Hello, i'm Cory!

a blogger from Gresik, East Java, living in Jekardah, Indonesia. I love so much graphic design, travel and photography. Thanks for stopping by my blog and hope y'll enjoy!

for business inquiries,

Cory Pramesti

What Read Next

Proud to be a Blogger: Ketika Gadis Desa Nongol di Teve

Blogging for some people is the method used to escape reality. It’s a hobby that allows you delve into a deeper, sometimes more hidden area of your self that you don’t particularly show off in public. Feel free talk about your love and hate, right? Tos dulu! *Prok
Tidak ada bayangan sama sekali bahwa saya akan menjadi ini, bahwa saya akan melakukan itu, bahwa saya telah berani begini, bahwa saya sanggup menjadi begitu ketika awal kali saya menulis di blog. Seperti yang dilakukan oleh blogger lain kebanyakan, semua tulisan di blog dulunya hampir 80% berisi my other side of my personality. Seperti menulis puisi, cerpen, ulasan komik sederhana yang saya bikin, bahkan diselingi dengan curhatan. Saya yang introvert dan terlihat pendiam di mata orang lain ternyata doyan menuangkan khayalan ke dalam sebuah tulisan. Ya begitulah awal kisah saya menginjakkan kaki di dunia perbloggeran.


Menjadi salah satu orang yang berani keluar dari zona nyaman saja saya sudah sangat bersyukur. Apalagi ditambah pengalaman-pengalaman yang tak terduga, rasanya saya harus sujud tersungkur di hadapan sang Maha Kuasa untuk berterima kasih sebanyak-banyaknya. Tidak ada yang perlu saya sombongkan ketika Allah memberitahu bahwa di atas langit masih ada langit lagi. Cukup menjadi orang yang bermanfaat bagi makhluk Allah yang lain rasanya sudah menjadi kebahagiaan luar biasa. Lalu apa yang perlu saya banggakan selama menjadi seorang blogger (narablog)?

Sebuah Perjalanan . . .

✦ C O R Y    a n d    H E R    J O U R N E Y  

Dari namanya saja, mungkin kalian sudah bisa menebak sendiri. Kira-kira topik apa yang telah menjadi konten dominan di blog saya. Betul, semua berisi perjalanan hidup yang saya alami beserta hiruk pikuk perjuangan dan penyelesaian yang mungkin bisa menjadikan siapapun termotivasi. Apa yang saya lakukan dan apa yang saya dapatkan dengan berbagai macam hard work dan gift mungkin bisa diambil sisi positifnya di sini. Semua yang saya lakukan pada mulanya memang untuk mengisi waktu luang sekaligus hiburan di samping status saya sebagai mahasiswa. Tapi semakin kesini, kok ya ada juga yang menawarkan jasa paid promote atau kerja sama promosi di blog. Alhamdulillah, saya jadi makin semangat nulis karena ternyata ada yang menghargai lebih tulisan saya.

Orang lain yang mengenal saya seperti teman satu asrama, satu kampus, maupun satu organisasi tidak semua pro (setuju atau menyukai) apa yang saya kerjakan dan saya dapatkan pada mulanya (mungkin ada juga yang sampai sekarang). Mereka memandang bahwa saya hanyalah mencari sensasi biar lebih dikenal orang, biar bisa memiliki banyak penggemar (ngaco), dan bisa bergaya ala-ala artis dan selebgram dunia maya. Padahal sejatinya, saya tidak pernah berharap selebih itu selain bisa sharing dan berteman dengan lebih banyak orang yang status keilmuannya lebih hebat dari saya di luar sana. Apalagi dulu saya sering kali mendapat kiriman sample gratisan dari beberapa situs pemberi hadiah, mereka berpikir bahwa saya ini boros dan tidak tahu diri karena saya memang bukan anak bangsawan. Tanpa dikoreksi dulu benar tidaknya yang saya sampaikan, mereka terus saja meremehkan dan su'udzon. Lagi-lagi saya harus berhadapan dengan situasi status sosial dan profesionalitas menggarap hobi menjadi sesuatu yang menghasilkan. Kenapa sih, kalian rewel banget?
Acap kali saya jelaskan bahwa hampir semua barang yang saya punya seperti makeup, makanan, pakaian, atau yang lainnya adalah hasil giveaway, lomba, atau ngeblog, mereka seolah tidak percaya. Bahkan ada yang bilang, "apaan sih, kerja kok di blog, yang nyata-nyata wae atuh, yang jelas pendapatan per bulannya berapa, hobi kok nulis di blog mulu, ngadekem di kamar mulu, kagak bersosialisi gitu sama manusia yang lain". Damn! Saya seolah ditampar habis-habisan oleh satu kalimat yang membuat saya berpikir, apakah menjadi seorang blogger seremeh itu? Apa yang salah punya profesi sebagai seorang blogger? I think setiap orang punya kesempatan kerja sesuai skill yang dimiliki kok, jadi menurut saya ya sah-sah saja mau jadi blogger sekalipun. Akhirnya tamparan itu semakin membuat saya semangat untuk merealisasikan bahwa hobi yang dibayar adalah sebuah pekerjaan dan ibadah yang menyenangkan sekali.

