Hello, there !

I’m Cory. I have a huge passion for blogging in general, but I love dabbling in photography and graphic design! I’m a major introvert, which is probably why blogging became such a big hobby of mine. Thanks for stopping by my blog!

for business inquiries,

@lifeascory

What Read Next ?

Melepas Rindu Kuliner Gresik; Bakso Urat Cak Adhim


Mana suaranya para pecinta bakso? Oke, sudah sudah. Sila diturunkan kembali tangannya. Bau keteknya sudah mulai menyengat. Tos dulu deh bahwa kita memang satu spesies kan ya. Homo Baksodisaurus, doyan makan walau kurus. Buat yang gemuk tak boleh iri hati, karena suatu hari nanti pada akhirnya akan ada masa bahwa lemak tubuh manusia yang tertimbun akan terkikis dengan sendirinya melalui diet alami.

Saya adalah salah satu di antara jutaan manusia di belahan dunia ini yang amat sangat mencintai kuliner nusantara yang bernama bakso [meatball]. Jangan ditanya sejak kapan, yang jelas kecintaan saya terhadap bakso terhitung lebih banyak dibanding kecintaan saya terhadap dimsum. Mungkin, bagi sebagian orang yang sudah pernah hidup berdampingan dengan saya masih ingat bahwa saya ini bakso addict. Setiap ada bakso apapun jenisnya pasti saya beli. Inget banget, tengah malam cari bakso sampai ke penghujung Jakarta Selatan, ujung-ujungnya dapat bakso gratisan dari ceu Yani, yang abis kencan dari warung Bakso terenak di kota Cirendeu. Gue dibangunin sampe kaget bener liat bakso urat segede panci (bo'ong sih, gede lah pokoknya mah). Makasih loh beb 😗😘

Lagi-lagi tiap abis maghrib atau isya' nongkrongin abang bakso Malang yang padahal rasa bakso dan kuahnya kadang lewer (ora ngalor ora ngidul). Inilah saya, si penggila bakso sampai segitunya. Jadi bisa dipastikan, untuk selera lidah saya terhadap bakso. Ohoho, jangan coba main-main. Saya pasti komentar kalau sampai kuahnya kurang pas atau baksonya kurang mantap.

Kuliner Khas Gresik ala Bakso Cak Adhim

Selama saya di rumah, ingin rasanya saya pergi kulineran bareng nyokap. Ya, karena kalian tau sendiri kalau selama ini saya LDRan. Hanya di saat seperti inilah momen berduaan romantis itu bisa terealisasi. Akhirnya, setelah beberapa kali menolak diajak keluar, nyokap pun menyerah pada kenyataan bahwa iming-iming saya untuk kulineran memang tak pantas untuk ditolak, apalagi itu 'BAKSO'. 

Bakso Cak Adhim atau biasa anak nggersik kulonan menyebutnya BCA merupakan salah satu kuliner khas Gresik yang dipuja puji para spesies Homo Baksodisaurus sebab cita rasa kuah baksonya yang super enak. Ditambah lagi kikil dan es caonya, semua bikin lidah mengeras merasakan kegetiran rindu mencicipi semangkok bakso asli Padang Bandung ini.

Bakso Urat Jumbo + Kikil. Pict Source: instagram @baksocakadhim 

Untuk bisa menikmati semangkok bakso urat Cak Adhim, saya sendiri harus melakukan perjalanan sejauh 2 km dari rumah. Walau selama hampir satu tahun ini saya menolak untuk naik motor di daerah rawan maut dekat rumah saya, akhirnya saya memberanikan diri demi melepas rindu pada si bakso nan mempesona ini.

Bagi yang belum tahu pasti kalian bertanya-tanya, memangnya di mana sih lokasinya Bakso Kikil Cak Adhim ini. Kok heboh banget kayaknya. Of course, selama saya beli di kios bakso cak Adhim ini selalu ramai pembeli. Bayangin saja, kios ini buka dari pagi dan tutup sekitar jam sembilan malam. Kuah baksonya selalu stand by dan cita rasanya tak pernah berkurang. Lokasinya tepat sebelah kiri jalan raya Desa Padang Bandung, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Jawa Timur kalau dari arah Gresik kota. Kalau masih bingung pakai google maps dong, jangan kalah sama Dora the Explorer.



Apa saja menu Bakso Cak Adhim?

Spesial untuk nyokap, saya persilahkan makan sepuasnya. Tapi sayang, perut cuma muat satu mangkok berisikan setengah porsi lontong, Bakso Urat, Mihun Biru, Kuah spesial dan segelas es cao mantap. Saya sendiri menunya sama seperti nyokap. Tadinya kita mau pesan bakso urat + kikil. Tapi karena kikilnya habis, kami jadi pesan bakso urat saja. Sayang sekali nih, rindunya belum 100% terobati. Kapan-kapan kudu balik lagi.

Untuk menunya sendiri sebenarnya ada dua menu utama yaitu bakso urat dan bakso biasa. Untuk bakso biasa rasanya ya halus gitu, mungkin hanya ada sedikit sentuhan uratnya. Kalau untuk urat sendiri benar-benar kerasa banget daging kasarannya. Ditambah lagi ada gajih kerasnya, jadi semakin maknyus. Bakso urat sendiri pun ada dua pilihan, ada bakso urat porsi biasa dan ada bakso urat porsi jumbo. Masing-masing porsi bisa ditambah kikil sesuai harga dan selera.

