Blogspot Kamu Belum TLD? Ganti ke Domain .blog Yuk ! #MakinMudah Pakai Jagoan Hosting


Rasanya baru kemarin saya bikin blog. Tapi ternyata, bentar lagi blog saya akan berulang tahun yang ketiga kalinya. Benar, usianya sudah hampir tiga tahun memasuki awal tahun 2019 ini. Semoga segala berkah melimpah di tahun ini ya, nak. Amin.

Sejak saya bikin blog tahun 2016 silam. Sampai detik ini pun masih banyak sekali teman lama atau siapa pun yang tiba-tiba nongol pengen ikutan bikin blog juga. Katanya biar kaya mendadak bisa menerbitkan buku dan ada sejarah kepenulisannya. Rata-rata sih pengen jadi novelis yang berawal dari blog macam bang Raditya Dika. Biar pun kebanyakan berawal dari curhat sih ya. Tidak ada kata terlambat memang. Saya bilang, "yasudah bikin blog segera sana!" mereka akhirnya eksekusi.

Baca juga:

Ngomongin soal blogging, ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu pemilihan platform dan domain (beserta namanya). Untuk platform sendiri saya menyarankan dua opsi yaitu blogspot dan wordpress. Tergantung seberapa mudah mereka paham memakai platform yang mereka pilih. Dari mulai posting, editing, hingga berbicara soal web hosting. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi kalau harus mengikuti jejak saya sih, saya memilih pakai platform blogspot. Karena saya kurang paham (menyoal plug in terpisah) di wordpress, cara memasang domainnya pun saya rasa lebih mudah dan harganya terjangkau (cuma beli domain saja, free web hosting). Secara tampilan pun saya rasa lebih gampang menyesuaikan dan mengedit htmlnya di blogspot. Terus, bagaimana cara memilih domain untuk blogger pemula seperti saya?

Pilih domain .blog untuk website pribadi


Untuk menjadi blogger profesional, peningkatan performa saya rasa sangat penting untuk menunjang profesionalitas jenjang karir dunia perbloggeran. Secara, sampai saat ini makin banyak ditemukan peluang pekerjaan dan mengucurnya pundi-pundi rupiah dari usaha tulis menulis di blog. Jadi, tidak heran juga sih, banyak blogger pemula yang tengah berusaha mati-matian untuk menulis hebat dan mengatur segala performa terbaiknya di blog. Seperti mengganti sub domain dari platform bawaan yang tak berbayar alias gratis menjadi Top Level Domain (TLD) dengan berbagai macam nama domain yang dirasa unik untuk membranding website pribadinya. Amazing!

Saya sendiri bertransformasi ke TLD sejak tahun 2017 silam. Setelah satu tahun menikmati gratisan subdomain bawaan blogspot, akhirnya saya berdiri tegak untuk mendirikan sebuah blog profesional dengan domain .com. Tapi dengar-dengar, ada domain baru yang bikin geger sejagat maya dunia perbloggeran deh ya. Siapakah dia? Kenapa harus dia? Yang tiba-tiba muncul dua tahun silam lalu terkenal dengan keunikannya? Benar sekali, dialah domain .blog yang mungkin banyak dari kalian yang belum tahu benarkah dia sudah selevel .com, .net, .id, dan sejajarannya. Mari kita ketahui bersama!

Domain .blog belum banyak yang pakai, siapa yang boleh pakai?

Yass, karena domain .blog ini tergolong masih baru alias masih kinyis-kinyis, so pasti banyak dari kalian yang belum tahu apalagi memakai domain ini. Dan pasti banyak juga yang meremehkan kekuatan super milik .blog ini. Nggak percaya kalau dia punya kekuatan super? Sini saya bisikin!

Meskipun domain .blog ini usianya masih piyik alias masih sekitar dua tahun lalu, tapi domain ini sudah naik pangkat setingkat .com, .net, .id, atau domain-domain termasyhur yang lain. Buktinya? Seorang pelopor blogging, Dave Winer saja (yang menggunakan software blogging sendiri, 1999.io) menggandeng .blog dan menamai alamat webnya dengan dave.blog. Hebat kan? Pastinya.

Question: tapi kenapa masih belum banyak yang pakai kak?
Answer: you know, dia masih baru lahir, masih baru dipromosikan, masih banyak yang belum tahu, dan masih menjadi nama domain terunik dari domain-domain termasyhur yang lainnya. Jadi wajar kalau banyak yang belum tahu. Makanya, kalian pakai juga biar makin banyak yang tahu.

Question: kok kakak nggak pakai .blog juga?
Answer: saya baru beberapa bulan yang lalu memperpanjang masa aktif domain, dan saya juga baru kenalan sama .blog, kalau saya tahu .blog lebih awal mungkin saya juga akan pakai .blog!

Question: Siapa aja sih kak yang boleh pakai .blog?
Answer: Siapa pun yang sudah memiliki blog baik di platform blogspot atau wordpress. Terlebih buat ngebranding diri atau karya kita. Bukan untuk jualan ya.   

