Pesona Indonesia Kabupaten Gresik yang Wajib Kalian Kunjungi

Saturday, December 08, 2018

Penampakan salah satu Gili di Pulau Bawean
Bosan. Butuh Piknik. Pengen jelajah alam ke luar kota, tapi ke mana?

Gresik dong! Sebuah kota kecil yang ada di provinsi Jawa Timur yang sering disebut kota industri maupun kota santri ini ternyata menyimpan beberapa tempat istimewa yang tak kalah mempesona dan layak dikunjungi para traveller. Selain dikenal sebagai tempat wisata religi, kota santri ini juga memiliki beberapa objek wisata alam yang menggiurkan. Nggak percaya? Sini gue cekokin biar yakin. Apa saja objek wisatanya?

1. Bukit Kapur Sekapuk


Bukit Kapur Sekapuk ini dulunya merupakan tempat penambangan batu ris (batu balok berwarna putih yang biasa dipakai sebagai bahan dasar pembangunan rumah) bekas pegunungan dan bentuknya menyerupai bangunan peradaban Yunani kuno. Sisa-sisa penambangan yang dibiarkan terkikis hujan ini tiba-tiba membentuk sendiri bangunan semacam benteng yang menjulang tinggi dihiasi dengan rerumputan yang amat sangat menggemaskan. Di bagian tengah dalamnya bangunan, terdapat lubang sedalam tiga meter berbentuk oval yang seakan-akan dulunya adalah kolam tempat berendamnya para dewi dari kahyangan.

Karena material dari bangunan ini keseluruhan adalah batu kapur yang berwarna putih, tak heran jika dinding-dinding bangunan ini berlumut kering dan lama-kelamaan akan berwarna cream kecokelatan sebab diterpa hujan, angin dan cuaca panas berhari-hari. Tapi tetap saja, warna putih di sebagian tubuhnya tidak bisa ditiadakan, hingga terkesan berkilau seperti bangunan lama peninggalan dinasti kerajaan yang sudah runtuh berabad-abad yang lalu.

Bukit kapur ini terletak di desa Sekapuk, kecamatan Ujung Pangkah, kabupaten Gresik. Tepat di ujung bagian utara kota Gresik. Jadi, buat kalian yang ingin berkunjung kesini biasanya lewat dua jalur. Dari jalur Lamongan atau dari jalur Gresik kota. Dua-duanya memiliki titik temu yang sama yaitu di desa Sekapuk. Kalau dari rumah saya (desa Sembayat) sih letaknya lumayan jauh, sehingga dibutuhkan persiapan membawa bekal untuk perjalanan selama setengah jam atau 30 menit (naik motor) hingga sampai ke lokasi. Tak terlupakan bawa sunblock, karena di sana suasananya panas banget. 

Untuk saat ini, tempat wisata bukit kapur ini tidak dipungut biaya sepeser pun, karena belum ada dinas pariwisata setempat yang meresmikan. Aji mumpung dong!

2. Delegan Pasir Putih


Selain Bukit Kapur Sekapuk, masih di sekitar wilayah utara kota Gresik, objek wisata yang bisa kalian kunjungi adalah Pantai Pasir Putih Delegan yang mana lokasinya bertepatan dengan perbatasan wilayah kabupaten Gresik bagian utara dan wilayah kabupaten Lamongan bagian utara. Tepatnya di dusun Dalegan, desa Campurejo, kecamatan Panceng, kabupaten Gresik. Sehingga banyak yang mengira bahwa pantai delegan ini milik dinas pariwisata kabupaten Lamongan padahal sesungguhnya adalah Pesona Indonesia Kabupaten Gresik punya.

Dari sekian banyak tempat pariwisata di kabupaten Gresik, sebenarnya pantai delegan inilah yang paling banyak diketahui warga. Karena pantai ini sudah dibuka dan dijalankan sebagai objek pariwisata sejak tahun 2003 silam. Setiap hari ramai pengunjung dari berbagai daerah, apalagi di penghujung minggu aka weekend, bisa-bisa selametan di situ bawa tumpeng saking padatnya orang. Bukan kayak liburan, tapi kayak mau demo. Alamak! 

