Hargai Orang Lain, Jika Ingin Dihargai yang Lain!


Berawal dari tulisannya kak Gitasav yang berjudul "Generasi Tutorial", gue jadi ikutan ngeluarin uneg-uneg. Memang benar, nggak semua orang Indonesia-generasi muda seperti apa yang disebutin kak Gita di sana dan seperti apa yang gue sebutin di sini. Tapi kebanyakan memang begitu adanya. Generasi baru-baru ini; Generasi Tutorial. Setuju! Gimana enggak? Apa-apa yang dulu bisa kita dapat hanya dari legenda, mitos, cerita rakyat, ngumpul bareng keluarga, wejangan orang tua, kini berubah drastis menjadi member google dan om youtube. Bahkan lebih dipersempit lagi, mengandalkan jawaban dari orang random di sosial media. Lo pikir mereka?

Gue juga kadang ngerasa sedikit "ehm" kalo ada pertanyaan-pertanyaan konyol di tahun melek teknologi seperti sekarang ini:

"Cor, kok bisa sih kamu ngedit foto kayak gitu, gimana caranya?"
"Cor, gimana sih cara bikin blog gitu? Susah nggak sih?"
"Cor, lu kok bisa suka nulis sih? Emang suka baca juga?"
dst.. dst..

Omo omo, nggak tau internet ya? Google? Bing? Yahoo? AOL? Ask? KASKUS? 
Nggak tau kak! OMG, Jebakan banget buat gue! Hari gini gitu loh, masa iya masih ada aja yang nggak tau internet. Kecuali bapak-bapak kudet atau nenek-nenek masa kini yang udah lama hidup lebih sebelum Indonesia merdeka, mungkin saja mereka nggak tau apa-apa. Nah kamu itu loh, hidup nggak dikurung di dalam kandang doang kok ya bilang nggak tau internet. Atau mungkin tau tapi nggak ngerti fungsinya? Alah. 

Kadang gue ngerasa bersalah juga ketika ada yang nanya tapi jawaban gue cuma "Cari aja di google". Harusnya lo juga sadar, kalo lo itu bukan kucing, yang harus dikasih ikan karena nggak bisa mancing sendiri di empang. Kalo lo emang sadar bahwa otak lo butuh jawaban atas pertanyaan yang emang lo belum tau, ya lo harusnya nyari, usaha dulu. Setidaknya ada inisiatif 'Oya, cari di google dulu deh, siapa tau ada'. Kalau emang bener nggak ada, baru tuh nanya ke orang yang menurut lo bisa ngejawab pertanyaan yang menurut lo rumit.

Terlalu nyakitin nggak sih? Ya enggak lah. Ini buat intropeksi diri aja. Kadang ada yang bilang "Gue udah nyari-nyari cara edit ini, cara bikin ini, di google tapi nggak ketemu atau nggak ada". Padahal gue juga udah nulis tutorial pengantarnya di blog gue (buat orang yang pernah bilang ke gue kalo bikin blog itu nggak ada tutorialnya, impossible banget!). Masaiya google masih nggak mendeteksi. Gitu loh, yang bikin gue kadang-kadang juga sakit hati. Gue aja bisa ini bisa itu hasil dari kinerja otak dan tangan gue sendiri. Semua-muanya gue dapetin dari mbah google dan kawan-kawannya. Nyesek juga kalau harus ditanya hal yang memungkinkan bisa ditemukan secara gampang dengan sekali klik.

Sadar dong guys! Apa gunanya ada internet? Punya smartphone tapi lo nya emang nggak smart? Sia-sia!
Sadis kan ucapan gue? Ya iyalah, gue aja nyari duit sendiri, biaya hidup sendiri, apa-apa sendiri, padahal nyokap gue juga ada. Tapi gue masih punya otak buat mikir, sebelum gue nyusahin orang lain gue berusaha buat nyusahin diri gue sendiri demi kebahagiaan yang bakal gue dapetin dan gue nikmatin sendiri nantinya. Untung rugi ya cuma diri sendiri yang ngerasain. Maksud gue, lo tuh usaha dulu sebelum nanya ke orang lain. Lo mau apa? 

Gue juga paham maksud pernyataan kak gita yang ini:

"Daripada buka browser, mengetik apapun pertanyaan mereka di search engine, dan pilih-pilih sendiri artikel yang mau dibaca, mereka lebih seneng nanya orang random di sosial media--disuapin langsung jawaban atas pertanyaan mereka. Oh, I know what I'm talking about."

Harusnya orang Indonesia sadar. Kita pengen tahu, pengen bisa, pengen ini pengen itu secara instant, tapi giliran dikasih yang instan dan gratis malah nggak dimanfaatkan. Lo tau nggak sih? Sebarapa besar perjuangan orang-orang yang mau nulis artikel di blognya, membuat video tutorial (rekam, edit, publish) yang memakan waktu luang mereka hanya supaya orang lain bisa mengaksesnya secara cuma-cuma. Lo bisa bayangin kan betapa lelahnya mereka? Kalo gitu jangan lagi dibebanin sama pertanyaan-pertanyaan lo yang udah dijawab melalui artikel atau videonya, gitu loh! Sebenernya sesimpel itu sih solusinya. Sadar dong kalo internet sekarang ini gampang dijangkau. Hape murah aja udah bisa dipake internetan kok. Apa susahnya coba?

Kadang gue dibilang pelit ngasih ilmu. Padahal bedanya cuma di mulut sama di internet doang. Gue agak males kalo ada orang yang nggak mau berusaha dulu, tapi asal nyeplos ngelontarin pertanyaan yang padahal gue udah ngejawabnya melalui tulisan. So sorry, guys! Gue nggak bermaksud sombong atau nyakitin hati kalian. Cuma ini buat jadi bahan intropeksi diri aja.

Sekali lagi, Hargai Orang lain dong kalo mau dihargai yang lain!

No comments:

Post a Comment

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment below, then click post/ publish!
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Jangan SPAM, karena bakal dihapus secara otomatis. Thank you :)

Instagram

I'm Proud to be a part of :