Mulai berbagi tips ngeblog . . .

Meski rank dan value ngeblog saya selama satu tahun pertama masih rendah, tapi di tahun itu jugalah saya mulai berani bersosialisasi dengan teman-teman blogger lainnya. Gabung di komunitas blogger dan bantu siapapun yang ingin belajar bikin blog. Karena menurut saya, kegiatan ngeblog adalah salah satu sarana bagi siapapun yang memiliki skill menulis. Meski skillnya masih sebiji jagung, jika diasah terus menerus melalui ngeblog, insyaallah lambat laun akan mengalami perkembangan dan kemajuan menjadi tulisan yang profesional. Lagi pula, ngeblog (nulis di blog) kan tidak terlalu dituntut untuk sesuai EYD. Semua orang bisa berekspresi sesuai karakter mereka. Let's get write!
Awal tahun 2017 saya mulai mengenal Blogger Jakarta dan mulai bergabung di komunitasnya. Dari situlah saya mulai berani ikut event yang diadakan oleh komunitas Blogger Jakarta. Big thanks to Mas Ichsan (head of BlogJak masa itu). Tak lama kemudian saya dapat job review, paid promote, buzzer dari komunitas blogjak juga. Saya jadi makin semangat ngeblog, ternyata ngeblog bisa menghasilkan uang juga ya, pikir saya waktu itu. Penyesalan masa lalu tentang bisa ngirim tulisan ke media massa dan ke penerbit akhirnya mulai terbayar juga, meskipun sedikit. Tapi tetap, sampai saat ini harapan itu masih saya simpan dan saya perjuangkan. (be an Author and Novelis)

Baca Juga: Berkelana di Dua Kota Bersama Mobil Nissan New Grand Livina

Semakin hari saya jadi semakin berani terbuka dan ikut komunitas blogger lainnya seperti Kelas Blogger, Blogger Crony, Sociolla Blogger Network, Blogger Perempuan, Blogger Muslimah, Komunitas Emak Blogger, Warung Blogger dan lain sebagainya. Makin lama ternyata saya makin kebanjiran job review atau yang lainnya di blog dan sosial media yang saya punya. Produk gratisan yang harus direview juga makin banyak. Dan makin kesini juga ternyata orang-orang di sekitar saya telah menghargai pekerjaan yang saya lakukan di samping kuliah. Dibuktikan dengan semakin banyaknya komentar positif secara terbuka di dunia nyata dan mereka menyatakan ingin belajar serius menyoal blogging juga. Ya, meskipun masih banyak juga yang nyinyir, tapi biarin wes, sak karepe, itu hak mereka mau menila saya dan pekerjaan saya seperti apa.

Saya sadar, saya bukanlah siapa-siapa di mata blogger dan penulis hebat di luar sana, tulisan saya juga begini adanya. Saya pun masih terus menggali dan belajar lebih tentang kepenulisan. I hope so much, tulisan saya bisa diterima pembaca dengan bahagia dan bangga. Untuk mengajar pun saya masih kategori guru baru, kurang begitu banyak wawasan dan demam panggung (belajarnya tujuh hari tujuh malam sebelum the day, tapi begitu mulai bicara sudah hampir mau pipis di celana, saking deg -degannya). Tapi saya bersyukur sih, karena saya jadi tau. Oh, jadi begini toh rasanya jadi pembicara.

As a speaker about blogging for the first time . . .

