Hello, there !

I’m Cory. I have a huge passion for blogging in general, but I love dabbling in photography and graphic design! I’m a major introvert, which is probably why blogging became such a big hobby of mine. Thanks for stopping by my blog!

for business inquiries,

@lifeascory

What Read Next ?

Sembayat Bridge II; Jembatan Baru Jalur Gresik Kota - Gresik Utara


Selamat datang di desa kelahiranku. Desa yang sangat asri dan penuh cita rasa. Mau ke pesantren tinggal nyebrang melalui jembatan, mau ke pasar besar desa Sembayat tinggal jalan kaki 10 menit sampai. Ya, inilah desa Sembayat. Desa yang aktif dan agamis berlokasi di sisi selatan sungai Bengawan Solo sebagai desa terakhir wilayah utara yang berada dalam naungan pemerintahan kecamatan Manyar. Sehingga ada landmark Sembayat Bridge yang menghubungkan antara pemerintahan kecamatan Manyar dan kecamatan Bungah kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Sembayat Bridge atau Jembatan Sembayat merupakan salah satu bangunan milik pemerintahan kota sebagai jalan raya utama sekaligus jalan penghubung jalur Gresik kota menuju Gresik utara (jalur pantura). Jalur ini pun selalu ramai kendaraan bermotor mulai dari sepeda motor hingga truk tronton bermuatan berat. Karena memang akses utama jalur perindustrian/ pergudangan, perdagangan / jasa, pendidikan, pemerintahan juga aktifitas permukiman warga lokal adalah jalan raya Sembayat ini.

Proyek Sembayat Bridge II

Apa kabar proyek jembatan Sembayat yang cukup menghebohkan sejak tahun 2014 hingga akhir tahun 2018 kemarin? Sebenarnya, sejak tahun 2015 yang lalu jembatan ini sudah naik proyek dan selalu menyebabkan kemacetan luar biasa karena ukuran jalan raya dua jalur ini cukup sempit. Maklum, untuk menuntaskan proyek jembatan terbaik ini butuh pembebasan banyak lahan dari kedua belah pihak yaitu warga desa Sembayat dan desa Bungah. Sehingga kemacetan itu terkadang membuat si pengendara makin kisut dan merasa gagar otak sebab kelamaan disengat sinar matahari, sampai ada juga yang tiba-tiba punya serangan darah tinggi karena kebanyakan ngomel-ngomel.

Puji syukur, sejak awal tahun 2019 kemarin jembatan yang memiliki panjang 354 Meter (terdiri dari 1 bentang pelengkung (93 m) dan 5 bentang PCU girder 51+51,5+53+53+52,5 m) dengan pengeluaran biaya pembangunan sekitar 173.5 Milyar ini sudah siap beroperasi (meski belum diresmikan) dan masih tetap menempati ranking kehebohan sejagat nyata dan maya, karena kini jembatan yang diberi nama Sembayat Bridge II ini justru dijadikan tempat wisata sementara atau hangout berpose ria oleh warga lokal dan sekitar (terutama oleh anak-anak dan pemuda).



Selain arsitektur bangunan atapnya yang unik, jembatan ini ukurannya lumayan panjang dibanding beberapa jembatan yang ada di kabupaten Gresik. Jadilah saya dan nyokap penasaran banget pengen berpose ria di sana. Setelah cukup memberanikan diri ikut anak-anak genk motor melintasi pintu masuk jembatan baru ini, akhirnya kami menyempatkan diri untuk berfoto dan mengambil video. Sembari mengucap alhamdulillah berkali-kali kami menyusuri jembatan dan menikmati pemandangan hijau di sekeliling jembatan juga sungai bengawan Solo yang membentang luas nan gagah.

Akhirnya, problem solving kemacetan selama melintasi jembatan ini terealisasi juga. Semoga dengan adanya jembatan baru ini, jalur utara dan selatan kota Gresik semakin lancar dan tidak ada drama kisut di jalan karena macet apalagi serangan darah tinggi dadakan. Aamiin.

Buat yang mau explore Sembayat Bridge II ini silakan dari sekarang ya, mumpung masih belum diresmikan dan beroperasi. Nanti kalau sudah beroperasi mah boro-boro bisa action di depan kamera secantik ini.

Tabik,
....

Comments

  1. Siap-siap jadi ikon wisata baru neh.... Masyarakat sekitar harus Gercap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha bosa jadi mbak, gercep lapo kiro2 mbak? Gawe tempat wisata ndek mbayat ta? Kalo ndek mbungah kan wes akeh tempat wisata 😁

      Delete
  2. Harus gerak cepat nich kalau mau bernarsis ria dijembatan baru ini. Kapan lagu coba. Hahahahah....

    ReplyDelete
  3. Asiiik, jadi tau nih aku ada jembatan baru :) Kayak yang ke Madura dulu kan pas baru2 kita bisa fotoan. Ntar lama2 dilarang hahaha. Asik ya Cory masih bisa fotoan syantik. Jembatan Sembayat ini panjangnya 354 m ya ga jauh2 amat sih tapi sangat bermanfaat dong buat masyarakat :) Bravo!

    ReplyDelete

Post a Comment

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment above, then click post/ publish.
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Dan please, jangan berikan nama Anonymous di sini, karena jika kita tak saling mengenal maka bisa jadi tak sayang kan. *sok banget :p

Yuk sharing bareng di sini :)
Siapa tau nanti ku kunjungin balik blog kamu. Love you guys.