Hello, i'm Cory!

a blogger from Gresik, East Java, living in Jekardah, Indonesia. I love so much graphic design, travel and photography. Thanks for stopping by my blog and hope y'll enjoy!

for business inquiries,

Cory Pramesti

What Read Next

7 Tips Sukses Menghadapi Tantangan Revolusi Industri di Tahun 2019

Siapa yang masih tabu menyoal revolusi industri, angkat tangan? Baiklah, mungkin sebagian dari kalian masih ada yang belum paham mengenai revolusi industri, yang padahal sudah sejak lama obrolan sedikit bikin kepala cenut-cenut ini hadir di sekeliling kita dengan pedenya. Apa daya, selama ini kita cuma menjadi korban pemasaran para pegiat perubahan di era super modern yang semakin hari ada saja kemudahan yang bisa kita dapatkan dan kita manfaatkan. Jadi, mari kita pahami bersama dari sekarang.

Revolusi Industri yang kita ketahui selama ini adalah adanya perubahan besar dan radikal terhadap cara manusia dalam memproduksi barang di bidang ekonomi, politik, bahkan militer dan budaya. Nah, perubahan besar ini ternyata sudah terjadi selama tiga periode yang mana biasa disebut dengan Revolusi Industri 1.0, Revolusi Industri 2.0, dan Revolusi Industri 3.0 yang pastinya ada dampak yang telah kita terima baik positif maupun negatif. Salah satu dampak yang bisa kita lihat saat ini adalah kelangkaan sebuah profesi seseorang yang semakin hari semakin menghilang jumlahnya (contohnya: para buruh tambang dan ladang) juga jutaan profesi baru yang tiba-tiba muncul dengan mudahnya, seperti seniman, content creator, dan para pegiat media/ digital influencer lainnya.

Memang benar, dengan adanya revolusi industri yang hadir saat ini beberapa hal yang dulunya dirasa sulit, lama dan menggegerkan harganya akan terasa lebih mudah, cepat dan murah. Lalu bagaimana cara kita menghadapi tantangan revolusi industri di tahun 2019 ini? Simak 7 tips yang saya tulis di bawah ini.

1. Mengenali dan Menentukan Skill Dominan dalam Diri

Salah satu hal paling krusial dalam menghadapi tantangan Revolusi Industri di tahun 2019 menurut saya adalah "skill". Jangan sampai kita kalah sama robot. Sudah pada tahu kan, robot humanoid Sophia yang mengandungi Artificial Intelegence super pintar? Robot ini saja sudah pandai berpidato dan diwawancara di depan penonton seluruh dunia. Masaiya kita sebagai manusia punya akal pikiran yang super hebat kalah sama doi. Sedang robot-robot yang lain juga sudah berkeliaran di sekeliling kita tanpa kita sadari. Nggak mau dong ya.

Dalam kenyataan Revolusi Industri 1, 2 bahkan 3 saja kita semestinya sudah paham betul bagaimana cara memanfaatkan pembaharuan yang ada termasuk teknologi terbaru, jangan sampai di era Revolusi Industri keempat ini kita kalah (diperbudak) sama robot beneran. Setiap individu harus berusaha semaksimal mungkin meminimalisir dampak negatif yang bakal terjadi di era modern yang super gila ini. Memang benar, semua hal bakal terasa lebih mudah. Namun tetap saja hal-hal negatif tak terduga juga bisa saja terjadi.

Jadi sebelum revolusi industri keempat ini bersemarak menggegerkan dunia, marilah kita mengorek-ngorek betul apa potensi (skill) dominan dalam diri kita, sampai pada akhirnya kita bisa memanfaatkan peluang di era yang semakin memudahkan nantinya dan menjadikan potensi itu menjadi sebuah keberkahan hidup bersama.

2. Jadikan Skill Tersebut Menjadi Sesuatu yang Menghasilkan

Setelah mengorek lebih dalam apa saja potensi kita dan apa yang lebih dominan dari semua potensi yang kita miliki, maka segeralah mengoprek potensi tersebut menjadi sesuatu yang menghasilkan. Seperti contoh: jika kalian memiliki potensi dominan di bidang arts macam menyanyi, melukis atau apapun itu ya segeralah beraksi ke teknologi baru dan manfaatkan teknologi yang ada. Bikin cover di youtube, share di instagram atau whatever bagaimana cara kalian mengenalkan potensi terbaik kalian kepada khalayak. Sehingga karya kalian juga bisa dinikmati orang lain dan mereka mulai mengapresiasi karya itu dengan berbagai macam bonus tak terduga. Bahagia sekali bukan?