Apa gunanya bahagia jikalau hanya dirasakan seorang diri saja? Apa pentingnya kilauan materi jika tak pernah berbagi? -Nodi aka Adhi Nugroho, Blogger
Yap, bener banget apa yang dibilang Bang Nodi. Apa gunanya bahagia jikalau hanya dirasakan seorang diri saja? Saya selalu merasa bahagia ketika profesi saya menjadi seorang Blogger tersalurkan dan bermanfaat bagi siapa saja. Saya selalu ingin berbagi melalui tulisan saya. Dan alhamdulillah banget rasanya, ketika pertama kali diberi kesempatan untuk mengisi materi tentang menulis, khususnya blogging dan desain di depan semua peserta dari berbagai daerah. Karena ini acaranya SKK (Sekolah Kader KOPRI) Se-Pulau Jawa dan Sumatera, saya jadi punya kesempatan lebih untuk mencari dan berbagi. Mencari seorang peserta untuk berbagi juga (di daerahnya) dan berbagi tentang seluruh pengalaman yang saya dapat selama ngeblog/ menjadi narablog. Big thanks to KOPRI Cabang Ciputat atas kesempatannya. Terlebih untuk Imas Maesaroh, SH (head of kopri pc ciputat masa itu).

Setelah 2017 diakhiri dengan pengalaman luar biasa menjadi salah satu narasumber di acara yang lumayan gede oleh salah satu organisasi ekstra kampus di UIN Jakarta, kembali saya menikmati beberapa kebahagiaan dan cobaan sebagai seorang narablog di tahun 2018. Tapi meski selama satu tahun kemarin saya diuji dengan beberapa kejutan yang Allah berikan selama awal sampai pertengahan tahun yang sungguh menguras batin, kantong tabungan dan juga tenaga, tapi Alhamdulillahnya lagi saya jadi Juara 4 Lomba Blog untuk pertama kalinya (pertama nyoba ikut dan pertama kalinya juga menang) oleh salah satu Agen Travel Muslim Cheria Holiday. Dan juga punya kesempatan untuk jalan-jalan Keliling Kota Tangerang bersama beberapa Travel Blogger lainnya di akhir tahun 2018. 

Baca Juga: Rasanya Jadi Selebgram di Kampung Bekelir

Dan yang terakhir adalah kejutan tak terduga lagi yang Allah berikan di akhir tahun 2018. Sekitar bulan September tahun kemarin. Saya diberi kesempatan untuk menjadi tamu spesial program talkshow milik NU Channel, yaitu NGAPEL (Ngobrol Asyik Pelajar) di Jakarta Pusat. Lagi-lagi kesempatan untuk bisa berbicara di depan umum dan sharing tentang minat bakat yang saya miliki diberikan oleh Allah secara cuma-cuma. Setelah beberapa tahun vakum (semenjak lulus SMA) dan hanya aktif sebagai MC Seminar saja di kampus, rasanya saya bahagia sekali. Rindu yang berbalas ternyata begitu nikmat.


Sebenarnya, program ini hanya ada di channel youtube NU Channel, tapi entah kenapa waktu saya memberitahukan di grup keluarga, mereka bilang tayangan ini juga tampil di stasiun TV lokal Jawa Timur. Entah JTV apa stasiun apa gitu. Sayangnya kabar tersebut hanya tersampaikan lewat mulut dan chatting saja. Tidak ada bukti foto saat mereka nonton. Lhowalah, hoax dong? Berharap sih tidak. Karena dengan tersampaikannya sharing saya di video ini, saya jadi bisa memotivasi siapapun yang sedang menonton videonya. Bahwa siapapun berhak mendapatkan pekerjaan yang layak dan sukses sesuai dengan bakat yang mereka miliki, khususnya dibidang tulis menulis dan seni.

Senang sih ketika mereka bercerita dengan penuh bahagia dan antusias banget, serasa bangga punya keluarga seperti saya. Seorang gadis desa yang biasa dan penuh cerita ternyata bisa juga berbagi dengan siapa saja. Alhamdulillah sangat-sangat, saya langsung (jadi) tersedu, begitu terharu. Mereka yang biasa acuh dan tak peduli pun langsung ikut nge-share dan melihat siaran ulangnya di youtube. Kalau bahagia bisa dibagi-bagi meski dari hal yang sereceh/ sekecil apapun seperti ini, kenapa tidak? Right?

