Jun 27, 2019

credit: vickyfahmi.com

Bandung lagi, Bandung lagi teh. Nggak bosen apa teh ke Bandung mulu? Jawabannya adalah Tidak.
Mana ada sih liburan bosen? Saya tuh kalau liburan ya kalau waktunya libur. Selebihnya ya ngantor di rumah. Kalau dibilang ke Bandung bosen, bagi saya ya salah. Karena kerjaan saya di rumah yang justru bikin bosen ini menggelora. Makanya butuh yang namanya piknik ke luar kota, biar matanya sehat nggak mantengin pemandangan yang itu-itu saja. Jadi, sah dong kalau saya liburan ke Bandung meski sebelumnya juga sudah pernah berlibur ke sana.

Memang benar juga sih kalau ada yang bilang bahwa Bandung itu surganya wisata. Selain suhunya yang lebih dikenal dingin daripada wilayah Indonesia pada umumnya, semacam di Eropa, Bandung juga terkenal dengan berbagai macam destinasi wisatanya, yang salah satunya ada Farm House Lembang di Bandung.

Entah kenapa saya merekomendasikan sekali Farm House Lembang ini, kemungkinan besar karena banyak tempat yang bisa mengedukasi kali ya. Baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Beberapa tempat yang disajikan di sana pun membuat kita ternganga dan yang paling saya suka adalah kita bisa liburan bergaya khas ala Petani Eropa Klasik dengan langsung memakai baju ala-ala yang sudah disewakan dengan berbagai ukuran.


Beberapa Spot Teristimewa Saat Berlibur ke Farm House Lembang

Dijamin deh, kalau liburan ke Farm House Lembang ini nggak bakalan bosan, karena banyak spot-spot yang menyejukkan mata. Bikin hati berbunga-bunga dan rasanya ingin berkali-kali mengabadikan foto di sana. Pose-pose ala selebgram cantik sambil benar-benar belajar apa aja yang bisa kita dapat dari sana buat dijadikan ole-ole saat pulang ke rumah (bercerita kepada tetangga atau rumpi di tukang tukang sayur misalnya).

1. Experience The Magic of Hobbiton

Tahu dong ya, rumah Hobbit yang ada di New Zealand yang waktu itu pernah dipakai syuting film trilogi The Hobbit yang menggemparkan dunia itu. Yang kita pikir rumah-rumah sederhana nan unik itu hanya didramatisir saja, ternyata ada wujudnya di Selandia Baru. Tapi buat yang ingin menikmati langsung bagaimana wujud rumah gemesnya itu, kita tak perlu jauh-jauh datang ke luar negeri karena di Lembang Bandung sendiri sudah ada rumah Hobbiton itu. Hem, saya sendiri sampai ngiler kalau denger namanya. Gemes aja gitu bawaannya.

Credit: vickyfahmi.com

Nah loh, baru lihat aja udah gemes kan? Lucu banget gitu desain pintu dan jendelanya. Semua serba mini, imut-imut kayak si marmut. Dan untuk bisa melihat dan bermanja-manja ria di rumah Hobbit yang ucul ini, kita harus membeli karcis masuk Farm House sebesar IDR 20,000. Terjangkau bukan? Bonusnya lagi, karcis yang kita beli nantinya bisa ditukarkan dengan segelas Susu Sapi Segar Asli atau sosis bakar di bagian pintu luar rumah Hobbit ini. Lembang gitu loh, susu segar Sapi memanglah produksi asli kota Bandung Barat ini.


Mayan kan, segelas susu segar bikin mata makin berbinar-binar menjelajahi bukit-bukit Hobbiton penuh rerumputan yang hijau memanjang dengan bunga-bunga yang tak kalah meriah dengan desain klasik rumah kayunya. Semua rumah Hobbiton di sini sengaja dibuat mirip sekali dengan Hobbiton yang ada di Selandia Baru. Jadi, buat saya yang doyan berjalan-jalan ria sambil kepo ada apa aja di dalamnya, pasti merasakan surga banget. Kalau bawa anak? Pastinya makin seru dong! Siap menjelajahi seluruh titik Farm House di Lembang ini.

