Tips Sukses Memulai Bisnis Untuk Pemula

Sunday, November 25, 2018


Sebenarnya apa sih tujuan kalian dalam berbisnis?
Ingin mendapatkan uang lebih banyak? Ingin kaya? Atau ada tujuan yang lainnya? 


Saya sendiri mulai menjalankan bisnis sejak SMA. Tapi ya gitu, karena tidak saya tekuni secara berkala akhirnya kandas di tengah jalan. Tak lama setelah saya kuliah, akhirnya saya membuka bisnis lagi secara offline dan hanya mengandalkan sosial media facebook juga Blackberry Messenger untuk media promosi dan order.

Bisnis yang saya tekuni pada saat itu adalah jasa pembuatan hadiah berupa desain frame, desain template blog, dan desain grafis. Tapi lagi-lagi, karena kesibukan yang amat bejibun, saya jadi kurang kontrol dan up to date sama bisnis sendiri, sampai akhirnya kandas di tengah jalan juga. Setelah vakum selama dua tahun, akhirnya sama memulai bisnis kembali dengan melihat pasaran yang ada.

Sebagai warga millenial yang tak mau ketinggalan gaya dan penampilan yang kekinian, akhirnya saya mengambil peluang besar di negeri sendiri dengan membuka bisnis online yang saya beli nama FAREOLOGY (instagram: @fareology). Historinya mungkin akan saya posting di lain waktu. Terus bagaimana tips untuk memulai bisnis bagi pemula seperti saya ini?


Jika kalian melihat banyak orang sukses di usia muda dan kalian merasa masih stagnan dalam lingkaran setan tak berujung, tidak berkembang alias begini-begitu saja di usia lebih tua dari mereka, mari bersama mempelajari tips yang dikembangkan oleh Wempy Dyocta Koto Investor (Instagram: @wempydyoctakoto), konsultan yang lahir di Padang Panjang penasihat untuk perusahaan-perusahaan di Eropa, Amerika, dan Asia Pasifik, dan juga menjadi mentor dan pembimbing para CEO di segala bidang seperti kepemimpinan, keuangan, teknologi, pengelolaan sumber daya, operasional, penjualan, pemasaran, dan pengembangan bisnis internasional.

Untuk sukses memulai bisnis tidak selalu berjalan lancar, diperlukan beberapa keahlian dan langkah yang harus dilakukan dengan benar. Bahkan ada pemikiran yang berkata bahwa tidak semua orang bisa menjadi pengusaha. Tapi sebenarnya, semua orang bisa kok menjadi pengusaha jika kita mau belajar dan bekerja keras.

Berikut ini adalah beberapa tips sukses untuk memulai bisnis bagi pemula yang bisa kita pelajari:

instagram.com/fareology

1. Fokus pada satu peluang bisnis

Seiring dengan semakin berkembangnya dunia maya, saat ini seakan-akan semua hal dapat menjadi peluang bisnis. Dengan begitu banyaknya peluang yang dapat diambil, mungkin kita akan bingung dalam memilih satu peluang yang akan dikembangkan. Sehingga banyak orang yang malah mencoba untuk mengembangkan banyak peluang dalam waktu yang bersamaan. Namun apa itu benar? Tidak ada yang benar atau salah, karena semua itu tergantung pada kemampuan setiap orang, namun akan lebih baik jika kita fokus pada satu peluang saja.

Dengan kita fokus pada satu peluang, maka seluruh ide dan pikiran kita untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah. Hal ini akan memudahkan kita dalam mengeksekusi semua ide-ide tersebut. Seperti saya yang saat ini sedang fokus membangun bisnis clothing dan fashion. Mengurus satu bisnis saja mungkin ada banyak kesulitan, apalagi kalau memiliki banyak? Kalau pemula mah yang satu aja diurus yang penting ditekuni biar jadi.

2. Lakukan hal yang kita sukai

Dalam melakukan apapun juga, jika kita menyukai apa yang kita lakukan, maka kita akan melakukannya dengan sepenuh hati. Bukan karena paksaan sehingga bisa lebih maksimal. Segala pekerjaan jika digeluti dengan sepenuh hati akan membuahkan hasil yang maksimal, karena itulah banyak pekerjaan-pekerjaan yang tidak umum pada saat ini. Namun bagi kita yang bercita-cita menjadi pengusaha, jangan memulai bisnis hanya karena melihat untung yang besar, terlihat keren, atau karena disuruh.


Biasanya, hal yang baik untuk dilakukan ketika memulai bisnis adalah, berdasarkan hobi. Jika hobi kita adalah fotografi, kita bisa mulai menjual perlengkapan kamera. Dengan begitu, hobi kita terpuaskan dan mimpi membuka usaha pun tercapai. Fashion adalah hobi saya? Mungkin dari sekian banyak hobi di bidang seni, fashion menjadi salah satu hobi yang tak bisa ku lepas begitu saja untuk saat ini.

