Bisa dapat Untung kalau jadi Agen

Kalau sudah jadi member sih alhamdulillah. Kemudahan transaksi yang kita butuhkan setidaknya bisa mengurangi beban kehidupan seperti kurangnya waktu luang, atau mikir antrian panjang kalau mau kirim-kirim uang, atau juga kepikiran belum bayar tagihan BPJS dan lain sebagainya. Nah, kabar baiknya lagi, kalau kita daftar jadi agen True Money, beberapa keuntungan bisa kita dapatkan secara percuma alias gratis. Seperti yang tertera pada grafis di bawah ini:


Hanya dengan mengisi Formulir Permohonan menjadi Agen TrueMoney, menyiapkan fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu keluarga (KK), juga memberikan nomor hape yang aktif saja, kita langsung bisa membantu meringankan beban orang lain dalam urusan pembelian, pembayaran dan pengiriman uang baik di seluruh Indonesia maupun lintas negara. 

Nah, keunggulan dari aplikasi True Money sendiri adalah:
  1. Bebas biaya admin setiap bulannya
  2. Biaya penarikan dan transfer jadi lebih ekonomis
  3. Membuat transaksi menjadi lebih cepat dan aman
  4. Cek mutasi lebih mudah, dan
  5. Keamanan lebih terjamin dengan sensor sidik jari (khusus smartphone yang mendukung) 

Cara mudah kirim uang ke luar negeri menggunakan True Money Wallet


Kalau mau kirim uang ke luar negeri, menjadi member True Money saja tidak cukup. Kita harus mengisi saldo di dalam True Money Wallet. Dengan begitu proses registrasi dan pengiriman uang bisa diproses dengan mudah dan cepat. Oiya, jangan lupa ya. Verifikasi data dulu sebelum melakukan transaksi apapun, baik pembelian, pembayaran maupun pengiriman uang. Untuk mengisi saldo pun tinggal pergi ke gerai Alfamart atau alfamidi terdekat (buat yang tinggal di Indonesia) atau juga bisa dengan cara transfer dari M-Banking (buat yang tinggal di luar negeri). Mudah banget kan? Of course.

Nah, buat yang mau mencairkan uangnya. Ikuti langkah berikut ya:
  1. Datang ke Alfamart/Alfamidi & informasikan bahwa Anda ingin mencairkan uang lewat TrueMoney Pengiriman Uang.
  2. Isi formulir penerimaan uang, tunjukkan kartu identitas yang masih berlaku, beserta kode MTCN yang telah diberikan oleh pengirim.
  3. Kalian akan menerima uang kiriman tanpa dipotong biaya administrasi.
Perlu diketahui juga bahwa masa berlaku kode pencairan MTCN adalah selama 30 hari sejak tanggal transaksi (pengirim biasanya mengirimkan kode MTCN kepada penerima), dan setelah 30 hari maka masa berlaku kode MTCN habis (expired), namun bisa juga diperpanjang dengan cara Pengirim menghubungi Layanan Pelanggan (Contact Center) True Money. Namun, jika selama 90 hari ditambah dengan 90 hari berikutnya uang kiriman belum dilakukan pencairan atau penarikan, maka uang kiriman tersebut (oleh True Money) akan diserahterimakan kepada Balai Harta Peninggalan. Emak jangan sampai lupa tau, adik kena ambik uang tu dekat Alfamart atau Alfamidi. Jangan lupa bawa KTP eh. Begitulah pesan Rose kepada emaknya saat mengabarkan bahwa uang sejumlah 7,500 baht atau setara dengan RM 1,000 atau Rp. 3,400,000 sudah dikirimkan via TrueMoney.

Pict source: truemoney.co.id
"Akak, adik dah ambik duit dekat Alfa dah ni. Thank you so much yer kak. Murah rezeki, sehat selalu, kami bedua sayaaaang dekat akak sangat-sangat. Aisyah sayang akak sangat-sangat, love you lagi kak Rose :3." diikuti dengan emoji kiss hug banyak sekali beserta bunga-bunga mawar kamboja berjajar beriringan dengan bunyi ting tong notification whatsapp smartphone masa kini. Begitulah sekilas cerita dari Rosmiyana binti Yusof. Kiranya kemerdekaan telah dicapai dengan rasa penuh kerinduan dekat ibu dan adiknya. Mengirim uang sebagai bentuk tanggung jawab sekaligus tugas bulanan sebagai tulang punggung keluarga yang baru menjadi kebahagiaan tersendiri baginya.

Bagaimana dengan kalian?
Tabik,
 Disclaimer: Tulisan ini diikutsertakan True Money Blog Competition dengan tema "Merdeka Kirim Uang" oleh TrueMoney dan Tau Dari Blogger Community periode Juli-September 2019. Untuk seluruh tulisan beserta infografis yang ada di dalam postingan ini adalah murni hasil karya sang penulis secara pribadi, yang beberapa komponennya diambil dari referensi terpercaya; website resmi truemoney.co.id

Comments

  1. Lucuukkk bgt grafis dan artikelnya
    True Money keren ya Kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mbak nurul sudah berkunjung :)
      Iya, keren banget mbak untuk urusan uang elektronik..

      Delete
  2. Lucuuuuu infografisnya..
    btw, truemoney ini memang memudahkan banget ya kak.. Terlebih untuk aku yang memang gak punya rekening bank.. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih dhiyaaah :")
      Nah kan. bener banget, sangat memudahkan terutama buat yg belom punya rekening bank..tinggal ambil di alfamart atau alfamidi terdekat.. thanks udah mampir anw..

      Delete
  3. makasih infonay , teknolgi memang memudahkan

    ReplyDelete
  4. Aku malah fokus ro klambine, kayane podo sama punyaku yg dpt waktu itu hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment above, then click post/ publish.
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Dan please, jangan berikan nama Anonymous di sini, karena jika kita tak saling mengenal maka bisa jadi tak sayang kan. *sok banget :p

Yuk sharing bareng di sini :)
Siapa tau nanti ku kunjungin balik blog kamu. Love you guys.