Contoh lainnya: jika kalian pandai memproduksi suatu barang dan mahir dalam memarketingkan barang tersebut, i think lebih baik segeralah membuka online shop mulai dari sekarang. Lagi-lagi, jangan lupa manfaatkan teknologi yang ada supaya kita tidak tertinggal jauh dari mereka yang sudah berjalan duluan. Sayang banget dong kalau harus terlewatkan. Temanmu sudah mengantongi berbagai macam karya, prestasi dan bonus yang luar biasa tapi kamu masih stagnan jadi penonton setia saja. No no no, kesempatan gemilang ini bisa diambil oleh siapa saja, jadi jangan sampai kita pura-pura tidak tahu dan pasrah.

Nggak usah minder dan nggak usah merasa potensi kita tidak jauh lebih baik dari mereka. Kata siapa? Selama kita belum mencoba, selama itu pula kita tidak pernah tahu dan hanya merenungi nasib juga merutuki diri sendiri karena merasa tidak berguna. Jangan sampai dong ya. So, mulai sekarang mari take action bersama. Tidak ada sesuatu yang nggak mungkin di dunia ini. Apa saja bisa terjadi selama ada usaha yang tak pernah berhenti.


3. Cetuskan Ide Terbaik Kalian dengan Mencari Berbagai Pengalaman

Hal yang harus diingat ketika kita berhadapan dengan suatu kompetisi adalah "idea/ ide" kita. Ada yang bilang ide gila biasanya lebih menarik perhatian, Ya, di era yang katanya super gila seperti sekarang ini, rasanya setiap orang wajib berkompetisi. Kalau tidak mau berkompetisi ya siap-siap saja jadi orang merugi, cuma menontoni orang hebat di luar sana tanpa mencoba untuk take action sendiri. Alhasil tiap lihat keberhasilan seseorang hanya bisa berkomentar dan merenungi nasib. Jangan begitu dong! 

Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk ikut berkompetisi, bedanya hanya pada ide-ide gila mereka. Apakah khalayak di luar sana tertarik dengan ide-ide kita apa nggak. Seringkali ide gila itu dihasilkan dari berbagai pengalaman luar biasa oleh orang-orang yang dianggap gila oleh mereka. Tidak semua orang bisa menciptakan ide gila (luar biasa itu), makanya di era kompetisi seperti sekarang ini, menjadi orang biasa saja saya rasa tidak cukup. Butuh usaha ekstra untuk menjadi orang luar biasa dan menjadikan diri kita sebagai subjek bukannya objek dari sebuah system yang mempercayakan robot seperti sekarang ini. Intinya, manfaatkan segala momen yang ada. Gali sebanyak-banyaknya, manfaatkan sebaik-baiknya.

4. Gabung dengan Komunitas yang Mendukung Penuh Tumbuh Kembang Skill yang Kalian Miliki 

Jangan sampai mental kita kalah sama jeritan para netizen yang ngomongin kita di belakang. No problem. Biasanya, orang yang suka syirik atau iri dengan kemampuan terbaik kita adalah orang-orang yang ada di sekeliling kita atau orang-orang terdekat kita. Kadang suka bagus-bagusin kita di depan mata tapi di belakang nusuk kita nggak berhenti. Kalian harus paham, kalau sudah tak kondusif seperti ini lebih baik kita mencari orang yang selevel (seprofesi, satu hobi, punya skill yang sama) dengan kita. Supaya skill yang kita punya juga semakin berkembang dan tidak mandeg sampai di situ gegera kemakan omongan netijen yang maha nyinyir.

Biarkan anjing menggonggong, kafilah harus tetap berlalu. Mari kita gabung dengan komunitas yang sesuai dengan passion dan skill kita. Supaya ilmu kita bertambah dan relasi bisnis kedepannya juga bakal lebih bagus lagi. Menanggapi orang yang mau bersaing secara sehat lebih baik dong ya daripada menanggapi mereka yang bisanya cuma menghancurkan mental seseorang dari belakang. Sorry, i'm not your business. Bye~~

5. Cerdas Memahami dan Memanfaatkan Produk Hasil Revolusi Industri

Of course, kalian kudu paham betul apa itu revolusi industri dan apa kiranya dampak yang akan dihasilkan ketika perubahan itu terjadi, terlebih untuk diri kita sendiri. Kalau kita sudah tahu bahwa perkembangan ekonomi, budaya, dan lain sebagainya di dunia saat ini dipengaruhi oleh teknologi, maka kita juga harus bisa membuat teknologi itu tunduk di bawah perintah kita. 