3. Kuasai segalanya tentang bisnis kita

Di awal memulai bisnis, umumnya jarang ada investor yang berani menaruh uangnya disana. Namun kesempatan itu bisa datang kapan pun, jadi kita harus kuasai betul segalanya tentang bisnis yang kita geluti dan selalu siap menjelaskan dengan sejelas-jelasnya. Hal ini dimaksudkan agar kita dapat membuat investor yakin bahwa ia menaruh uangnya di tangan yang tepat, yaitu kepada kita, orang yang paling paham tentang bisnis ini.

Ini nih yang paling penting, dari awal sebenarnya saya tahu kalau saya agak keteteran ketika ingin memulai bisnis dengan modal seadanya tapi ide yang saya punya terlalu luar biasa, makanya saya butuh sang investor yang bisa membimbing saya benar-benar agar tidak terjadi kecelakaan yang sama atas kegagalan yang sebelumnya. Uda Wempy Dyocta Koto mungkin sudah paham betul akan hal ini. Jadi jika kita masih belum menguasai segalanya tentang bisnis kita alangkah sebaiknya kita bisa belajar dari orang lain yang sudah sukses menjalankan bisnis sebelum kita.

4. Hiduplah dengan sederhana

Lupakan semua keindahan dari menjadi pengusaha. Mobil mewah, makan mewah, rumah besar, atau segala hal yang menunjukkan kemewahan. Hiduplah dengan pandangan bahwa kita adalah pemula yang membutuhkan uang untuk sukses. Dengan begitu, kita akan lebih menikmati proses menuju sukses dan segala hal yang kita impikan akan datang pada saatnya nanti.

5. Belajar dari kegagalan

Tidak ada hal yang pasti di dunia ini. Sama halnya dengan dunia bisnis. Ada 2 pilihan dalam hidup kita yang menentukan kesuksesan, yaitu untuk maju atau diam. Jika kita ingin maju, maka kita juga harus siap untuk menghadapi kegagalan. Karena tidak semua yang kita rencanakan selalu berjalan lancar sesuai keinginanmu. Justru kegagalan harus terjadi untuk mengajarkan kita dan mempersiapkan kita untuk menjadi orang yang sukses nantinya. Ketika gagal, jangan putus asa, terus mencoba dan belajarlah dari pengalaman itu. Kegagalan itu guru terbaik loh!

6. Buktikan dengan tindakan, bukan dengan kata-kata

Perhatikan apa yang kita katakan. Katakan hal yang mampu kita lakukan, jangan terlalu banyak bicara tapi kita tidak dapat berbuat apa-apa. Buktikan yang kita bisa lakukan melalui tindakan, bukan melalui kata-kata, karena dengan kita bertindak, orang akan lebih bisa menilai hasil kerjamu. Speak less, do more, right? 

7. Tahu apa tujuan kita berbisnis dan tahu kapan harus berhenti berusaha

Seorang kapten yang bijak tidak akan tenggelam bersama kapalnya. Itulah pepatah yang menjelaskan bahwa seorang yang bijak adalah orang yang tahu kapan harus berusaha dan kapan harus berhenti. Berhenti berusaha tidak selalu bentuk dari menyerah, terkadang ada hal-hal yang memaksa kita untuk berhenti, jika tidak kita akan semakin terpuruk. Demikian juga dalam merintis bisnis. Terkadang, bisnis yang kita mulai tidak membawa kita kepada kesuksesan, melainkan malah membuat kita menajdi terpuruk. Ketika situasi itu datang, maka kita harus tahu kapan harus berhenti. Bersikap bijaksana dan peka terhadap keadaan akan membantu kita untuk terhindar dari keterpurukan.

8. Bijak Bermedia Sosial

Seseorang yang lahir dan besar di era digital seperti sekarang ini harus paham betul manfaat sedaripada adanya media sosial di dunia maya. Semua orang akan melakukan hal yang sama bijaknya ketika kita menjalankan media sosial kita dengan bijak pula. Ingin berbisnis dengan modal seadanya tanpa harus nanggung sewa toko offline? Kita buka saja toko online. Tanpa modal bisa dropship atau reseller, asal kita punya niat dan tekad insyaallah jalan rezeki kita terbuka lebar.

Jadi, apa sebenarnya tujuan kalian berbisnis?
Sudahkah kita melaksanakan beberapa tips yang sudah saya tuliskan di atas? Kalau belum, mari merealisasikan bersama dan membangun bisnis di usia muda dengan bangga dan bahagia.

You Might Also Like

2 komentar

  1. pengen juga sih bisnis makanan. cita-citanya pengen banget punya cafe kecil-kecilan. doyan masak juga tapi begitulah entah kapan saya mulai jalani bisnis ini. takut ngambil resiko juga sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo kak semangaaaat buka bisnisnya. Resiko pasti ada tapi kalau kita belum pernah mencoba kita tidak akan pernah tahu seberapa besar resiko itu :)

      Delete

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment below, then click post/ publish!
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Jangan meninggalkan link hidup, karena bakal dihapus secara otomatis. Thank you :)

Featured Post

Si Anet Ingin Hijrah, Berpetualang Keliling Dunia

Facebook Fanpage

My Youtube Channel