Resolusi sebagai seorang blogger . . . 

Jadi sebenarnya, apa yang patut dibanggakan dari saya?

I'm proud to be a Blogger, dan sungguh sangat bangga ketika saya bisa merasakan momen-momen spesial seperti sharing session sebagai seorang pembicara dan narasumber kemarin, sehingga ilmu yang saya dapat juga tersampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya para pemuda yang masih punya semangat untuk mengembangkan potensi terbaiknya. Di setiap tahun, pastinya ada momen yang tak terlupakan selama menjadi blogger. Dan itulah momen spesial yang telah mengiringi hidup saya sebagai seorang blogger selama tiga tahun ini.

Resolusinya adalah terus menulis di blog dengan karya yang lebih hebat dari sebelumnya, dan berharap ada momen spesial yang lebih lagi selain menjadi seorang Blogger di Tahun 2019 ini. Be an author and novelis maybe. Amin Allahumma Amin.

Semoga selalu berkah dan dinanti karya-karya selanjutnya. Amin.
Apa momen spesial yang kalian dapat dari minat dan bakat yang kalian miliki selama ini? Sila share di kolom komentar ya! :)

Tabik,

Comments

  1. Kak Cory.. Keren banget sih infografisnya dan tulisannya :)
    Bermanfaat sekali tulisannya..

    BTW, momen spesialku adalah ketika aku menemukan jati diri saat menulis blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Ampuuuun.. Makasih banyak syg.. Alhamdulillaaah :")

      Delete
  2. Mantul! Semoga tetap istiqomah berbagi kebaikan yha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Makasih banyak kak. Thanks udah mampir :")

      Delete
  3. Mantul! Semoga tetap istiqomah berbagi kebaikan yha...

    ReplyDelete
  4. Kak Cory menginspirasi banget. Ilmunya sudah mengalir ke mana-mana. Semoga berkah ya, Kak. Sukses terus. Btw, saya mau join Blogger Jakarta juga dong, Kak. Caranya bagaimana, ya? Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah. Aamiin kak. Makasih banyak. Semoga bisa terus menginspirasi dalam kebaikan. 😊

      Hehe, boleh kak. Langsung aja ke websitenya bloggerjakarta.com atau liat dari ig nya duku @bloggerjakarta

      Delete
  5. Tulisan yg inspiring....semoga profesi blogger makin dikenal banyak orang sebagai profesi yg gemilang dan bukan sekedar menyalurkan hobi di waktu senggang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba yuni ❤
      Aamin, semoga maqbul 😊

      Delete
  6. Nice! Postinganmu juga makin keren dari hari kehari, bikin semangat pengen ngeblog juga hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Thanks beeeeebb 😙
      Mangaaatseeeeeee! 💃

      Delete
  7. Assalamu alaikum Wr.Wb.

    Akhirnya, sampailah aku mendarat di blognya kakak hits yang satu ini. Keren kak pengalaman dan inspirasinya. Semoga bisa menular ke aku ya. Aaamiin. Tetaplah menginspirasi and do not ever care with those people who try to make you down. Let them bark.... Hehehe ..

    Salam hangat dari Bangfirman.com :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam warahmatullah..

      Hehe makasih kak udah berkunjung 😊 Aamiin. Semoga bisa menular ke aku juga kak hoki menang lomba blognya macam kakak. Keep inspiring jg ya kak. Siaaap petuahnya. Hehe

      Delete
  8. wah semoga resolusi di tahun 2019 ini tercapai ya mbak, bahkan mungkin bisa melebihi resolusi 2019nya, dan semoga terus bisa memberikan manfaat kepada semua pembaca di Indonesia

    ReplyDelete
  9. kak cory kerem banget pengalamannya.. semoga aku dapat belajar banyak dari kak cory..amiin.

    ReplyDelete
  10. tuh yang awalnya menganggap blogger cuma kegiatan remeh temeh kurang produktif jadi terdiam XD, mereka belum tau aja kalau jadi blogger juga menjanjikan sama halnya dengan pekerjaan lainnya, bahkan lebih dari itu malah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Bener banget kak 😂
      Aamiin. Thanks udah berkunjung kaak.

