Menelusuri Jejak Taman Baca Masyarakat [TBM] Kolong Flyover Ciputat

doc. pribadi Menjadi generasi yang hidup di jaman serba dicekokin seperti sekarang ini, terkadang membuat saya merasa pening kepala ket...

doc. pribadi
Menjadi generasi yang hidup di jaman serba dicekokin seperti sekarang ini, terkadang membuat saya merasa pening kepala ketika saya dituntut harus mikir, bagaimana supaya anak muda jaman sekarang bisa meluangkan waktunya untuk membaca setidaknya satu buku dalam sehari. Tapi sepertinya sangat susah. Terlebih jika mereka sudah tahu dan paham akan positifnya dunia digital sekarang ini. Mungkin mereka lebih memilih menginstall aplikasi "book reader" sedaripada membaca buku langsung.

Kehidupan saya di tengah kota Ciputat sungguh amat menyenangkan. Menikmati hiruk pikuk suasana macet yang tak kunjung selesai membuat saya terkekeh sendiri, ternyata begitu banyak kerunyaman di sini tapi mengapa saya masih betah juga menuntut ilmu di kota yang penuh dengan kepadatan imigran dan bulu-bulu penyakit ini. Sesekali ingin rasanya memiliki cita-cita menjadi gubernur Tangerang Selatan, supaya saya bisa membangun ruang publik yang hijau nan asri di kota Ciputat dan menjadikannya Landmark keindahan bumi Tangerang Selatan. Ah, sudahlah. Toh pemerintah sekarang juga sudah bertindak semampunya.

Sekali-kali numpang endorse di sana, haha :D
Saya sendiri orangnya suka jalan kemana-mana, tapi sayangnya semua dokumentasi perjalanan saya masih dalam box draft yang tersimpan, padahal sudah berjanji pada diri sendiri bahwa itu semua akan dishare di blog ini. Entah karena malas menulis ataukah belum ada waktu, saya masih berusaha melawan keduanya, supaya tidak terlalu menjamur di dalam box. Ya, semoga saja sesegera mungkin di posting. Sebagai contoh: tulisan Menelusuri Jejak Taman Baca Masyarakat [TBM] Kolong Flyover Ciputat ini seharusnya sudah di posting beberapa bulan lalu, tapi nyatanya baru bisa diposting sekarang. Ya, tidak apa, yang penting niatnya masih belum berkurang toh. Tulisan di semua draft harus segera di posting!

Dilihat dari judul, mungkin kalian sudah ada yang tahu di mana lokasi yang saya kunjungi saat itu. Sebagai mahasiswi jurnalistik yang tak mahu cerdas secara teoritis saja, saya menyempatkan diri untuk wawancara kepada pengelola Taman Baca Masyarakat Kolong Ciputat ini. 

Sesi tanya jawab 
Menurut Bintu, salah satu pengelola TBM Kolong Ciputat yang saya temui saat itu mengungkapkan bahwa sebenarnya TBM Kolong di Pasar Ciputat ini sudah ada sejak tahun 2015 silam. Didirikan oleh Sahabat Oi (komunitas kawan-kawan penggemar Iwan Fals) Tangerang Selatan, Pemuda Pengabdi Nusantara (P2N), juga Komunitas FISIP (UIN Jakarta) Mengajar. Mereka melakukan perombakan tempat yang dulunya adalah Pos Penjagaan Lalu lintas oleh Satlantas kota setempat, kemudian dijadikan ruang publik yang dinamis dan diberi nama "Baca Taman" Ciputat.

Di Baca Taman ini tersedia berbagai macam buku, dimulai dari buku bacaan anak-anak, pelajar, remaja, hingga untuk masyarakat umum. Semuanya didapat dari hasil sumbangan para mahasiswa dan masyarakat setempat. Ada sekitar 2000 lebih buku yang terkumpul. Bintu mengungkapkan bahwa para penyumbang buku kebanyakan adalah "Hamba Allah" yang diam-diam memberikan sumbangan berupa beberapa kardus buku yang masih layak dibaca. Bahkan ada pula yang menyumbang buku baru tanpa menyebutkan identitas diri. Semuanya diterima dengan senang hati dan rasa terima kasih kepada mereka, para donatur yang tak nampak sesiapanya.


Tujuan awal dari didirikannya Baca Taman ini sesungguhnya adalah memanfaatkan lahan kosong di tengah keramaian kota Ciputat (karena di sampingnya terdapat Pasar Besar kota Ciputat) dan memberikan kesempatan kepada masyarakat setempat yang kurang mampu sehingga bisa membaca buku secara gratis dan belajar, juga menjadikannya ruang publik kota Ciputat yang bisa dinikmati siapa saja yang ingin melipir dan butuh hiburan.

