ASUS Zenfone Max M2, Smartphone Gaming dengan Performa Baterai yang Tahan Banting


Semakin banyaknya game-game PC yang bertransformasi menjadi mobile game, rasanya kurang asyik lagi jika kita tidak memiliki smartphone gaming yang mendukung lebih, performa dalam memainkan sebuah game. Layar yang sempit atau terlalu lebar dalam satu genggaman agaknya kurang pas untuk memainkan sebuah game dalam keadaan darurat (read: nge-game di kereta atau di ruang publik lainnya). 

Setelah tahun 2017 dihebohkan dengan hadirnya Smartphone Gaming ASUS Zenfone Max M1 yang lambat laun telah menghilang jejaknya dan membuat penggemarnya nangis darah. Akhirnya, tahun 2018 kemarin ASUS telah mengeluarkan dua produk sekaligus yaitu ASUS Zenfone Max M2 dan Max Pro M2 sebagai upgrading system dari produk smartphone gaming sebelumnya dan pengobat rindu bagi para penggemarnya. Tapi kali ini, saya hanya mau membahas ASUS Zenfone Max M2 saja ya, untuk ASUS Zenfone Max Pro M2 nya saya review terpisah.

Body dan Spesifikasi . . .

Smartphone gaming ASUS Zenfone Max M2 hadir dengan desain unibody aluminium dengan lapisan matte yang terlihat mewah namun ada sentuhan kesederhanaan sejak pandangan pertama. Seluruh body nya terlihat tipis sementara bagian atasnya menampilkan desain memukau tren smartphone kelas menengah tahun 2018an. 


NamaAsus Zenfone Max M2
RilisDesember 2018
Dimensi158.4 x 76.3 x 7.7 mm (6.24 x 3.00 x 0.30 in)
Berat160 g (5.64 oz)
MaterialLogam
Jenis LayarIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran6.3 inci (rasio layar ke bodi ~88%)
Resolusi720 x 1520 piksel, rasio 19:9 (~269 piksel per inci)
Proteksi
OSAndroid 8.1 (Oreo)
ChipsetQualcomm Snapdragon 632
IntiOcta core (delapan inti)
Clockspeed4×1.8 GHz Kryo 250 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 250 Silver
Internal64 GB, 4 GB RAM atau 32 GB, 3 GB RAM
EksternalmicroSD, up to 512 GB (dedicated slot)
Kamera Belakang13 MP, f/1.8, 1.12Β΅m, PDAF2 MP, depth sensor
LED flash, HDR, panorama, 2160p@30fps, 1080p@30fps
Kamera Depan8 MP, f/2.0, 1.12Β΅mLED flash
HDR1080p@30fps
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Baterai4.000 mAh (non-removable)
HargaMulai dari Rp 2.300.000
Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita kupas sama-sama bagaimana spesifikasi detailnya dan performa terbaiknya ASUS Zenfone Max M2 ini. Kira-kira apa sih yang istimewa dari Smartphone Gaming tanpa embel-embel Pro ini?

Layar Full HD+ 6.3 inch

Berbahagialah, karena Zenfone Max M2 layarnya sudah Full HD + 2.5D yang berukuran 6,3 inci tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar (sudah mengadopsi on-screen button). Tapi sayang sih, pas dirilis tidak disebutkan adanya proteksi antigores dari Corning Gorilla Glass dan sejenisnya. Jadi buat para penggemar Zenfone Max M2 ini saya sarankan untuk memakaikan tempered glass agar tidak mudah tergores ketika main game.


Bisa dibayangkan betapa nikmatnya ketika main game dengan layar yang all screen display macam tu. Dan dengan fitur yang seperti ini juga saya kira para gamers seperti kalian akan merasa lebih leluasa dalam bermain game dan juga bisa menikmati konten multimedia secara lebih seru, meski Zenfone Max M2 ini tidak ada embel-embel pro nya. Nonton terus, main game terus, liburan terus.