2. Petting Zoo yang Menggemaskan

Duh duh, namanya juga Farm House iya kan. Jadi kalau ada peternakan mini di sana ya pastinya nggak kaget. Petting zoo sendiri merupakan sudut di Farm House Lembang yang berupa kebun binatang mini. Di sana ada bermacam-macam peternakan hewan, mulai dari bebek, burung, domba, kelinci, sapi, sampai iguana. Wah, seru banget dong pastinya.

Apalagi bisa ikut memberi makan atau berpose ria dengan para hewannya. Mengedukasi banget pastinya dan bikin kita berasa sekali menjadi petani sungguhan. Dengan memakai kostum yang bisa di sewa (nanti saja jelaskan di bawah), kita bisa berjalan-jalan syantik berkeliling taman ala Petani Eropa Klasik sambil sok-sokan jadi pemilik peternakan di Farm House Lembang tersebut.


Untuk memberi makan domba sendiri, kita harus membeli wortel (pakan kelinci dan domba) sebesar IDR 5,000. Sambil berjoget-joget ria, kita bisa langsung merasakan bahagianya menjadi seorang petani. Siap-siap menari bareng domba yang super bahenol dong ya. Ehe! Cekrek-cekrek, posting deh di instagram. Untuk memberi minum anak sapi sendiri kita harus membeli sebotol (satu dot) susu seharga IDR 20,000, lumayan terjangkau bukan. Kita jadi bisa merasakan jadi petani sungguhan dan jangan takut, karena semua hewan di sini sudah jinak semua, jadi friendly banget kalau mau diajak berpose.

3. Kota Eguisheim Prancis yang Gagah Berani

Selain rumah Hobbiton dan peternakan di Farm House Lembang, spot istimewa yang bisa dinikmati selama berlibur di sana adalah bangunan rumah ala kota Eguisheim di Prancis yang berdiri kokoh dengan arsitektur bangunan yang vintage dan instagramable banget. Kita bisa berpose cantik dan menikmati sejuknya kota Bandung dengan imajinasi lagi di benua Eropa.


Nah loh, ada buibu yang nyapu di foto, yang bersih bu biar lakinya nggak brewokan. Hadeuh. Yasudahlah ya, saya beri tahu saja kalau tangga di bangunan depan buibu itu tempat penyewaan kostum ala petani Eropa loh. Jadi, kalau kalian mau keliling Farm House dengan kostum ala noni-noni Belanda gitu ya silahkan langsung aja menuju lantai dua. Ada banyak banget pilihan warna dan motif. Umumnya sih warna merah dan merahnya bagus kok, nggak terlalu norak juga. Kalau nggak suka warna merah ya pilih warna hitam atau kuning saja lebih kalem. Untuk tarifnya sendiri IDR 75,000 per 2 jam (2 hours).

4. Kios dan Cafe yang Super Menarik

Nah, buat yang suka pernak-pernik atau barang antik seperti saya, pastinya sangat dimanjakan sekali di Farm House ini karena ada banyak kios atau kafe yang desainnya super-super bikin gagal move on. Maunya penasaran terus, biar borong produk-produk lucu di sana dan biar laper terus karena liat kafenya yang juga instagramable banget. Aseli ngeselin tapi bahagia aja gitu.



Duh, racun banget kan. Ingin rasanya memborong satu kios pernak-pernik di sana. Ih, gemes deh ah. Untuk harga sendiri sesuai lah ya sama kualitas dan tingkat keunikan produknya. Yang under 50,000 juga ada. Gelang-gelang rajut sama tas rajutnya bikin kalap. Pecinta Handmade siap-siap bawa uang yang banyak ya, siapa tahu kalau ke sini jadi kolektor.

Salah satu cafe instagramable di Farm House Lembang
Nah, kalau udah lelah berputar-putar, berkeliling ria semua lokasi di Farm House ini, pasti kalian merasa lelah dong ya. Laper juga kan? Jangan lupa deh mampir ke kafe-kafe yang ada di dalam sana. Harga yang lumayan melangit semuanya sebanding kok dengan pemandangan yang ada. Cita rasanya juga lumayan enak semua. Tidak ada yang rugi deh kalau liburan kesini. Alamat lengkapnya di: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.

