Waspadalah bila Virus Influenza Menyerang si Kecil !


Lifeascory.com - Sebagai seorang ibu dengan satu anak, ibu saya pastinya memberikan yang terbaik untuk saya. Bahkan bukan hanya untuk saya, tapi untuk siapa pun yang lengket di kehidupan ibu saya. Keponakan-keponakan lucu kami misalnya. Hari-hari main bersama di rumah, bersama adik angkat saya. Mereka seringkali menganggap ibu saya adalah mamanya, Mama yang suka perhatian kepada anak-anaknya, karena seringkali ibu saya menyuapi mereka, mendidik mereka (dengan nasihat-nasihat kecil), membelikan mereka mainan, dan bahkan merawat mereka ketika mereka sakit.

Saya pun ingin menjadi seorang ibu yang baik untuk siapa pun, terlebih untuk anak sendiri. Sebagai calon ibu yang baik, usaha yang tepat bagi saya adalah merawat anak kecil seperti halnya ibu saya merawat kami. Ketika kami sakit, beliau repotnya luar biasa.

Influenza menjadi Penyakit Umum anak kecil kebanyakan

Biasanya, anak kecil yang berusia di bawah 2 tahun sering kali/ rentan terkena virus yang menyebabkan timbulnya penyakit influenza, dikarenakan daya tahan tubuh si kecil tidak sekuat anak yang berusia di atas 2 tahun. Oleh karena itu, perhatian lebih sangat dibutuhkan untuk anak kecil yang masih berusia di bawah 2 tahun. Tapi tak bisa dipungkiri bahwa anak kecil usia 2 tahun ke atas bisa juga terkena penyakit influenza.

Influenza biasanya ditandai dengan gejala batuk, pilek, demam, hidung tersumbat dan lain-lain. Penyakit ini termasuk dalam kelompok self-disease. Artinya penyakit yang dapat sembuh sendiri sesuai dengan daya tahan penderita.


Ketahui akibat gejala Influenza yang menyerang pada si Kecil !
PERHATIKAN YA BU IBU, KESIAN KALO BOCIL SAMPE KEK GINI:


Kita musti tau apa yang bakal terjadi pada si kecil saat dia terkena gejala influenza. Diantaranya adalah:
  • Gangguan kualitas tidur pada si kecil dan Ibu, karena si kecil rewel akibat nafasnya tersumbat
  • Kualitas tidur yang kurang baik membuat si kecil menjadi rewel di pagi hari dan mempengaruhi minatnya untuk belajar berbagai hal baru
  • kualitas tidur yang kurang baik juga dapat mempengaruhi kinerja ibu di keesokan harinya
Oleh karena itu, sebagai seorang ibu maupun calon ibu (seperti saya), musti belajar mengetahui gejala influenza dan apa penyebabnya, supaya kita bisa jaga-jaga agar si kecil tetap terlindungi dan terobati (jika penyakit influenza mulai menyerang). 

Treatment saat si Kecil terkena Gejala Influenza

Bila si Kecil terkena influenza, langsung saja lakukan treatment yang saya tulis di bawah ini agar cepat mereda:

  • Berikan asi yang cukup
  • Jemur masing-masing 10-15 menit pada bagian depan dan belakang sebelum pukul 08.30 pagi (jangan kesiangan ya, kasian nanti si Kecil jadi gosong)
  • Bersihkan cairan hidung yang mengeras menggunakan kapas yang diberi air hangat 
  • Baringkan di pangkuan dengan posisi tengkurap menghadap ke bagian depan. Tepuk punggungnya dengan lembut
  • Siapkan mangkuk yang diisi air hangat lalu teteskan minyak esential secukupnya. Letakkan di sudut kamar agar uapnya dapat dihirup
  • Oleskan Transpulmin Baby Balsam di bagian dada, punggung dan leher
  • Hindari menggunakan obat tanpa resep dokter

Belajar dari Ibu; menjadi dokter untuk anak kecil

Dulu saat kami kehujanan yang terkadang mengakibatkan batuk dan flu berkepanjangan (hampir satu minggu lebih), kami cuma disarankan untuk tidak meminum es, sembari berkumur air hangat yang sudah dilaruti garam, supaya flu dan sakit tenggorokannya mereda. Tapi setelah memasuki zaman millenia seperti sekarang ini, semua hal yang menurut kami agak kuno sedikit dihilangkan. Karena menyesuaikan situasi dan kondisi saat ini, yang mana cuaca saat saya masih kecil dan sekarang sangatlah berbeda. Serasa tidak mempan (tak berpengaruh) ketika sakit saat ini hanya diobati dengan cara tradisional seperti tadi.

Biasanya kami langsung cek ke dokter, kira-kira sakitnya apa. Dan ketika dokter bilang cuma penyakit anak kecil alias influenza, kami langsung menebus obat di apotik dan ternyata, salep/ baby balsam Transpulmin masuk ke dalam daftar list. 

Kenapa harus Transpulmin? 