Wisata pantai pasir putih ini dibuka sejak pukul tujuh pagi hingga pukul lima sore, untuk mengantisipasi terjadinya kehilangan anak di malam hari dan perbuatan tak senonoh para remaja. Ya, seperti biasa, banyak bocah millenial yang doyan nge-trip bersama pacar sampai kadang-kadang lupa waktu untuk ibadah dan pulang.

Tiketnya sendiri dibandrol dengan harga yang super murah. Untuk dewasa harganya Rp. 3,500 per orang, untuk anak-anak Rp. 2,500 per anak. Jadi kalau kalian bawa rombongan satu bis buat liburan, tidak usah khawatir bakalan tekor, karena harga dan fasilitas dijamin super bikin ketagihan liburan ke sini. Yaiyalah, tiket masuk nggak sampek goceng udah bisa foto-foto cantik di pinggir pantai, sambil bakar jagung sembari minum es kelapa muda. Hemm, liburan beneran nih.


Baik orang dewasa maupun anak-anak biasanya datang untuk piknik dan berenang dengan menyewa ban pelampung seharga Rp. 5000 (ukuran kecil/standar) atau ukuran yang super jumbo seharga 20,000. Ada juga yang naik sampan/ perahu kecil dengan harga sewa yang cukup murah yaitu Rp. 10,000 (sudah bisa berkeliling pantai dengan mendayung). Bermain layang-layang atau sekedar duduk manis melihat pemandangan pantai yang begitu indah beriringan dengan angin yang semilir.

3. Exotic Mengare


Mari bergeser ke selatan agak ke timur kabupaten Gresik. Tepatnya di Pulau Mengare. Nah kan, banyak juga yang belum tahu. Ada apa sih di Mengare? Mengare terkenal sebagai penghasil ikan bandeng terenak (segar dan tidak bau tanah). Eh ada lagi, banyak pohon bakaunya. 

Pulau Mengare ini berlokasi di desa Watu Agung kecamatan Bungah kabupaten Gresik. Lokasinya berada di ujung timur wilayah kecamatan Manyar dan hanya bisa dilalui melalui jalan paving selebar 2,8 meter di samping seberang balai desa Sembayat dengan pemandangan lahan tambak dan semak belukar di kanan kiri sepanjang perjalanan. Jangan heran ya, karena kebanyakan warga di sini bermata pencaharian "budidaya ikan" seperti bandeng, mujaer, lele, juga udang windu. Makanya sepi dan seringkali gagal pergi kalau ke sana malam hari. Lampu jalannya redup bang.

Di Mengare ini para traveller bisa melakukan berbagai aktifitas wisata seperti susur sungai, menikmati pantai pasir putih yang masih sepi, keliling hutan mangrove juga wisata heritage (adanya benteng portugis yang sering dikenal dengan Benteng Lodewijk). 

Biasanya sih banyak pengunjung yang bermalam dengan mendirikan camp di sini, karena berwisata ke Pulau Mengare ini tidak akan cukup jika hanya dilakukan dalam satu hari. Belajar sejarahnya dapet dan masih banyak yang belum tahu bok, jadi lokasinya masih tentram gitu. Beruntungnya sih, warga setempat sudah sadar akan indahnya pulau Mengare yang berpotensi sebagai objek wisata ini, sehingga mereka menyediakan perahu untuk menyusuri pulau juga disediakan pemandu wisata agar tidak tersesat. Ingat, ada benteng Lodewijknya! Yang mana banyak ditemukan flora seperti bunga bangkai dan fauna seperti lutung yang imut bermain di pesisir pantai.

Harga tiket masuk wisata ini murah meriah. Only Rp. 10,000. Untuk lengkapnya nanti saya ceritakan terpisah deh ya.

4. Gili Noko Selayar


Siapa bilang Gresik tidak punya surga wisata. Bawean menjawab keraguan para traveler yang doyan berselancar dan snorkeling. Selain Bali dan Lombok, Gresik juga punya dong satu Gili yang keren. Sebut saja namanya, Gili Noko Selayar. Wah udah pasti tau dong ya. Tiap hari saja ramai pengunjung kok, baik lokal maupun mancanegara.