Bapak tua pengangkut sampah sedang beristirahat dan menyempatkan diri untuk bisa membaca buku
Di Baca Taman ini, buku-buku terlihat rapi semacam perpustakaan kota. Ada kode-kode tertentu yang memudahkan para pembaca mencari buku yang diinginkan. Semua hal yang ada di sekitar taman baca ini bernuansa hijau dan hawanya terasa sejuk karena ada taman bunga kecil di depan pos dan terdapat mural-mural cantik yang menempel pada dinding-dinding Flyover yang juga hijau senada warnanya.

Photo Credit: Sri Mulyawati
Pertama kali saya berkunjung pun terkagum-kagum. Ternyata Ciputat punya ruang publik yang begitu mengasyikkan. Ketika semua orang pusing kepala karena melintasi jalan yang begitu runyam sebab kemacetan, mereka bisa melipir ke tengah area kolong Flyover untuk bisa menikmati asrinya taman baca yang sekaligus menjadi ruang publik kota Ciputat ini.

Photo Credit: Sri Mulyawati
Dan bukan hanya ada taman baca saja di sana. Fasilitas ruang olahraga pun tersedia sebagai ruang edukasi dan hiburan yang sangat menyenangkan. Jadi, selain menjadi media gratis membaca para masyarakat kolong, Baca Taman ini juga berfungsi sebagai tempat edukasi tentang kehidupan sosial, ekonomi, geografis, dan sebagainya.

Saya pun merasa senang dan bangga atas hadirnya Baca Tama di kolong Flyover Ciputat ini, karena di sana setiap orang bisa berbagi informasi dan motivasi kepada siapa pun yang telah bersandar di situ. Mereka juga bisa saling bertukar pendapat, menghibur diri, juga menikmati bahagianya suasana Pasar Ciputat. Dan yang terpenting adalah, mereka bisa belajar membiasakan diri untuk membaca buku dan tidak terpaku pada generasi tutorial di era digital sekarang ini.


Karena taman baca ini menjadi ruang publik yang bersifat terbuka, maka seperti biasa, saya harus dipotret ala selebgram kekinian. Dan biarkan Ciputat tetap berisiki, asal taman baca ini masih terus hidup sampai kapan pun!

Xoxo, 

Read Other Articles

16 komentar

  1. Baru tahu ada fasilitas keren kayak tempat futsal dan taman baca di kolong jembatan. Ini kreatif banget. Mantap terus mbak cory. Keren euy!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya saja sempat kaget. Padahal dari tahun 2015 tapi saya tahunya baru awal 2017 kemarin, hehe. Anw, thanks for supporting me :)

      Delete
  2. Pernah lewat sana, tapi kok ga ngeliat kak cory yaa? �� lain kali mau mampir ah klo lewat sana~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, aku kan cuma jelajah aja kemarin. Mangga atuh kalo mau mampir mah :)

      Delete
  3. Waaahh...ini benar2 hebat.
    Cuma ingin tahu saja bagaimana dg pembiayaan untk pemeliharaannya? Biaya operasionalnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak salah waktu peresmiannya ada kerjasama gitu sama pemkot Tangerang Selatan mba. Tapi saya belum tahu pasti sih biaya operasionalnya gimana, nanti deh saya tambahin kalo saya ada wawancara lagi.. :)

      Delete
  4. wa asyik2
    daripada kotor mending buat taman baca
    bapak pengangkut sampahnya asyik juga baca bukunya.
    salutt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas bener banget :)
      Hehe iya, jadi semangat baca saya juga. Nggamau kalah sama bapak yg udah tua tapi masih mau belajar..

      Delete
  5. Baru tau ada taman baca + arena bermain, klo parkir motor, dimn? Aman ga? Itu arena bermain cuma buat warga situ aj kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau parkir sebaiknya di parkiran Plaza Ciputat mas, lebih aman.
      Kan deket juga tempatnya, tinggal nyebrang :)

      Delete
  6. wah keren ini mah, kapan di cirebon bisa bikin taman yg bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Hayo kapan?
      Mangga digerakkan warganya supaya bikin TBM juga :)

      Delete
  7. wah, kayaknya nyaman nih tempatnya. coba ntar kalau lewat sana saya lirik2 ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, nyaman banget.
      Boleh banget atuh, jangan dilirik aja kak, dikunjungi yess! :)

      Delete
  8. wiih keren banget tempetnya, Cor! semoga kedepannya makin banyak tempat kayak begini, biar anak muda Indonesia bisa berkembang menjadi sosok positif, amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin. Gue berharapnya juga gitu fii ! :)

      Delete

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment below, then click post/ publish!
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Jangan meninggalkan link hidup, karena bakal dihapus secara otomatis. Thank you :)

Back to Top
Cute Polka Dotted Beige Bow Tie Ribbon