Transpulmin mengandungi bahan Eucalyptol dan ekstrak Bunga Chamomile yang mampu memberikan efek menghangatkan badan juga melegakan pernafasan. Yang pada dasarnya Champor mempunyai sifat menghangatkan kulit (rubefacient) dan bersifat analgesik lemah, begitu juga Eucalyptol yang umumnya digunakan untuk mengurangi iritasi kulit (counter-irritant).


Transpulmin Balsam kemasannya sangat praktis, mini size 10g dan 20g yang mana mudah di dapatkan di Apotek dan toko-toko obat terdekat seperti Kimia Farma, Guardian,  Watson, Century, Boston dan lain sebagainya.


Teksturnya tidak terlalu padat seperti balsam pada umumnya, juga tidak terlalu encer. Semacam pelembab krim muka sih menurut saya (salep gitu lah). Wanginya benar-benar segar, tidak terlalu menyengat. Sekali oles langsung meresap dan terasa hangat (bukan panas seperti balsam kebanyakan loh ya). Makanya cocok untuk anak-anak dan seluruh keluarga. Kalau buat orang dewasa semacam saya sih suka diolesin di pilingan (pelipis) supaya sakit kepalanya mereda.

Ada 2 Jenis Transpulmin yang bisa dipilih sesuai kebutuhan

Ada dua jenis balsam Transpulmin yaitu Transpulmin BB Balsam (kemasan warna putih) dan Transpulmin Balsam keluarga (kemasan warna kuning).

1. Transpulmin BB Balsam (Baby Balsam)


Transpulmin BB Balsam digunakan untuk anak berusia 0-2 tahun (bayi dan balita). Kegunaannya: untuk membantu meringankan hidung tersumbat karena flu, nyeri di punggung, sakit kepala, sakit perut dan menghangatkan badan.



Transpulmin BB Balsam mengandungi Eucalyptus Oil dan ekstrak Chamomile yang bisa melegakan pernafasan, menghangatkan badan, cocok untuk relaksasi, dan memiliki aroma yang menenangkan. Transpulmin BB Balsam tidak mengandung Champor & Menthol, sehingga sangat sesuai untuk kulit bayi dan tidak menyebabkan alergi. Transpulmin BB Balsam juga berbentuk salep/ cream yang mudah menyerap ke dalam kulit sehingga cepat meredakan gejala influenza. 

Dosis dan cara pemakaian:
-Untuk bayi dan anak-anak : 2-4 kali sehari
-Digosokkan pada dada, punggung dan leher

Anjuran:
Jangan digunakan pada muka khususnya untuk hidung atau bagian kulit yang sensitif.

Efek Samping:
Terjadi iritasi ringan berupa kemerahan pada kulit (hal ini sangat jarang terjadi, tapi bisa saja terjadi, tergantung jenis dan kondisi kulit pada saat pemakaian)

2. Transpulmin Family Balsam (Balsam Keluarga)

 

Transpulmin Balsam Keluarga digunakan untuk anak berusia 2 tahun ke atas (tidak untuk anak di bawah 2 tahun) juga untuk seluruh keluarga. Kegunaannya: Sebagai obat gosok untuk menghangatkan badan dan melegakan pernafasan. Meredakan nyeri punggung, sakit kepala, sakit perut, meringankan gejala batuk dan pilek.

Peringatan dan perhatian:
- Hindarkan kontak dengan mata, luka terbuka, kulit yang terinfeksi
- Jauhkan dari jangkauan anak-anak
- Tidak digunakan untuk anak di bawah usia 2 tahun
- Jangan digunakan langsung di bawah lubang hidung (tapi kalo saya suka menghirup wanginya sambil merasakan sensasi mentholnya, haha)

tangan nyeri bisa juga diolesin :D
Dosis dan cara pemberian:
Sesuai dengan umur penderita, digosokkan beberapa kali sehari pada dada, leher, dan punggung selama beberapa menit. Bagian-bagian badan yang telah digosokkan hendaknya ditutup misalnya dengan kain atau selimut. 

Saya dan si kecil Juwita (4 tahun)

Mandi Uap Muka
Untuk mandi uap muka sendiri caranya gampang banget. Kalian tambahkan beberapa colekan balsam ke dalam 1 liter air panas. Lalu uap yang timbul bisa kalian hirup selama beberapa menit. Ya semacam aroma teraphy gitu lah.

So, buibu dan colon buibu udah paham lah ya bedanya Transpulmin BB Balsam sama Transpulmin Balsam Keluarga. Jangan sampai salah oles ya bu Takutnya si kecil malah iritasi kulit. Soalnya kandungan dari BB Balsam sendiri kan berbeda dengan Transpulmin Balsam Keluarga. Kalau BB Balsam tidak ada mengandung campuran Champor & Menthol, sedang Transpulmin Balsam Keluarga mengandung keduanya.

Kondisi yang harus diwaspadai nih buibu!