Karena .blog itu unik, tidak seperti yang lainnya. Terus berasa ngebranding banget kalau si pemakai adalah seorang blogger. Jadi kenapa harus ragu menggandeng dia?

Memakai .blog website kita lebih mudah ditemukan nggak sih?


Of course, saya setuju kalau ada yang bertanya soal kemudahan .blog ditemukan. Dan tentunya, si pencipta TLD baru .blog juga tidak akan tinggal diam dong. Secara, di tahun pertama peluncuran .blog sudah ada sekitar 250,000 pengguna di dunia dengan platform yang berbeda-beda, dan diperkirakan akan ada banyak lagi yang mengikuti jejak mereka, termasuk saya sendiri, insyaallah. 

Dan seperti yang kalian ketahui juga, bahwa google baru saja memperbarui algoritma terbaiknya untuk lebih mengenali Top Level Domain (TLD) baru termasuk .blog ini. Menurutnya, "akhiran nama domain baru tidak diperlakukan berbeda dengan nama domain tradisional seperti .com atau .org. Nama domain dengan akhiran baru akan ditampilkan dalam pencarian sama seperti nama domain lainnya. Misalnya jika ada yang mencari situs/ blog pribadi seseorang beralamatkan Coffee Club, maka orang itu akan menemukan coffee.club (domain .club) pada URL mereka"

Question: Apa yang dapat kita lakukan secara pribadi untuk membuat alamat baru yang lebih mudah ditemukan? Jawabannya adalah memenuhi harapan pengunjung. Seperti apa? Jika kita berprofesi sebagai seorang blogger, ya kitanya harus pinter bikin konten kreatif, informatif, atau yang terpenting bikin betah pengunjung. Alangkah lebih uniknya lagi ketika orang lain mengingat situs website kita dengan domain .blog yang mungkin saja bisa ngebranding dengan cepat website pribadi kita. Misal, nama blog kita adalah Jurnal Jasmine, maka nama domain yang kita pakai adalah jurnaljasmine.blog, dan saya pikir orang lain juga bakal banyak yang ingat kalau Jasmine punya blog yang beralamatkan itu.

Mahal nggak sih harga domain .blog? Di mana Belinya?


Tidak usah membayangkan yang terlalu menyakiti perasaan, bahwa semua harga domain terbaru itu rata-rata mahal. Buktinya .blog masih bisa dijangkau sama pedagang asongan. Emang berapa harganya? Harga promo saja cuma 25,000 Rupiah/ per-Tahun loh. Bahkan kemarin sempat ada promo lagi cuma 18,000 Rupiah/ per-Tahun (tapi sayang sampai tanggal 9 Januari 2019 doang). Di mana? Jagoan Hosting! Kebayang untungnya nggak sih? Setahun cuma 18ribu, kita sudah bisa pamer TLD ke semua teman dan makin semangat juga ngeblognya.

Belum tau juga apa itu Jagoan Hosting? Jadi, jagoan hosting itu merupakan penyedia layanan web hosting murah di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2007 yang dikhususkan untuk melayani customer entry-level yang menginginkan web hosting murah dan kualitas hosting handal dan juga domain murah. Cari Domain Murah? Di sini dong.

#MakinMudah Pakai Jagoan Hosting


Balik lagi ke pilihan pertama, kita mau pilih platform blogspot apa wordpress. Saya sarankan jangan ikut-ikutan orang, yang terpenting adalah menyesuaikan selera dan kebutuhan kita sendiri saat ngeblog. Kalau kalian nyaman dengan performa blogspot ya mending pakai blogspot (lebih simpel, sederhana, dan mudah edit html), tapi kalau kalian tipe orang yang suka berpetualang dengan mengoprek segala sesuatunya (dari mulai tampilan, plug in, dan lain sebagainya), ya mending pakai wordpress saja, karena kelebihan wordpress sebenarnya banyak sekali dibanding blogspot. Tinggal kitanya saja, bisa apa nggak ngopreknya dan kuat apa nggak menyiapkan budget untuk bereksplorasi dengan kelebihan itu semua. Kalau saya sendiri sih belum siap. *tepok jidat sambil lari terbirit-birit

Kadang saya sendiri merasa iri ketika buka salah satu situs yang tampilannya clean banget, tapi bikin betah pas baca postingannya. Rata-rata mereka pakai platform wordpress yang dengan rela mengeluarkan uang bulanan demi tampilan blognya yang ciamik. Semacam responsive slider, tata letaknya yang super macam-macam, paragrafnya yang oke punya, juga infografisnya berbintang tralala. Sungguh, saya merasa iri. Jujur, saya memang masih belum siap untuk mengeluarkan budget segitu banyak untuk ngeblog, karena rata-rata pengeluaran saya lebih banyak dibanding pemasukan. Tapi saya masih ada keinginan untuk bertransformasi ke wordpress entah kapan, karena sekarang masih nyaman dengan blogspot yang gratisan web hostingnya.