Memakai Chipset Snapdragon 632

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, bahwa ASUS Zenfone Max M2 merupakan upgrading system dari smartphone gaming sebelumnya, salah satunya adalah upgrading prosesor yang dipakai. Zenfone Max M2 ini diklaim menjadi smartphone pertama yang menggunakan chipset Snapdragon 632 besutan Qualcomm di Indonesia. Prosesor ini adalah generasi terbaru dari seri Snapdragon 600, tiga tingkat di atas Snapdragon 625, yang mana memberikan performa smartphone lebih kuat, dan diklaim 40% lebih cepat dari generasi sebelumnya. Sehingga memberikan pengalaman berselancar yang lancar dan responsif tanpa mempengaruhi penggunaan baterai yang terlalu banyak.


Jadi, bisa dipastikan bahwa Zenfone Max M2 ini punya performa tinggi namun tetap hemat daya (baterai) dan tidak panas. Superb banget!

Dual Rear Camera 

Sebenarnya, untuk kamera sendiri smartphone gaming ASUS Zenfone Max M2 ini tidak terlalu bagus di front cameranya. Mungkin karena lebih fokus di chipset dan baterai nya kali ya. Dan saya rasa, untuk para gamers sendiri juga tidak akan keberatan soal front camera yang kurang mumpuni ini, karena fokus dari para gamers sendiri adalah untuk menikmati game yang ada dalam smartphone. Sing penting main gime kepenak toh! Rausah selfie wefie.


Tapi bersyukur, kamera belakangnya dilengkapi dengan dual rear camera, yang merupakan sistem kamera ganda yang mengusung sensor beresolusi 13MP dengan aperture lebar f/1.8 yang bisa menghasilkan gambar dengan detail di situasi apapun. Kamera belakang tersebut sudah didukung fitur AI Scene Detection yang memungkinkan ZenFone Max M2 mengenali 13 jenis foto.

Bonusnya lagi, agar hasil pengambilan gambar tetap stabil dan tidak blur, kamera ZenFone Max M2 juga sudah dilengkapi dengan teknologi Electronic Image Stabilization (EIS). Kamera kedua di ZenFone Max M2 ini juga merupakan kamera khusus untuk menghasilkan efek bokeh di foto potrait, yang mana mampu menghasilkan efek blur pada background yang sangat natural layaknya diambil menggunakan kamera profesional.

Baterai Super 4000 mAh yang tahan banting

Kenapa saya bilang tahan banting? Ini merupakan bagian paling penting dari Smartphone Gaming ASUS Zenfone Max M2 ini. Baterainya super tahan lama dan awet dari pagi sampai malam, sampai pagi lagi. Gimana nggak tahan banting? Baterai lithium-polymer dengan kapasitas 4000 mAh ini diklaim memiliki waktu standby di jaringan 4G selama 33 hari, menonton video selama 21 jam, berselancar di internet menggunakan WiFi selama 22 jam, hingga bermain game selama 8 jam non-stop. Tahan banting? Bener!


Harga Smartphone Gaming Paling Terjangkau


Gimana? So pasti kalian bakal betah lama-lama duel game bareng teman dong? Oyey! Nah, kesimpulannya adalah Smartphone Gaming ASUS Zenfone Max M2 ini, meskipun tanpa ada embel-embel Pro nya, tapi system dan performanya nggak kalah Pro dengan yang lainnya. Apalagi dengan Harga yang Super Terjangkau (di antara smartpone gaming yang lain), Zenfone Max M2 ini mengandungi performa yang luar biasa (OS Android 8.1 Oreo, RAM 4GB ROM 64 GB) ditambah dengan Chipset Snapdragon 632 dan Baterai lithium-polymer yang menjadikan pengguna lancar jaya dalam berselancar (browsing, capture, dan nonton video), juga tahan seharian main game sepuasnya tanpa harus bolak-balik nge-charge.

Kalian tertarik? Pastinya dong. Harga terjangkau, performa sekebon. Sikaaat!
Sila membeli di counter terdekat.

Tabik,

32 comments:

  1. Duh manteb bgt yah kak, baterenya gedeeeee cuyy, ngilerrrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, mantep banget. Jadi bisa nge game sepuasnya.. Thanks for visiting anw :)

      Delete
    2. Iya, baterenya gede pisan. jadi bisa berlama-lama ngegame....