Menu hari ini Bakso Cak Adhim. Lengkap dengan harganya. Source: instagram @baksocakadhim
Untuk pilihan minumnya pun beragam. Ada es teh (tawar dan manis), es nutrisari, es cao, dan es kelapa. Kalau saya sih doyan es caonya, karena ya biasa saja dong ya kalau pesan es yang lainnya. Semuanya sudah sering saya nikmati sewaktu tinggal di Jakarta.

Harganya pun merakyat sekali. Untuk rasa yang begitu memikat hati dan minta dirindukan terus-terusan, harga semangkok bakso di oulet cak Adhim ini cuma dibandrol mulai dari Rp. 12,000 saja. Kami saja kemarin berdua cuma habis Rp. 30,000 untuk 2 mangkok Bakso Urat + 1 Lontong + 2 Gelas Es cao. Murah banget kan? Itu saja bikin kami berdua kenyang sak ndalan-ndalan. Mau makan di rumah saja jadi malas, padahal menunya juga kuah ayam. Heemmm, bakalan balik lagi deh ya ke outlet cak Adhim nanti.

Detik-detik terakhir menghabiskan bakso urat yang super hemat
Ini juga sih salah satu alasan yang bikin rindu ingin pulang ke kota santri nan sumpek ini. Selain menjadi pusat kota industri terbesarnya Provinsi Jawa Timur, Gresik juga surganya wisata heritage dan kuliner loh. Nggak percaya? Ayo ke Gresik makanya!

Oiya, big thanks to nyokap udah mau diajak kulineran sampai ke ujung kulon kota Gresik (ya walau belum kulon banget sih). Yang penting perjalanannya mengasyikkan ya bun. Love you more pokoknya, semoga bisa kulineran bareng terus :3

Tabik,

Rate for Bakso Cak Adhim
★☆
4,5 of 5 Stars
(Muantep Banget rek!)

Alamat lengkap:
Jl. Raya Padangbandung, Bandung, Padang Bandung, Dukun,
Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61155
....

Comments

  1. Wkwkkw aku jg spesies baksodisaurus kak. Boleh lah ntr diajak ksni nek aku ke Gresik hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, toss deh kak. Monggo kak mampir ke Bakso Cak Adhim :)

      Delete
  2. Sy penyuka bakso... Tp blom pernah ke sana sih... Apalgi bakso uratnya aduh full amat yah mangkoknya... Pastinya endezzz... Apalg pk sambel yg banyakkk slurrrp...ampe bibir berasa jontor hi hi. Tuh liat aja ampe bersih 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk iya mbak hen. Sampek nangis2 kejer. Saking endeusnya. Ayo mbak ke sini 😊

      Delete
  3. Di GKB juga ada bakso yg endeusss.
    Trus jual es campur/es teler yang uenaaakk paraaahh
    Duh, jadi rindu jalan2 ke Gresik euyyy
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, bisa jadi next kuliner deh buatku and nyokap. GKB ya. Ayo sih mbak ke Gresik lagi, nanti kulineran kitaaaa 😂

      Delete
  4. Pernah makan bakso yg di petro itu enak, mungkin next time bisa coba yg ini. Thanks infonya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku malah belom nyoba yg di petro mbak. Bolehlah nanti next kulinernya 😁

      Delete
  5. Nggak akan pernah ketinggalan sama kuliner yang satu ini. Harganya murah sensasi dagingnya kalau digigit enak gitu looh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, pastinya mbak. Saingan ama kebab yess. 😁

      Delete
  6. Aku juga pecinta bakso kak.. Klo lagi pergi pengennya ngebakso aja gitu.. Wkwkwk..
    Kayaknya enak yaa bakso BCA ini.. Ku lihat fotonya jadi ngiler.. Huhu.. BTW, senang yaa klo bisa jalan bareng sama orang tua.. Senang aku lihatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, sama de. Aku juga gitu 😂 di manak2 kalo lagi laper bawaannya pengen ngebakso, apalagi kalo lagi jalan2 di jakarta bawaannya pengen ngebakso + es kelapa. Duh, mantep banget duh gusti 😁

      Delete
  7. Duh ngiler rek..

    Kpn2 pas explore gresik mau kesini ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ojok ngiler ae mbak. Ndang ke gresik sini. Wajib dan kudu pokoknya nyobain BCA ini. Sampek sak waregke 😁

      Delete
  8. jaman sekarang bakso banyak yang pedes2 ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak.. tapi aku lebih suka yang biasa aja. yang nggak terlalu pedes :D

      Delete
  9. Jadi nginep neh, kebetulan bakso adalah makanan favorit

    ReplyDelete
  10. Hai Mbak Cory, aku juga penggemar ber baksoan, hehe. Ntr kalo ke Gresik, mungkin bisa kesini ya.

    Thanks for sharing, kakak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah satu spesies juga ya hehe. Boleh banget mbak, harga merakyat cita rasa bangsawan :D

      Delete
  11. Botol saosnya juga legenda banget tuh mbak. Aduhh..aku jd laper liat fotomu lagi makn bakso.

    ReplyDelete

Post a Comment

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment above, then click post/ publish.
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Dan please, jangan berikan nama Anonymous di sini, karena jika kita tak saling mengenal maka bisa jadi tak sayang kan. *sok banget :p

Yuk sharing bareng di sini :)
Siapa tau nanti ku kunjungin balik blog kamu. Love you guys.