Gili Noko yang ada di Pulau Noko ini terletak di desa Pamona kecamatan Sangkapura, Sidogedungbatu, Sangkapura, kabupaten Gresik. Wih, google map saja hafal kan ya. Tinggal search Gili Noko Selayar, kalian akan diberikan rute terbaiknya.

Selain pemandangan pasir putih yang bisa dinikmati, keindahan alam bawah lautnya dengan bunga karang dan ikan hias tentunya menjadi daya tarik yang tak bisa diabaikan begitu saja. Ku ingin marah, menyelam dalam samudera, syalalalala. Snorkeling dong, snorkeling! Pasti dong ya. Tak perlu jauh harus ke Lombok atau Bali, Gresik juga punya Gili, manfaatkan apa yang ada dong ya, traveling jadi low budget. Apalagi kalau kita warga Gresik sendiri, nah loh. Ngibrit aja langsung ke sini. 

Biasanya para traveler lebih suka menikmati sunset. Daya Tariknya adalah bila air laut surut, pelancong bisa berjalan kaki mengelilingi pulai tersebut sambil menikmati terjangan ombak kecil dan desiran angin laut. Sekeliling pulau di tengah laut ini penuh dengan pemandangan batu karang dan semak belukar. Duh segarnya jiwa raga ini. Stress dan suntuk pasti hilang dong! 

5. Bukit Jamur


Ini dia yang paling populer beberapa tahun ini. Semenjak tim My Trip My Adventure datang ke lokasi untuk syuting, Bukir Jamur makin dikejar-kejar para fans. Dulu masuk ke sini masih belom di tarif, tapi semenjak landmark Bukit Jamur dipasang, sekarang jadi ditarif. Belum tau juga sih tarfnya berapa. Mungkin 5,000 perak.

Baca juga: Berkelana di Dua Kota Bersama Mobil Nissan New Grand Livina

Sama seperti Bukit Kapur Sekapuk, pada mulanya bukit ini adalah sebuah gunung yang sering disebut Gunung Pentung (i don't know the history) berfungsi sebagai tempat penambangan liar batu kapur dan tanpa ada yang tahu sebab musababnya, tiba-tiba ditemukan secara mendadak oleh salah satu petani padi (warga setempat) bahwa ada bukit berbentuk seperti jamur. Sampai sekarang pun tidak ditemukan asal-usulnya, karena para penambang di situ pun tidak pernah merasa sengaja membuat bebatuan mirip jamur itu.

Lokasi Bukit Jamur ada di desa Bungah, kecamatan Bungah, kabupaten Gresik.


For your information, untuk segala destinasi wisata yang saya tulis di postingan ini insyaallah lengkap dengan berbagai fasilitas umum seperti area parkir (parking area), kamar mandi (toilet), juga Musholla. Jadi tak usah diragukan lagi, kalau mau jelajah Pesona Indonesia di Gresik sila dikunjungi saja beberapa destinasi yang sudah saya share di atas. Semoga suka ya.

Salam,

You Might Also Like

8 komentar

  1. Aku kok belum pernah kesana semua Yaaa..hahaha...pengennnnnn jadinyaaa...penasaran sama kampung kemasan...(thejourneyfrida.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dong ke sini. Kuy bareng ke kampung kemasan. Wisata heritage kita :")

      Delete
  2. Wahh gresik banyak tempat bagus ya.
    dekat ma surabaya ni

    ReplyDelete
  3. Delegan bisa bagus gitu yaa hehhe

    etarahayu.com

    ReplyDelete
  4. Belum kesampean nih ke Bawean. Teman saya pernah naik pesawat ke sana.

    ReplyDelete
  5. Gresik keren juga ya, tetanggaan sama surabaya, yang kalo disebut Bawean saya pasti pingin cepet2 ngrasain first experience kesana. Keren, salam kenal.

    ReplyDelete
  6. Yampun padahal deket dari Surabaya tp blm pernah kesana krn gak tau. Makasi mbak infonya. Wish list liburan bgt nih!!

    ReplyDelete

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment below, then click post/ publish!
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Jangan meninggalkan link hidup, karena bakal dihapus secara otomatis. Thank you :)

Featured Post

Si Anet Ingin Hijrah, Berpetualang Keliling Dunia

Facebook Fanpage

My Youtube Channel