Mendukung Program Sentuhan Cinta Johnson's Baby; Ritual Pijat Bayi


Ngomongin parenting, rasanya ilmu saya masih belum ada apa-apaya dibanding ibu-ibu keceh di luar sana, termasuk kalian yang sedang baca postingan ini. Tapi sebisa mungkin ilmu yang saya dapat selama belajar parenting akan saya share sebaik-baiknya. Kalau ada yang salah boleh ditegur melalui kolom komentar ya. Kalau ada yang perlu ditambahkan, boleh juga dishare di kolom komentar. Karena saya merasa lebih senang jika ada yang mau berdiskusi memberi pelajaran lebih menyoal parenting ini.

Belajar Melatih Diri Melakukan Ritual Pijat Bayi

Seperti kampanye "Sentuhan Cinta" yang digembor-gemborkan oleh salah satu perusahaan produk bayi terkemuka di Indonesia; Johnson's Baby, saya belajar tentang perkembangan holistik anak dalam rangka meningkatkan kualitas hidup bayi. Spesialis mendukung gerakan sentuhan ibu yang ternyata amat penting bagi kesehatan dan perkembangan bayi terutama pada saat bayi menunjukkan periode emasnya. 

Kemarin, tepatnya tanggal 6 April 2019 saya mendapat undangan eksklusif dari komunitas The Urban Mama yang bekerja sama dengan Johnson's Baby. Dari sini saya mengetahui bahwa ternyata periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan adalah periode penting bagi seorang bayi, di mana pertumbuhan yang diperoleh dalam periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan bayi periode berikutnya, sampai bayi beranjak dewasa. Bayi seharusnya tidak hanya diberi nutrisi yang cukup, namun penting bagi bayi untuk mendapatkan afeksi melalui Sentuhan Ibu seperti ritual pijat dan mandi bayi.

Ritual Pijat Bayi ternyata bisa membantu meningkatkan kesehatan psikologis bayi sehingga saluran pencernaan menjadi lancar dan makanan pun lebih dapat diserap dengan baik. Waduduh, kalau belajar parenting gini saya jadi lebih siap buat jadi ibu yang baik nantinya. (E'hem, keselek biji duren)

Manfaat Pijat Bayi

Sebenarnya apa saja sih manfaatnya ketika bayi di usia periode emas dipijat? Bukannya kasihan ya, tulangnya masih belum sekuat anak dewasa udah dipencet-pencet. Ohoho, jangan salah ya buibu. Sentuhan Cinta yang berupa pijat bayi bisa bermanfaat bagi kesehatan dan tumbuh kembang bayi loh. Pastinya dengan tehnik yang berbeda dong dengan pemijatan anak bayi yang udah dewasa.

Manfaat Pertama Pijat Bayi

Sentuhan yang dilakukan melalui ritual pijat bayi akan membantu meningkatkan kesehatan psikologis bayi sehingga saluran pencernaan menjadi lancar dan makanan pun lebih dapat diserap dengan baik. Selain itu, juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas bayi dan juga kepadatan mineral tulang. 

Manfaat Kedua Pijat Bayi

Sikap orangtua juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan anak secara jangka panjang dan bagaimana nantinya anak mampu menghadapi tekanan. Sentuhan cinta berpengaruh terhadap sistem saraf-stimulasi sensorik selama pijat telah terbukti membantu otak bayi untuk berkembang dan bekerja lebih cepat.


Manfaat Ketiga Pijat Bayi

Pijat bayi dapat mengurangi kerewelan bayi dan meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan bayi. Bayi yang terbiasa dipijat, cenderung lebih mudah untuk bersosialisasi-mereka cenderung melakukan kontak mata jika bertemu dengan orang lain, senyum dan berbicara dengan ramah.

Manfaat Keempat Pijat Bayi

Ritual mandi dan pijat dengan menggunakan produk yang tepat untuk bayi adalah waktu ikatan yang tepat antara orang tua dan bayi. Hal tersebut juga dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur bayi.



Nah ternyata, Johnson's ini punya program yang namanya Sentuhan Cinta, seperti yang sudah saya singgung di awal tadi. Program ini mendorong para ibu di Indonesia untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya selama periode emas. Dalam menjalankan kampanye ini JOHNSON® akan bekerja sama dengan Habitat for Humanity, Alfamart dan Shopee. 

Dengan Habitat For Humanity inilah ternyata JOHNSON® akan membangun pusat kesehatan anak (Posyandu) di desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur. Wah, saya sebagai warga Gresik jadi makin bahagia nih. Ibu-ibu Randusongo jadi lebih mudah mengecek kesehatan dan perkembangan bayinya.

Serangkaian Produk Perawatan Bayi

Sebagai seorang ibu harus memahami bahwa kebutuhan merawat bayi juga harus selektif. Demi kenyamanan dan efek yang akan diterima si bayi. Serangkaian produk Johnson's Baby kiranya bisa menjawab semua kebutuhan itu.

Johnson's Baby Oil, biasa dipakai memijat bayi sebelum melakukan ritual mandi bayi. Supaya badan terasa fresh dan sehat sehabis mandi.

Johnson's Baby Lotion, biasa dipakai oles-oles/ memijat bayi setelah mandi dan supaya badan si bayi merasa lebih segar dan wangi tahan lama.

Johnson's Baby Powder, biasa dipakaikan ke seluruh badan dan wajah si bayi, supaya bayi merasa segar dan semangat beraktifitas menunjukkan tumbuh kembangnya.

Banyak hal yang bisa saya pelajari selama mengikuti Ritual Memijat Bayi bersama Johnson's kemarin. Saya jadi lebih siap untuk menjadi seorang ibu yang baik untuk tumbuh kembang dan kesehatan anak-anak nanti. Semoga apa yang saya share di sini bisa membuka diskusi atau topik parenting lainnya yang masih berkesinambungan dengan topik kali ini, sehingga saya dan para calon ibu lainnya di luar sana juga bisa belajar dan prepare lebih lagi untuk menyambut sang buah hati.

Tabik,

5 comments

  1. CSRnya Johnson bagus ya mbak, sampe mau bantu bikin Posyandu.. salut.

    ReplyDelete
  2. Duuuuh bagus banget ini ilmunya buat kita-kita yang menuju jadi ibu.. Aamiin..
    Ternyata bayi itu mestinya dipijet dengan sentuhan pada 1000 hari pertama yaa kak..
    Terimakasih ka informasinya..

    ReplyDelete
  3. Hayooo sudah dipraktekkan belum dengan bayinya di rumah? Boleh pinjam bayi tetangga.Pijet..pijet bayi relax dan nafsu makan bertambah, tidur nyenyak, emak bisa ngeblog tenang.hehehehe

    ReplyDelete
  4. Nabung ilmu dulu mbak, praktek nanti akan tiba saatnya.. Hehe.. Ternyata pijat bayi banyak manfaatnya yaa..

    ReplyDelete

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment below, then click post/ publish!
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Jangan meninggalkan link hidup, karena bakal dihapus secara otomatis. Thank you :)