Cari Penginapan Murah di Lembang

Masalah bagi warga non lokal (luar Bandung) adalah saat mencari penginapan yang dekat dengan lokasi dengan fasilitas yang memukau dan harga yang memikat, alias nyari yang harganya murah tapi tidak murahan. Kalau saya sendiri sih, mending nginep di hotel sih ya jika liburannya berdua atau single trip aja (ngenes sih). Ya, kecuali kalau rombongannya banyak satu keluarga belasan orang atau puluhan gitu sih mending cari Villa dong, biar nggak ribet pesen kamar.

Untuk Hotel di Lembang sendiri harganya relatif sih, tergantung tipe dan fasilitas yang diterima bagaimana dan apa saja. Setelah saya searching di PegiPegi, ada hotel yang lumayan cocok dengan liburan saya yaitu Novena Hotel Lembang yang alamatnya ada di Jl. DR. Setiabudi No.4, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391, yang kalau mau ke Farm House tinggal menempuh perjalanan selama tiga menit saja. Kalian kalau mau cek-cek penginapan murah di Lembang ya, PegiPegi aja coba. Siapa tahu cocok kan harganya.

Source: pegipegi.com
Untuk harganya sendiri menurut saya termasuk normal dan terjangkau, dimulai dari 400 ribuan hingga jutaan per malam. Sesuai dengan kebutuhan dan fasilitas yang didapat. Buat yang suka liburan berdua dengan teman, lumayan banget bisa patungan (dibagi dua). Nikmatnya lagi kita bisa milih tipe bednya, mau yang single bed atau twin bed. Kalau pilih Deluxe Room biasanya ada minimum staynya yaitu 2 hari. Kalau untuk yang Executive Room tidak ada minimum staynya. Malah hari ini lagi ada promo diskon 50% di Pegipegi. Executive Room yang biasa dibandrol dengan harga 800,000/night kini dapat diskon jadi 480,000/night. Waw, lumayan banget bukan?

Yang paling saya suka dari hotel ini adalah wifi gratisnya, baik di ruang publik maupun di kamar hotel koneksi wifi ada dimana-mana. Semua bisa dinikmati tamu secara cuma-cuma alias gratis. Lumayan dong jadi hemat kuota. Addict banget apa kak? Of course, seperti yang kalian tahu bahwa saya ini makhluk sosial dunia maya banget. Sering panjat-panjat sosial media dan doyan nge-Blog. Jadi, tanpa wifi atau jaringan internet di sekitar saya itu rasanya bagaikan raga tak bernyawa dan siap untuk jadi abu. Duh, ngeri juga qiyasannya. Em, untuk tipe dan harga bisa kalian cek sendiri juga sih ya di websitenya Pegipegi. Room servisnya juga available 24 hours, jadi kalau ada apa-apa tinggal call resepsionisnya.

Hem, bagaimana rasanya setelah baca postingan ini? Masih ingin liburan ke luar negeri juga? Ya, boleh saja. Tapi kalau di negeri sendiri saja sudah siap saji, kenapa tidak dong ya melipir ke sana. Masih bilang bosan ke Bandung lagi? Tentunya tidak dong.

Tabik,

7 komentar:

  1. Lembang dan Bandung memang warbiyasaak.
    Mupeng jln2 ke BDG lagi

    ReplyDelete
  2. Dari dulu pengen ke sini ga kesampaian.. Huhu,, Kirain harga tiket masuk wisata lembang mehong.. ternyata terjangkau yaa kak.. BTW, informasinya lengkap sekali kak, bisa jadi panduan klo nanti ke sana.. Aamiin.. thanks kak infonya :)

    ReplyDelete
  3. Wah.. soal penginapan pegipegi bisa jadi solusinya yess kak.. Apalagi klo ada discount gitu.. Hmm.. gak nolak deh.. Maaciw kak informasinya :)

    ReplyDelete
  4. Bandung emang nggak bosenin kok..

    ReplyDelete
  5. wahh keren banget yak tempatnya.. klo ke Bandung wajib mampir nih.. meskipun macetnya mantap soul juga menuju kesana

    ReplyDelete
  6. Wah, belum pernah saya kesana nih mbak cory... Bagus juga untuk referensi liburan bersama anak ya.

    ReplyDelete
  7. Cory, foto2 di post ini pakai camera apa? Makasib infonyaa

    ReplyDelete

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment below, then click post/ publish!
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Jangan meninggalkan link hidup, karena bakal dihapus secara otomatis. Thank you :)

lifeascory.com / © 2016-2019 / x o x o / Designed by Blogger Template