Hello There !

I'm Cory. an Author and Blogger from Indonesia.
Makhluk spesies blogisius fiksidisaurus. Doyan makan bakso juga keliling kota. 🌿 feed antigo: @lifeascory | Hidup di dua benua (lifeascory.com dan corywanderlust.com). For business inquiries, ✉️ corypramesti@yahoo.com!
Cory Dori

What Read Next

Makin Syantik Kekinian Bersama Chathaulos yang Super Keren


Halo Girls! 
Siapa yang suka enggan memakai pakaian tradisional seperti batik, tenun dan sejenisnya? Padahal Indonesia sendiri terkenal betul dengan segala keberagaman dan produk seninya. Bagi kalian yang masih belum membuka hati, mari saya tunjukkan fashion ulos kekinian dengan desain dan gaya yang disesuaikan dengan perkembangan zaman. Asli, keren banget loh. Padahal yang kita tahu selama ini, ulos itu kan pakaian tradisional suku Batak ya. Yang menurut historinya sendiri, ulos bagi suku batak sendiri berarti selimut yang berguna untuk melindungi tubuh dari udara dingin serta menghangatkan ketika udara sedang dingin. Matahari, api, dan ulos adalah sumber yang memberi panas kepada manusia menurut kepercayaan leluhur suku Batak. Tapi, ternyata ada loh desain kain ulos yang kekinian banget.

Terinspirasi dari pepatah batak, “Ijuk pangihot ni hodong, Ulos pangihot holong”, yang maksudnya adalah “Jika ijuk adalah pengikat pelepah dan batangnya, maka Ulos adalah pengikat kasih sayang antara sesama.” mbak Martha Simanjuntak telah melahirkan Chataulos yang bisa mendesain beberapa jenis ulos menjadi fashion kekinian (modern).


Untuk pengertian ulos sendiri sebenarnya adalah kain tenun khas Batak berbentuk selendang. Benda yang dianggap sakral penuh sejarah ini merupakan simbol restu, kasih sayang dan persatuan bagi suku Batak. Namun, seiring perkembangan zaman, ulos tidak hanya diberikan kepada orang batak saja, tapi juga diberikan kepada orang “Non-Batak”. Pemberian ulos kepada orang Non-Batak ini biasanya dapat berarti sebagai sebuah simbol kasih sayang atau penghormatan. Misalnya, ketika ulos diberikan kepada pejabat, maka doa yang mengiringi adalah agar kehangatan dan kasih sayang pejabat kepada rakyatnya selalu menyertainya ketika menjalankan tugas-tugasnya. (source: sajadah.co)

Chathaulos hadir lebih fashionable

Dibawah arahan ibu Martha Simanjuntak, salah seorang pendiri IWITA (Indonesia Women IT Awareness) atau Organisasi Perempuan Indonesia Tanggap Teknologi, kain ulos asli batak ini didesain lebih fashionable dan kekinian. Disesuaikan dengan pasar fashion di Indonesia, Chathaulos dibuat sepenuh hati dengan bahan dasar kain ulos sebagai hasil karya seni yang memiliki nilai estetika dan semangat modern dimana kain ulos sendiri berfungsi sebagai identitas budaya Indonesia. Sehingga siapa saja yang ingin stay on dengan budaya Indonesia di era digital seperti sekarang ini, tak perlu ragu buat mempromosikan kain batik atau tenun khas Batak dengan hadirnya Chathaulos. Beli ulos, pakai dengan gaya casual, promosikan budaya Indonesia di mata dunia.

Nah, karena kain ulos ini memiliki strata yang berbeda, di Chathaulos ini bu Martha mencoba tuk memakai tiga jenis ulos yang bisa digunakan secara bebas. Diantaranya ada Ulos Sadum Angkola/ Ulos Godang, Ulos Ragi Hotang, dan Ulos Mangiring. Produk-produk yang dibuat di Chataulos pun beragam, ada atasan berupa outwear, blazer, kebaya ulos brokat, selendang, kemeja, rompi dan jumpsuit ulos.

Chathaulos hadir di Surabaya

Bahagianya lagi, gerai Chataulos pertama kalinya dibuka di Surabaya, tepatnya di lantai satu Apartemen Taman Melati, Mulyorejo. Semua desain yang dipajang dioutletnya saya lihat begitu memukau. Terkesan casual, keren, tapi tetap menjunjung tinggi nilai dari kain ulos itu sendiri. All design limited edition. Kita bisa beli langsung jadi di outlet atau custom design sesuai dengan apa yang kita butuhkan.




Ibu Martha Simanjuntak. CEO/Founder Chathaulos

Bagaimana cara order/ membeli produk Chataulos?


Buat yang mau beli custom bisa menghubungi nomor telepon yang ada di official instagram accountnya di @chatha_ulos atau yang ready to wear melalui website resminya di www.chathaulos.id, pilih model dan ukuran, bayar DP 50% (belum termasuk ongkos kirim), dan produk akan dibuat setelah DP sudah ditransfer. Terakhir, baju ulos akan diproses, barang selesai paling tidak selama 3 hari kerja dan di luar durasi pengiriman. Oiya, perlu kalian ketahui, karena produknya ini limited edition, jadi untuk harga dibandrol sekitar Rp. 800,00an ke atas. Gimana? Kalian masih ragu buat promosiin kain ulos di era digital? Kalau saya sih enggak.


Chatha Ulos

Official Website : chathaulos.id
Official Instagram Account : @chatha_ulos
Facebook : Chatha Ulos Ulos
Business Centre, Apartemen Taman Melati Surabaya.
Jl. Wonorejo Selatan II Blok KAV No.24



Comments

  1. aku sampe omah kepikiran outer merah ituuuhhh
    Bismillah, mau nabung supaya bisa adopsi ulossss
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Semoga bisa adopsi walau cuma satu ya mbak :)

      Delete
  2. Selalu kagum dengan designer yang mampu mengangkat kain tradisional Indonesia menjadi fashion yang lebih chic dan kekinian ^_^

    ReplyDelete

Post a Comment

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment above, then click post/ publish.
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Dan please, jangan berikan nama Anonymous di sini, karena jika kita tak saling mengenal maka bisa jadi tak sayang kan. *sok banget :p

Yuk sharing bareng di sini :)
Siapa tau nanti ku kunjungin balik blog kamu. Love you guys.

Contact Form

Name

Email *

Message *