[Event] How I Grow My Youtube Channel with Yonna Kairupan

Lihat subscribernya, hmmm -,-
Lifeascory.com - Pernah nggak sih kalian ngebayangin punya subscriber ratusan ribu? Kalau saya sih "Yess". Checkout my youtube channel here! Subscribe ya ☺ [ikhlas dong, please!]. Channel youtube yang saya buat sebenarnya sudah lahir sejak tahun 2016 kemarin. Tapi kontennya cuma tugas-tugas kuliah aja. Woilah! Ngenes juga sih, viewers dan suscribernya nggak sebanding. Anggap aja (ini fakta) viewersnya lebih banyak (karena saya suka promosi ke teman sekolah, teman maen, sama teman kuliah). Tapi sampai sekarang, saya nggak putus asa untuk bisa menjadi seorang youtuber yang subscribe-nya ratusan ribu. Amin 👯

Sebenarnya waktu awal bikin channel ini sempat kepikiran juga, mau difokusin ke mana. Berhubung tugas kuliah yang bejibun, akhirnya buat nampung video tugas deh. Padahal ide awal yang muncul, bikin channel youtube bakalan dipake buat mengeksplorasi bakat nyanyi (padahal suaranya cempreng) atau make up tutorial (emang cakep?-,-) atau review produk gitu deh, tapi gagal. 

Ikutan Eventnya Kak Yonna Kairupan

Bersyukur alhamdulillah, kemarin pas tanggal 27 Mei 2017, saya diberi kesempatan untuk menghadiri Event (yang sebenarnya) untuk para vlogger gitu yang diadain sama Indonesian Female Blogger di Best Western Premier The Hive Hotel, Jakarta Selatan. Pematerinya ya kak Yonna Kairupan ini (sang founder IFB juga IFV. Tentunya saya antusias dan seneng banget dong. Kapan lagi bisa ketemu kak Yonna yang terkenal sebagai youtuber, blogger, dan SFX Make Up Artis yang suscriber youtube-nya udah ribuan. Hmm, saya kapan? hehe.

Meski usianya tak lagi muda, kak Yonna masih tetap aktif dan ngeksis
Sempat disayangkan sih, saya datangnya telat, jadi materi yang saya dapat ya sekadar pas saya datang saja. (itung sendiri, acara mulai jam 2 saya datangnya jam 3 gegara kereta berhenti di Kebayoran dan lama banget). Tapi beruntungnya, saya masih mendapatkan materi "How I Start to be a Youtuber!" jadi alhamdulillah, tidak sia-sia juga.

Before You Start

Kak Yonna menyampaikan bahwa sebelum kita memulai untuk membuat channel youtube/ menjadi seorang youtuber, kita harus mengetahui 3 hal yang dianggap penting, yaitu:
1. Why you want to do youtube?
2. What impact to achieve?
3. What benefits?

Pertama, kita harus mengathui, kenapa kita ingin membuat channel youtube. Apa alasan kita dalam membangun sebuah konten di youtube?
Kedua, kita harus mengetahui kira-kira apa dampak yang harus kita capai ketika kita sudah memiliki channel youtube.
Ketiga, kita harus mengetahui kira-kira apa manfaat dari konten yang akan kita kelola nantinya. 

Sebuah kutipan yang membangun:
" HAVE THE GREAT REASONS AND KNOW THE RIGHT REASONS"

Kalau kalian udah yakin dan siap untuk membuat konten di youtube. Jangan ragu untuk memulai. Let's Start begin! Jangan pernah berfikiran bahwa kalian akan kalah saing karena beberapa alasan yang misalnya: sudah banyak youtuber-lah, takut nggak ada yang subscribe-lah, nggak ada waktu lah, nggak punya uang-lah, nggak bakat-lah, de-el-el, de-el-el yang itu semua bikin kalian gagal untuk bisa jadi youtuber serius yang subscribernya bejibun. Jangan lupa, bayangin kalo kalian bakalan dapat viewers banyak dan subscriber yang setia. And Go!


START NOW!