Bila si kecil sudah diberi treatment seperti yang saya tulis tapi masih ada hal-hal seperti yang saya tulis di bawah ini, maka segera bawa si kecil ke dokter ya bu ibu.. Takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan loh!
  • Pilek yang disertai batuk dan demam diatas 39 derajat Celcius dan berlangsung lebih dari 3 hari 
  • Sering mengantuk atau rewel 
  • Sering menarik telinga dan menangis 
  • Batuk semakin parah dan diiringi nafas cepat 
  • Pilek tidak membaik lebih dari 7 hari
Oleh karena itu, sampai sekarang saya masih mengkonsumsi Transpulmin Balsam Keluarga 10g. Karena influenza bukan hanya menyerang anak kecil saja. Jadi saya tetap WASPADA terhadap influenza :) Selama saya berada di luar kota pun, bilamana mengalami nyeri, pusing kepala, atau menderita influenza, balsam menjadi obat yang terbaik untuk saya. Dan saya pun belajar menjadi seorang ibu yang baik, ketika saya menemukan anak kecil seperti si Juwita dan teman-teman misalnya yang kebetulan terserang batuk pilek, saya langsung menjadi dokter alternatif bagi mereka dan menjadikan Transpulmin sebagai pereda pesakitan mereka. Hangatnya Transpulmin Balsam sehangat kasih sayang seorang ibu loh :) 

// Penyimpanan:
Simpan di tempat Sejuk
(tidak terkena sinar matahari)
 

No. Reg: POM QD. 151 713 831

Diproduksi oleh:
PT. MUGI LABORATORIES
Bekasi - Indonesia
Merek Dagang yang dimiliki oleh:
MEDA Pharma GmbH & CO.KG, 
Bad Homburg, Germany

Tulisan ini diikutsertakan lomba Blog Transpulmin Balsam oleh KEB,
More info, please click the banner competition below!

Xoxo,

14 comments:

  1. Klau anak sudah flu dan demam, itu tandanya ibu harus lebih meluangkan waktu untuk menemani anak yang enggak bisa tidur, yang rewel enggak mau makan dan pinginnya gendongan. AKu juga pakai transpulmin waktu anakku masih bayi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Astin, bener banget. Tapi kesian juga si kecil kalo lagi sakit gitu, apalagi kalo debay yg sakit, duh duh suka nggak tega kalo lagi influenza :'(

      Delete
  2. kalo liat keponakan sakit pas mudik itu sedih, apalagi kalo mereka demam/flu. jujur lebih suka obat seperti balsem karena nggak ngasih efek ke organ tubuh secara langsung ^^ nice sharing, Cory! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa fi, aku aja demen banget sama salep2an gitu. Untung adek2 juga pada suka kalo diolesin Transpulmin, jadi gausah repot ngerayu buat ngobatin pas lagi batuk pilek. Xixi

      Delete
  3. Waah baru tau ada balsam ini mba. Soalnya di keluarga kita memang bisa dibilang jarang banget pake balsam ato minyak yg hangat2. Pertama kalo anak2ku agak sensi kulitnya, trs nth kenapa lgs lari kalo liat aku mau pakein minyak telon ato sebangsa balsam begini. TApi memang transpulmin blm prnh aku cobain.. Jd ga tau jg reaksinya bakal gimana. Tp aku bayangin kalo ditaro dlm air hangat trs dihirup uapnya sepertinya seger yaa.. Aku suka semua yg berbau atomaterapi gitu soalny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tooosss mba Fanny, aku juga demen banget ngendus2 gitu :D
      Emang seger mbaa, jadi macam relaksasi gitu loh, keringetan seger. Sok atuh dicoba ya..

      Delete
  4. baru tahu ada balsam ini dan ada yg buta bayi lagi, bookmark kalau perlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak Tiraa, cocok banget deh buat buibu yang punya balita. Biasanya kalo bayi dibawa berpergian kan suka rewel, bisa jadi Transpulmin BB Balsamnya ngebantu banget buat oles2. Dijamin si kecil langsung bobo cantik.. Karena anget sih ya :)

      Delete
  5. Ini dulu jadi bawang wajib kalo bepergian, mbak. Angetnya pas buat bayi. Mau pergi kemana2, olesin dulu bia anget. Sekarang anak2 udah ngga masuk anginan lagi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mba Putu. Sampai sekarang pun balsam ini selalu menjadi barang bawaan saya saat berpergian kemana-mana. Pusing kepala, rasa mual dkk jadi minggat semua :)

      Delete
  6. Gemesh banget anak siapa yang terakhir :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gemeeeess banget tauk. Anak orang itu gue peluk! Biar cepet nulaaar. Hahahaha.

      Delete
  7. cory, aku belum punya anak gimana donk wkwkwkwk.
    itu anak siapa dipeluk-peluk..wah wah wah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, sama keleus kak. Padahal gue juga udah siap nih jadi emak2 blogger.
      Anak orang itu, gue pinjem dari temen gue LOL! XD

      Delete

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment below, then click post/ publish!
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Jangan SPAM, karena bakal dihapus secara otomatis. Thank you :)

Instagram

I'm Proud to be a part of :