Hello There !

I'm Cory. an Author and Blogger from Indonesia.
Makhluk spesies blogisius fiksidisaurus. Doyan makan bakso juga keliling kota. 🌿 feed antigo: @lifeascory | Hidup di dua benua (lifeascory.com dan corywanderlust.com). For business inquiries, ✉️ corypramesti@yahoo.com!
Cory Dori

What Read Next

5 Tips Memilih Asuransi Bagi Generasi Milenial


Di masa kini, persaingan dalam dunia kerja begitu ketat sehingga lumayan berat bagi generasi milenial untuk mengejar karier-karier impian mereka. Terbatasnya kesempatan kerja membuat para milenial harus bekerja lebih giat, lebih kreatif, bahkan lebih produktif dibandingkan lainnya, atau jika tidak mereka harus mampu menciptakan peluangnya sendiri. Produktivitas dan mobilitas yang tinggi menyebabkan generasi milenial ini terpapar gaya hidup yang kurang sehat, pola makan tak teratur, bahkan jam kerja yang panjang sering membuat mereka kurang tidur. Belum lagi mobilitas yang tinggi, terutama yang sering melakukan perjalanan, memiliki risiko tinggi akan hal-hal tak terduga. Kesehatan dan nyawa mereka sering terabaikan demi meraih cita-cita.

Dampak lain dari gaya hidup kurang sehat, juga pola makan dan pola istirahat yang buruk, membuat banyak di antara mereka yang terkena penyakit berbahaya di usia muda, mulai dari penyakit seperti jantung, stroke, diabetes, bahkan sampai ada yang meninggal mendadak di usia muda. Apa gunanya kerja keras jika akhirnya tak bisa menikmati akibat sakit? Ya, banyak di antara milenial yang akhirnya tak menikmati hasil kerja keras mereka setelah bekerja bertahun-tahun akibat sakit atau yang paling parah sampai meninggal dunia. Saat sakit, uang akan habis tak bersisa. Kecelakaan yang menyebabkan kehilangan kemampuan untuk bekerja juga bisa menghabiskan seluruh harta yang tersisa. 

Lalu bagaimana caranya agar semua hal itu bisa dihindari? Persiapkan diri dengan perlindungan tambahan, berupa asuransi, baik itu asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa. Asuransi bisa dimiliki siapa pun, termasuk para milenial. Begitu memasuki dunia kerja dan sudah punya penghasilan sendiri, alangkah baiknya mulai menyisihkan penghasilan untuk membeli produk asuransi. Semakin dini, semakin banyak benefit yang bisa mereka dapatkan. Berikut beberapa tips memilih asuransi bagi generasi milenial.

1. Ketahui Dahulu Kondisi Keuangan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memutuskan membeli dan memilih produk asuransi, milenial harus terlebih dahulu mengetahui kondisi keuangannya sendiri, seperti berapa penghasilan per bulan yang didapatkan, termasuk uang lembur maupun bonus. Kemudian, mereka harus menghitung pula kebutuhan utama mereka selama sebulan. Apakah ada cicilan lain atau tidak? Apakah masih tinggal sama orangtua atau malah kost sehingga ada dana tambahan untuk sewa tempat tinggal?

2. Tentukan Premi yang Sanggup Dibayar

Dengan mengetahui terlebih dahulu kondisi keuangan, kita bisa mengetahui berapa sih premi asuransi yang mampu kita bayarkan setiap bulan atau setiap tahun (jika memilih pembayaran premi tahunan). Jangan sampai memiliki asuransi kesehatan demi memiliki dana cadangan pada kondisi tak terduga, tapi malah di tengah jalan jadi beban dan akhirnya tak bisa menyelesaikan kontrak asuransi yang telah dipilih sendiri jangka waktunya. 

3. Ketahui Kebutuhan Utama

Setelah mengetahui kondisi keuangan, berikutnya adalah mengetahui kebutuhan utama akan perlindungan tambahan. Contoh mudahnya begini: kita menyadari kalau jam kerja kita panjang, kadang sering lembur. Pola makan dan pola hidup tidak sehat, bahkan sering begadang. Menjalani hidup seperti ini jelas memiliki risiko gangguan kesehatan sehingga yang saat ini paling utama adalah memiliki produk asuransi kesehatan. 

4. Pilih Asuransi yang Tidak Memberatkan

Tips Penting Memilih Asuransi Bagi Generasi Milenial yang ketiga adalah memilih asuransi yang tidak memberatkan. Jika setelah dihitung dengan seksama dengan teliti, ternyata kemampuan membayar premi asuransi yang bisa kita lakukan hanya di angka satu juta rupiah (dengan asumsi dana ini tidak mengganggu pos kebutuhan lainnya), jangan memaksakan diri mengambil asuransi yang lebih mahal dengan premi di luar kemampuan. 

5. Pilih Asuransi Double Claim

Beberapa tahun terakhir Pemerintah Indonesia dengan gencar menganjurkan masyarakat jadi peserta BPJS Kesehatan dengan tujuan meningkatkan kesehatan dan taraf hidup masyarakatnya. Program ini pastinya juga membuat para milenial secara otomatis jadi peserta BPJS Kesehatan juga karena seluruh anggota keluarga lain dalam satu Kartu Keluarga ikut terdaftar. 

Di kemudian hari, kebutuhan akan perlindungan kesehatan meningkat karena tahu ada penyakit-penyakit yang tidak terlindungi dengan program BPJS, maka milenial mulai berpikir memiliki asuransi kesehatan. Nah inilah saatnya milenial memilih asuransi yang bisa double claim. Artinya, penyakit-penyakit yang tak ter-cover BPJS, tetap bisa terlindungi dengan produk asuransi yang dipilih dan manfaat yang diterima jadi bisa lebih optimal.

Mari lengkapi diri dan masa depan dengan perlindungan tambahan dalam bentuk asuransi maupun investasi lainnya. Beberapa tips memilih asuransi bagi milenial di artikel ini semoga bisa membantu dan menginspirasi.

Tabik,

Comments

  1. Dan yang paling penting adalah pilih perusahaan asuransi yang memiliki reputasi baik, memiliki pelayanan yang baik, dan fasilitas yang sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

    ReplyDelete
  2. Saat pakai bpjs, pahami dulu prosedurnya

    Pengalamanku 2x melahirkan gratis pakai bpjs, hehe

    ReplyDelete
  3. Kalau di pikir2 Asuransi kesehatan bagi millenial penting juga ya ? secara semenjak berkembangnya tekhnologi, profesi yang erat kaitannya dengan perilaku sedentary makin banyak aja, misal kayak blogger and youtuber yang seringkali memaksa untuk duduk berjam-jam di depan komputer. Dan itu tidak sehat

    ReplyDelete
  4. Paling penting itu harus mencari tau dulu perusahaan nya apakah baik atau tidak, jika tidak maka nantinya akan merugikan diri kita sendiri.

    ReplyDelete

Post a Comment

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment above, then click post/ publish.
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Dan please, jangan berikan nama Anonymous di sini, karena jika kita tak saling mengenal maka bisa jadi tak sayang kan. *sok banget :p

Yuk sharing bareng di sini :)
Siapa tau nanti ku kunjungin balik blog kamu. Love you guys.

Contact Form

Name

Email *

Message *