Apalagi saat melihat promo yang ditawarkan sama Jagoan Hosting, rasanya saya ingin buru-buru berpindah haluan ke wordpress atau bikin blog baru lagi lengkap dengan web hosting.


Harga dimulai dari 5,000/ per-bulan sudah bisa menikmati cloud hosting fame. Kalau kebutuhannya tidak banyak atau hanya sekedar tulis menulis sih hosting 500MB Space ini cocok buat kalian yang masih pemula. Tapi kalau untuk blog saya sendiri ya no no saja pakai yang sedikit space gitu, karena dari sekian banyak perhitungan yang saya kalkulasikan kira-kira blog saya dari tahun 2016 ini membutuhkan storage yang unlimited space. Secara, saya orangnya perfeksionis banget. Kalau saya bertransformasi ke wordpress, mungkin dari tampilan saja sudah banyak yang akan saya tambahkan. Otomatis plug in bisa bertebaran dimana-mana. Banyak maunya. Belum lagi foto-foto dari setiap postingnya, infografisnya, semua pasti membutuhkan ruang yang lebih. Jadi, kemungkinan saya akan mengambil paket cloud hosting superstar. Woho, berasa superstar banget ya blog "Cory and Her Journey". Amin sih, semoga suatu hari nanti saya bisa merealisasikan hajat ini. Sekarang nyicil-nyicil belajar dulu sembari nabung, karena untuk tampilan sekece blognya Jessica Slaughter juga harus bayar themes.

Kenapa harus beli di Jagoan Hosting sih kak?


Selain terpercaya (sudah ada sejak tahun 2007), Jagoan Hosting juga selalu mendapatkan rate 4.4/5 bintang dari setiap konsumennya. Rata-rata mereka puas dengan semua pelayanan yang didapatkan. Entah itu kecepatan servicenya, proses pembeliannya, proses aktivasi dan pembuatannya, atau pun akses websitenya/web accelerator (membuat kecepatan website kita jadi 10x lebih cepat).

Dan ada yang lebih unik lagi iya kan, selain kita bisa bayar via virtual account bank, membeli domain atau paket hosting di Jagoan Hosting ini bisa pakai Go Pay loh. Nah, #MakinMudah saja kan ya, jadi enak belanja dan bayarnya. Tinggal klik-klik saja langsung beres.


Oke, mari kita balik lagi ke .blog. Kira-kira apa sih kak keuntungan kita memakai domain .blog? Sebagian sudah saya beberkan di atas kalau .blog itu unik, top level domain masih baru alias kinyis-kinyis, jadi belum banyak yang punya. Kalau kalian pakai domain .blog otomatis bakal ngebranding kalian banget. Apalagi konten yang  kalian sajikan bermanfaat banget buat pembaca, lain daripada blog yang lain, juga oke banget tampilannya. Ditambah lagi sekarang harganya masih murah, promo masih bertebaran dimana-mana. Jangan salahkan kalau-kalau beberapa tahun lagi harga domain .blog meroket pesat, naiknya drastis sebab sudah jadi selebgram number one mengalahkan top level domain yang lainnya.

Jadi ya, tunggu apalagi. Buat kalian yang blognya masih ada embel-embel blogspot atau wordpress dot com nya, segera ganti saja menjadi TLD milik kalian sendiri. Ingat, sebelum domain .blog menjadi selebritis loh.

Tabik,

8 comments

  1. Domain .blog mudah terindex kan mbak?
    jadi pengen nyoba aja buat nicheku yg lainnya,
    btw salam kenal ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, insyaallah mudah terindex kok, sama seperti domain-domain termasyhur yang lain :") salam kenal juga ya. Terimakasih sudah mampir..

      Delete
  2. Wah jd pengen beli domain lagi utk blog. Murah euy

    ReplyDelete
  3. saya baru tau kalau sekarang ada domain dot blog.... tapi yang paling tua dan mudah dikenali masih .com sih, bisa jadi opsi juga kalau mau pakai dot blog.


    memang wp lebih powerfull daripada blogger, tapi kita sama, saya ga pandai pakai wp, padahal udah punya dan bayar mahal sekitar 1,8 juta pertahun, tapi di anggurin.

    tetap di blogger aja deh,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uwooooww, sayang bangeeeet :O
      Iya, lain kali juga pengen nyobain .blog mungkin untuk blog aku yg lain. Thanks udah mampir :)

      Delete
  4. Wow iya aku baru tahu ada .blog btw murah nih lumayan buat domain satu lagi. Mantabbb kak infografisnya emang jagoooooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, ayo ternak blog satu lagi. Hehe.
      Thanks kak udah mampir :)

      Delete

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment below, then click post/ publish!
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Jangan meninggalkan link hidup, karena bakal dihapus secara otomatis. Thank you :)