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, skill manusia saat ini, apapun itu, bagaimana pun itu akan tetap mempengaruhi tingkat kestabilan hidup sehari-hari, terutama dalam hal kesuksesan. Kita hidup di era serba online. Pesan singkat saja online, bayar apapun bisa via online, order makanan pun online, transportasi pun online. Apa hal di masa kini yang belum online? Mungkin hanya sebagian saja yang menafikan sarana "online" sebagai jalan bisnis yang menguntungkan di masa depan. Jadi, ketika kita punya skill yang mumpuni di bidang apapun itu, kita olah saja menjadi bisnis online yang menguntungkan. Setuju? Tos dulu.

Mari kita lihat Raditya Dika, si Blogger sukses yang memulai karirnya dengan menulis. Semua karangan hasil ide gilanya dituangkan secara bebas dalam sebuah blog. Apakah mengikuti jejaknya seperti itu masih bisa dibilang sebuah bisnis online? Kalau jaman now, ya pastinya. Apa sih yang nggak di jaman sekarang, semuanya serba mudah kok. Kalau sudah mudah begini mbok ya jangan dipersulit dong sist. Mari kita lihat lagi, Bayu Skak. Si bujang medok asal malang yang berhasil membuat film berjudul "Yo Wis Ben!" yang dulunya juga memulai karir dari youtube. Bisnis online? Yaiya lah. Lha wong bayarannya saja didapat dari youtube kok. Kalau saya? Oh, pastinya saya memulai semua keberuntungan ini dengan bismillah. Hehe.

Sama, saya juga ingin sukses seperti mereke. Build Success Online. Saya memulai kesuksesan ini dari menulis. Ya, menulis apa saja di blog. Berharap suatu hari nanti bisa seperti Raditya Dika. So, ketika produk revolusi industri ini resmi diluncurkan, mari berbondong-bondong memahami dan memanfaatkan secara cerdas. Barangkali ada jalan kesuksesan dari sana. Saya pun siap berperang dengan para robot di luar sana.

6. Pahami Strategi Marketing dalam Bisnis Online

Sebelum kita ngomongin strategi marketing, mari kita tengok terlebih dahulu. Apakah seluruh komponen bisnis yang akan kita marketingkan sudah lengkap? Baiklah kalau sudah, mari berkompetisi secara sehat dan profesional. Sebenarnya kalau kita mau sukses secara online, kita harus belajar banyak dari para pendahulu kita, yang sudah duluan mencapai gelar sukses dari bisnis online yang mereka geluti. Jadi kita bisa tahu apa yang kurang dan apa yang perlu ditambahkan atau direvisi dalam menjalankan bisnis online yang sedang kita geluti.

Nah, untuk strategi marketing sendiri biasanya kita memanfaatkan sosial media yang ada seperti facebook, twitter, instagram, youtube, line, whatsapp dan lain sejenisnya. Namun, agar lebih profesional dan juga menambah tingkat kepercayaan terhadap konsumen, biasanya kita membuat website dengan self-hosting yang tepat, supaya performanya oke dan aksesnya lancar jaya. Lihat saja tokopedia, lazada, shopee dan para ecommerce lainnya di Indonesia, kalau saja jaringan self hosting mereka lagi lemot pasti kita ogah-ogahan ngakses lagi dan akhirnya beli di toko sebelah deh. Oh, big no! Jangan sampai hal itu terjadi pada bisnis kita.

Makanya dari awal kita udah harus prepare, mana kiranya jasa penyedia Web Hosting Indonesia yang bisa dipercaya dalam hal servis dan terbaik penanganannya. Kalau saya sendiri sih pakai Niagahoster. Sebagai seorang blogger yang ingin membangun kesuksesan secara online, saya juga harus paham menyoal platform dan performa yang pas untuk blog saya dan bagaimana saya harus berusaha untuk tetap menjadikan blog saya menjadi sumber bacaan bagi para pembaca setia artikel saya. Jangan sampai blog saya lemot ketika diakses, atau menemukan suatu hal yang forbidden ketika dibaca.


