Pengalaman Belanja Menggunakan QRku

Thursday, November 29, 2018


Halohai!
Gue seneng banget akhirnya bisa posting tulisan ini. Karena menurut gue postingan ini informatif banget buat kalian para pengguna aplikasi M-Banking specially M-BCA. Siapa di antara kalian yang suka belanja online dan transfer via m-banking? Toss, gue juga. Gue merupakan salah satu orang yang suka memanfaatkan fitur-fitur baru dari sebuah aplikasi (doyan update) yang menurut gue bisa membantu kebutuhan gue di sela-sela kesibukan gue yang sok sibuk. Jadi intinya gue orangnya tidak suka ribet, termasuk urusan belanja.

Gue lebih sering belanja online ketimbang offline. Apalagi barang yang gue dapat dari belanja online kualitasnya memuaskan, bisa-bisa gue keranjingan. Alasan kenapa gue sering belanja online adalah karena bisa berbelanja sesuai kebutuhan dan waktu. Sambil lihat-lihat barang di aplikasi, pastinya gue bakalan mikir dulu mau beli apa nggak. Kalau belanja offline kan takutnya kalap jadi bisa menyesuaikan kebutuhan. Selain itu waktunya lebih fleksibel, kalau lagi senggang iseng aja buka aplikasi ecommerce, lihat barang yang gue butuhin, masukkan wishlist atau troli, tinggal order di waktu yang tepat. Bayarnya tinggal klik-klik saja. Tanpa ribet ambil uang dulu di atm, apalagi kalau atmnya jauh. Bisa-bisa tidak jadi belanja karena keduluan capek di jalan.

Singkat cerita, gue kemarin habis belanja satu hijab yang gue butuhin buat ngemsi acara nikahan tanggal 3 Desember nanti. Pas banget lagi buka instagram ada salah satu ecommerce hijab yangsedang berseliweran di timeline. Pas gue visit profilenya, ternyata hijabnya bagus-bagus dan bikin gue srek beli salah satu produknya.


Dari sekian banyak motif, jenis dan warna. Gue akhirnya milih yang warna hijau tosca motif square strip, karena sesuai sama baju yang bakal gue pakai ngemsi nanti. Harganya lumayan murah dari sekian banyak produk yang dipasarkannya. Untuk Labira Shawl ini dibandrol dengan harga IDR 45,000. Tapi karena ongkir ke Jawa Timurnya mahal, jadi total yang harus gue bayar adalah IDR 75,083 (83 sebagai angka unik terakhir untuk memudakan proses pengecekan).

Transfer Menggunakan QRku

Setelah gue tahu totalnya berapa yang harus gue transfer, gue langsung menuju aplikasi M-BCA. Dan perlu kalian tahu, ternyata ada sesuatu yang unik ketika gue belom transfer. Seller gue bilang kalau gue pengguna aplikasi BCA mobile dan aplikasi gue sudah update, gue bisa transfer via QRku. Karena gue penasaran, akhirnya gue coba fitur baru BCA QRku. Dan yaaaasss! Keren.

Don't you know, what's QRku?

QRku adalah fitur yang ada di BCA Mobile dan Sakuku sebagai solusi transfer dengan menggunakan teknologi QR. Kita dapat dengan mudah melakukan transaksi transfer antara sesama pengguna aplikasi tanpa harus menghafal nomor rekening. Tinggal share QR-nya, lalu di-scan. Untuk saat ini hanya sesama BCA ya. Semoga m-banking lainnya juga segera memiliki QRku fitur ini. Jadi, transfer antar bank jadi lebih mudah.

Untungnya kan, gue pakai BCA. Jadi, gue langsung update aplikasi dan nyobain fitur terbaru ini buat belanja hijab di Raisa langsung. Menurut gue, keuntungannya adalah ketika kita order via whatsapp/line tapi ternyata chatnya kehapus semua, atau aplikasinya restart dan tidak dibackup, QRku bisa menjadi penyelamat. Karena tanpa menghafal no.rekening Seller pun kita sudah bisa transfer. Nah kan, jadi makin enak kalau saja gue tidak menghafal nomor rekening sendiri. Tinggal save QR terus bagikan deh ke teman yang mau transfer ke kita.
 


Kalau gue kemarin langsung tap icon image/picture yang ada di pojok kanan bawah, terus gue pilih QR yang sudah ada di galeri, langsung deh terdeteksi. Setelah terdeteksi kita disuruh menuliskan jumlah nominal uang yang akan kita transfer. Kemudian kita disuruh konfirmasi (gunanya untuk meyakinkan apakah nominal yang tertera sudah benar atau belum). Setelah itu masukkan pin M-BCA kita, terus klik ok. Otomatis sistem akan sending/ proses mengirimkan sejumlah uang kepada rekening yang sudah kita scan tadi. Kalau sudah terkirim, biasanya kita dapat notofikasi yang bertuliskan "Transfer QR BERHASIL" beserta backsound mbak-mbak yang bilang "you got a message" artinya ada notifikasi masuk bahwa proses transfer kita telah berhasil.


Nah kan, lumayan jadi nggak ribet. Transfer tinggal klik-klik aja, beres deh. Ada yang masih belum update aplikasi BCA Mobile di smartphone nya? Buruan update sekarang, biar bisa merasakan fitur terbarunya.

FAQ about QRku

Bagaimana cara mengakses fitur QRku?
  1. Kamu harus mendownload aplikasi terbaru BCA mobile atau Sakuku di platform iOS atau Android.
  2. Untuk pengguna BCA mobile, aktifkan BCA mobile (m-BCA) kamu terlebih dahulu. Caranya bisa kamu lihat di sini.
  3. Untuk pengguna Sakuku, upgrade ke Sakuku Plus lebih dulu. Caranya bisa kamu lihat di sini. 
Siapa yang dapat menggunakan fitur QRku?

Pengguna BCA Mobile dan Sakuku. Untuk pengguna BCA mobile dengan status finansial, bisa mengakses fitur Scan QR, Show QR, Save QR, dan Share QR. Sementara pengguna BCA mobile non-finansial bisa mengakses fitur Show QR, Save QR, dan Share QR. Untuk Sakuku, hanya pengguna Sakuku Plus terdaftar yang dapat melakukan Scan QR maupun show QR.

Informasi lebih lanjut bisa klik di sini --> BCA QRku.

Hari ini ku masih menanti kiriman paketanku.
Semoga segera sampai karena sudah dikirim dari kemarin siang. Estimasi pengiriman dua sampai tiga hari.

You Might Also Like

8 komentar

  1. Replies
    1. hiyaapss. semakin kesini semakin hebat ya mbaa :)

      Delete
  2. bank andalan saya belum punya QR mbak, hahaha, kalah sih sama BCA. memang rasanya lebih instan ya, cukup scan qr aja udah bisa trf.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, tinggal scan atau pilih pict QR nya di galeri sudah bisa langsung transfer. Keren banget deh BCA.. :"D *maap ya bukan maksud hehe

      Delete
  3. Wah informasi yg sangat bermanfaat. Terimakasih ya

    ReplyDelete
  4. Semakin dipermudah yaa kak segalanya.. Termasuk jual beli online pastinya :)

    ReplyDelete
  5. Aku juga pernah beli di onlineshop itu..hehehe semakin mudah ya sekarang bisa belanja cashless kayak gitu.

    ReplyDelete

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment below, then click post/ publish!
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Jangan meninggalkan link hidup, karena bakal dihapus secara otomatis. Thank you :)

Featured Post

Si Anet Ingin Hijrah, Berpetualang Keliling Dunia

Facebook Fanpage

My Youtube Channel