      Delete
  11. kereeeennnnn..... meski ndeso tapi rejeki kutho kan hehehe

    ReplyDelete
  12. Keren cory, terus menginspirasi ya

    ReplyDelete
  13. kalo baca ttg beberapa org ug meremehkan profesi blogger, untung yaa org itu blm ketemu dan ngomong begitu dpn aku :D. bisa aku bls balik omongannya. ga ngerti ada aja org yg pikirannya cupet banget. seolah hidup di zaman dulu.. pdhl udh kenal HP dan internet gitu loh..

    sukses trus sebagai bloggernya mba cory :). walopun aku menulis blog, tp sejauh ini baru hanya utk nyalurin hobi traveling. tp aku slalu suka baca blog2 temen yg yg lain apalagi yg kerja sbg full time blogger. belajar dr mereka cara menulis yg baik, dll nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mbak. Sok atuh dikasih petuah2nya ke mereka 😁

      Aamiin. Sukses juga ya mba Fanny. Semangaaat mbaaak! ❤ ini aku jg lagi belajar. Mulai jadi full time blogger 😊

      Delete
  14. Sukses selalu ya Coryyyy!!! SUka banget sama infografisnya, lucu tapi dapet banget pesennya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaww. Makasih banyak mbak el udah mampir kesini. Aamiin. Sukses juga buat mbak el & dedek gaya. Sehat2 terus ya ❤

      Delete
  15. Makin keren infografisnya cory mantab, permasalahan kita sama, yaitu STATUS SOSIAL wkwkkwkw gpp ngeblog itu jg ibadah kok, semangattttt :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, toooos kaaak!
      Iyapsss. Kegiatan Blogging kan positif jadi bernilai ibadah juga dong :)
      Hehe, Mangaattseeee ❤❤

      Delete
  16. Halo kak,

    waa keren sekali.. kakaknya kreatif banget ya.

    momen special saya dulu banyak banget pas lagi rajin2nya ikutan kontes blog, sampe bisa panen hadiah dari blog, sayangnya sekarang mulai meredup, resolusi 2019 ini semoga saya semakin rajin lagi.. hihii

    salam kenal kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Susan, thanks udah berkunjung :)
      Makasih kak ❤

      Waah, semoga nular ke aku ya mbak panennya. Hehe
      Aamiin.. Salam kenal juga kak..

      Delete
  17. ((kagak bersosialisasi)) hoho. Dengerin komentar orang ngga ada habisnya ya. Mangaatss terus kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiyaps, jadi biarkan berlalu aja ya mbak. hehe :")
      Mangaaats juga kak. Thanks anw ❤

      Delete
  18. Wah, kece sekali Kak Cory. Pengalamannya menginspirasi untuk selalu berkarya dan berinovasi. Terima kasih atas tulisan yang memberikan energi positif ini.
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah. Terimakasih supportnya kak. Salam kenal juga yaa 😊

      Delete
  19. apaan sih, kerja kok di blog, yang nyata-nyata wae atuh, yang jelas pendapatan per bulannya berapa, hobi kok nulis di blog mulu, ngadekem di kamar mulu, kagak bersosialisi gitu sama manusia yang lain".

    Ini kalimat pamungkas yang sering dilontarkan mereka yang belum paham tentang profesi sebagai narablog. Untung aku sudah membuktikan kepada mereka bahwa profesi ini mampu menjanjikan masa depan*

    ~ semangat berkarya, Cory ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps, mari kita semangat ngeblog kaaaak 😊🥳

      Delete
  20. Hai Kak...
    Wah keren sekali perjalanannya di duunia blogging, sangat menginspirasi dan memotivasi aku yang masih newbie.
    Semangat selalu ya Kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo.. makasih supportnya..
      Semangat yaa yaa kamuuuu 😊👩🏻‍💻✨

      Delete
  21. Salam kenal, kak.
    Artikelnya menginspirasi dan pengin belajar banyak tentang perbloggingan seperti kesuksesan yang kak Cory raih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga ya..
      Terimakasih supportnya..
      Hayuk menyusul juga segera 😊

      Delete

Post a Comment

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment above, then click post/ publish.
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Dan please, jangan berikan nama Anonymous di sini, karena jika kita tak saling mengenal maka bisa jadi tak sayang kan. *sok banget :p

Yuk sharing bareng di sini :)
Siapa tau nanti ku kunjungin balik blog kamu. Love you guys.

Contact Form

Name

Email *

Message *