Untuk memahami bagaimana Hosting Terbaik bagi calon website yang akan kita kelola, sebaiknya kita harus tahu dulu kebutuhan kita apa, kapasitas yang dibutuhkan berapa, performa yang diinginkan bagaimana. Jadi ketika semua modal udah siap, strategi marketing melalui sosial media dan website juga akan lancar jaya. Oiya, kalau mau pakai jasa penyedia web hosting Niagahoster macam punya saya, sedikit saya jelaskan di sini.

Karena memang kebutuhan saya adalah blogging dan nggak mau ribet install ini itu macam platform wordpress, saya pun memakai hosting bawaan dari blogspot dan membeli top level domain dari luar (google), maksudnya di Niagahoster. Setelah drama mengganti nama domain dari pramestitalk.id akhirnya saya memakai top level domain lifeascory.com sejak Maret tahun 2017 silam. Bukan apa-apa, saya cuma mau bilang; waktu saya beli di Niagahoster ternyata pelayanannya cepet. Di samping itu saya juga dibantu pengalihan domainnya secara online, jadi menggunakan fitur chat online gitu.

Kalau kalian berniat membuka bisnis secara online dan butuh hosting untuk membangun rumah sendiri dengan top level domain yang keren. Silahkan berkunjung langsung ke niagahoster.co.id (official website). Di sana kalian bisa memilih langsung paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan dengan segala performa dan fasilitas terbaik.

Nah, silahkan dipilih sendiri ya. Kalau mau nanya-nanya dengan cs nya juga langsung bisa chat online yang ruangnya ada di pojok bawah sebelah kanan. Saya sendiri sebagai seorang blogger juga punya keinginan untuk migrasi ke self-hosting, tapi apa daya. Modal yang balik cukup dibelikan domain per tahunnya sebab pengeluaran hidup sehari-hari di samping blogging terasa lebih banyak dan butuh support dari profesi lainnya. Bismillah dulu aja, semoga suatu hari bisa migrasi beneran ke self-hosting, biar nggak malu sama google, numpang gratisan udah hampir tiga tahun. Hehe.

Back to marketing strategy. Saya sendiri ketika mulai memantapkan diri menjadi seorang blogger, hal yang paling sering saya lakukan setelah posting di blog adalah share ke sosial media, baik itu facebook, group, whatsapp, instagram, maupun twitter. Supaya trafik blog juga ikutan naik. Selain mereka mendapatkan informasi secara cuma-cuma, kita juga dapat feedback berupa komentar yang membangun juga kepercayaan pembaca setia.

7. Berikan Edukasi Online Tentang Revolusi Industri dan Cara Memanfaatkannya

Kalau para pendahulu kita (pebisnis online) sudah sukses karena start duluan, kenapa kita tidak start mulai sekarang bukan?

Jangan lupa, setelah kamu berhasil mengaplikasikan keenam tips di atas, berikan edukasi secara online mengenai Revolusi Industri dan cara memanfaatkannya. Supaya orang lain juga paham apa dampak dari perubahan yang terjadi. Semakin mereka paham akan dampak positifnya, semakin mudah pula mereka mengoprek skill yang dipunya menjadi suatu karya yang luar biasa. Jadi, kalo kamu juga bisa sukses dengan cara online, kenapa orang lain tidak kan? Mari berbagi bersama.

Mungkin itulah tips yang bisa saya bagikan kepada kalian tentang bagaimana agar kita sukses dalam menghadapi tantangan revolusi industri di tahun 2019 ini. Kiranya kalau ada yang perlu ditanyakan atau ditambahkan, silahkan tulis semua unek-uneknya di kolom komentar. Mari membangun kesuksesan bersama secara online di tahun yang penuh barokah ini!

Tabik,

Disclaimer: Tulisan ini diikutsertakan Lomba Blog Niagahoster 2019 dengan tema ”Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0”. Semua infografis di sini murni hasil editing saya sendiri dengan bantuan referensi download pilihan grafik dan vector milik freepik.com

Comments

  1. Yup, kita harus mengikuti perkembangan zaman yah kak. Btw tips nya mantab tuh dan memang harus paham dgn strategi marketing era digital.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget kakak. Makasih kak udah mampir :)

      Delete
  2. wah menarik ini tipsnya...begitu lengkap dan padat...semangat deh menghadapi revolusi 2019...