      Delete
  2. Baterainya juara , cocok buat ngevlog juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba. Tapi front cameranya kurang mumpuni kata aku. Tapi kalo untuk bikin video sih oke2 bae pake main camera :")

      Delete
  3. Artikel yg padat bergizi banget! Desain grafisnya keren cucok meyooongg@! Tengkyuuu Coryy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampuuuun, makasih banyak mba nurul. terharu akuuuu ❤❤❤

      Delete
  4. Emang henpon gaming yg recomended ya mbak.... lengkap performanya...cucok meong deh. TFS semoga menang lombanya ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh mbak, cucok meong beut, hehe. Aamiin, thanks mba yuni ☺☺

      Delete
  5. Wah bisa diandalkan nih hapenya. Baterai dan prosessornya mutakhir lagi. Keren kak

    ReplyDelete
  6. Keren sih speknya, tapi baterainya masih nanggung, sebaiknya 5000 mAh, biar kayak Zenfone max pro m1, biar lebih awet ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe itulah kenapa max m2 jd spesial. Dengan baterai yg 4000 mAh aja bisa maen game seharian :)

      Delete
  7. Sayang bgt keluarnya agak lama, udah keburu beli hp lainπŸ˜‚

    ReplyDelete
  8. Kayanya cocok ini buat upgrade Zenfone Max Pro M1..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps, bener banget mas. Kuy upgrade sekarang. Hehe 😬

      Delete
  9. selalu suka dengan grafisnya mbak cory. btw, ini emang lagi edisi zepeto kah? haha. pengen bikin zepeto tapi saya terlalu malu untuk melakukannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah. Makasih yaaa. ❤
      Iya nih, lagi mau ngeresmiin zepeto jadi icon grafis blogku tahun ini. Haha πŸ˜‚

      Delete
  10. Oh wowww, ku punya max pro m1 dan memang asyik banget buat ngegame soalmya layar gede dan baterai kapasitas besar. Liat kakaknya m2 ini, ku jadi ngilerrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Jangan ngiler dikoo. Kuy aja langsung diupgrade πŸ˜‚πŸ˜

      Delete
  11. Apa cuma aku yang terkesima dengan desain grafisnya? Lucu-lucu banget ini Kakak Cory...
    ASUS Zenfone Max M2 memang keren banget ya Kak spesifikasinya. Semakin keren ketika dibahas di blognya Kakak Cory.

    Semoga beruntung ya, Kak … :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, aku juga terkesima kok kak, liatin aktor zepetoku di sini :D
      Yaps, bener banget kak. Zenfone MAX M2 emang keren :")

      Aamiin, thanks sudah berkunjung kak..

      Delete
  12. aku punya yang M1 aja udah keren
    apalagi yang iniiiihhh

    ReplyDelete
  13. gaming oke, kamera mantep, baterai jumbo, layar luas, harga terjangkau, kurang apalagi coba? kepastian dari dia kayaknya. . .semoga dapat ponselnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, bisa aja masnya. Aamiin. Moga dapet biar bisa ngerasain maen game lama2 di Max M2 :")

      Delete
  14. setiap kali kesini selalu terpesona sama grafis nya #gagalfokus hehe..

    Asus Max M2 emang kece badai ya buat para gamers.. baterainya itu loh ruar biasaak. jadi kalo main game udah gak perlu sering2 ngecharge lagi yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awwww, makasih banyak mba thyaaaaaa #bighug ❤❤
      iya mbak, bener banget. Kalo lagi jenuh, ngegame aja teruussss, hehe..

      Delete
  15. yang di infografis itu game karakter apa mbak?
    kok lucu hehe
    sukses mbak semoga kesampaian ya AMin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehe, itu zepeto mas.
      Emang, lucu banget. Ada karakter cewek cowok di sana. Nanti bisa pilih2 sendiri kek bikin robot.
      Terimakasih do'anya. Aamiin :")

      Delete

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment below, then click post/ publish!
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Jangan meninggalkan link hidup, karena bakal dihapus secara otomatis. Thank you :)