Mari kita mulai dari sekarang. Apa yang mesti kita lakukan?
//1 Know Your Self
Pertama, kita harus mengetahui apa yang ada dalam diri kita terlebih dahulu. Maksudnya? Ketahuilah apa yang menjadi kelebihan (strength) dan kekurangan (weakness) kita. Misalnya, saya orangnya pede (+) tapi saya tidak cakep (-) dari situ kita jadi tahu apa yang harus dikoreksi dan diunggulkan.

/2 Focus/ Clarity?
Kedua, kita harus mengetahui apa niche dari video yang akan kita upload. Misal: channel youtube saya fokusnya ke beauty, tapi ternyata saya bahasnya masak-memasak. Kan jadinya nggak nyambung. Makanya ketika kalian sudah punya pelanggan setia (subscriber) yang pastinya nontonin video kalian dan udah bejibun, harap pintar memilah dan memilih barang endorsment, jangan sampai konten beauty meng-endorse sosis atau kuliner. Hmm, mending bikin channel baru lagi cyiiin-,-

//3 Value
Ketiga, kita harus sadar bahwa video yang akan kita upload nantinya mau jadi video yang seperti apa? Informational-kah? Inspirational-kah? Motivational-kah? atau Entertaining-kah? Jangan sampai video kalian nggak ada rasa (tak mengandung nilai) apa-apa. Hambar cyiin, kurang mecin.

//4 Start!
Keempat, ketahuilah bahwa musuh kita adalah terlalu perfeksionis. (Enemies: Analyst and Perfectionist). Hal ini bener-bener saya banget. Dari kemarin gagal bikin video karena takut kurang perfect. Alhasil, sampai sekarang belum ada video (insyallah upload perdana besok deh ya) Amin. Di sini kalian harus tahu, bahwa untuk menjadi seorang youtuber, kalian harus "Do It by Your Self". Independently. Jadilah diri kalian sendiri dan jangan pernah takut. Be alert of the hype and do it!

//5 Consistency
Kelima, jangn lupa rajin-rajin posting, karena subscriber kita pastinya menunggu updatean video kita. Paling tidak seminggu sekali upload. Sanggup dong, kalau udah niat mah! :)

//6 Ready For Haters
Keenam, Siap-siap pastinya kalau kalian sudah banyak viewers dan subscribers, jangan pedulikan komentar yang negatif. Tahu lah, dunia ini bukan hanya tempat orang-orang yang bermulut manis, tapi ada juga yang suka ngejatohin. Maka dari itu, fokuslah pada mereka yang support kalian untuk terus bikin video. Perbaiki kualitas konten video kita, dan anggap aja kalian adalah selebritis yang punya haters dan suka ngasih Thumbs down and negative comment. Palingan juga teman sendiri yang syirik. Hehe. Ingat, don't care about haters! Fokus pada video dan fansmu.

//7 Hustle More
Terakhir, Jangan lupa promosiin video-video kamu ke teman-teman kamu, ke sosial media, ke blog kamu, dan ke siapa aja yang sekiranya kamu kenal. Karena di sini, anggap aja kamu masih melangkah untuk yang pertama kalinya jadi harus rajin nge-share. 

Jangan lupa, Perhatikan:
- Komentar yang ada di video kamu, balas komentarnya dengan bahasa yang menyejukkan
- Jawab pertanyaan-pertanyaan mereka
- Ikutan komunitas blogger yang sesuai dengan niche video kalian.

bersama para blogger :)
with kak Yonna Kairupan

So, GROW NOW dear !

Materi selesai, saya dan peserta lainnya berbuka puasa bersama. Thanks to BWP The Hive Hotel yang sudah bersedia nyediain tempat dan makanan buka puasa yang super duper. Nyaman dan enak. :)

// an Amazing BWP The Hive Hotel Resto


Terakhir, kita diberi bingkisan yang disponsori ole NYX Professional Makeup. Alhamdulillah banget deh ya :) So, tunggu next artikel ya, aku bakalan review produk NYX di blog ini dan channel youtube aku, bye~

with mbak ella, pemilik blog www.nyonyamalas.com

4 comments:

  1. Yang di bagian awal itu subscribermu kahh? Kereeen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, itu harapan kak. Faktanya saat ini mah belum segitu, wkwk

      Delete

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment below, then click post/ publish!
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Jangan SPAM, karena bakal dihapus secara otomatis. Thank you :)

Instagram