    ReplyDelete
  3. sangat bermanfaat sekali, semoga ja bener bisa memanfaatkan skill di era revolusi ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kak. Aamiin :")
      Thanks for visiting anw.

      Delete
  4. Keren euy! Sekarang emang serba online..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget yess kaaak. Tinggal kedap-kedip doang haha :"D

      Delete
  5. Era Revolusi Industri 4.0 ini menyajikan buanyaaak peluang.
    Asal kita rajin, semangat dan pegang komitmen dgn sungguh2, insyaAllah rezeki itu ngaliiiiirrr lancar

    Aamiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiyaps bener banget mbak. Mugi2 kita tetep rajin dan terus berkarya yess. Barokah terus. Aamiin :")

      Delete
  6. mengenali potensi diri itu penting banget. tentu saja bergabung dengan komunitas untuk mengembangkan diri sebuah keharusan. semoga kita tetap semangat berkarya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps, semangat terus ya kaaak!
      Terus berkarya sesuai dengan skill masing2 :")

      Delete
  7. tipsnya menarik dan info mengenai niagastore-nya lengkap nih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks udah mampir kak :")
      semoga bermanfaat ya kak..

      Delete
  8. Bener banget, Zaman sekarang sklill lebih diutamakan.

    ReplyDelete
  9. Tipsnya kece, selain kreativitas, skill juga penting banget buat semakin ditingkatkan di era sekarang. persaingan makin berat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan, memang bener mbak. Era kompetisi manusianya harus lebih pinter dari robot.

      Delete
  10. Cory udah siap! Udah jadi web design kece, karya infografisnya canggih, pokoke jooosss!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal memulainya dengan bismillah ya maak :)
      Thanks for always supporting me maak..

      Delete
  11. Mantep kak tipsnya :) Menyoal memahami skill yang kita punya bener banget.. Apalagi soal ide gila, sekarang ini memang penikmat karya lebih suka dengan ide yang gila.. Hihi

    ReplyDelete
  12. yep, setuju banget

    harus punya banyak ide dan bergabung di banyak komunitas

    kalo ngga bakal kelelep deh :)

    ReplyDelete
  13. Era online dengan peluang dan tantangannya. Bener, tinggal kita pinter2 menemukan dan mengasah skill.

    ReplyDelete
  14. Ide gila, ya memang harus begitu. Kalo ga 'gila' udah banyak bertebaran di mana-mana..

    ReplyDelete
  15. ya, mengetahui potensi diri adalah salah satu usaha untuk bersaingan dengan derasnya arus yang cepat. kalau nggak bakal tertinggal

    ReplyDelete
  16. Tulisannya mencerahkan banget mbak. Makin paham tentang persiapan apa sjaa utk menyambut revolusi industri 4.0.

    ReplyDelete
  17. Setuju sama semua tipsnya, skill itu memang perlu diasah agar menghasilkan.

    ReplyDelete
  18. Dan baiklah.. kita harus berevolusi juga menyeimbangi revolusi industri hehee makasii udah sharing kakaa :)

    ReplyDelete
  19. Jadi ingat nih bentar lagi harus perpanjang domain blog. Benar banget, sekarang aman serbadigital harus paham arah pasar dan tahu pemasaran yang tepat. Menguasai skill menulis dan desain cocok banget dikembangin jadi bisnis. Apalagi didukung Niagahoster ya. Cakep!

    ReplyDelete
  20. suka tidak suka.. siap tidak siap.. harus dihadapi ya.. tinggal gemana kita menyiapkan segala sesuatunya.. biar gak dilibas jaman. lalu tenggelam...

    ReplyDelete
  21. Terima kasih untuk sharingnya, sangat bermanfaat banget. apa lagi aku baru banget terjun di dunia Blogger ini. Btw, sukses untuk lombanya, mbak :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment above, then click post/ publish.
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Dan please, jangan berikan nama Anonymous di sini, karena jika kita tak saling mengenal maka bisa jadi tak sayang kan. *sok banget :p

Yuk sharing bareng di sini :)
Siapa tau nanti ku kunjungin balik blog kamu. Love you guys.

Contact Form

Name

Email *

Message *