Saatnya Perangi Rasa Malas Dengan 5 Hal Menarik

Saatnya Perangi Rasa Malas Dengan 5 Hal Menarik  - Hari ini adalah hari berlangsungnya sebuah tragedi besar. Selain sebagai hari persiapan u...

https://corryus.blogspot.com/2016/12/saatnya-perangi-rasa-malas-dengan-5-hal.html

Saatnya Perangi Rasa Malas Dengan 5 Hal Menarik - Hari ini adalah hari berlangsungnya sebuah tragedi besar. Selain sebagai hari persiapan untuk menyambut hari penting "Maulidur Rosul SAW" tanggal 12 Robiul Awwal / 09 Desember 2016 Senin depan dan Hari Ibu tanggal 22 Desember 2016 minggu depan, gue pengen ngasih tau ke kalian bahwa sejak satu hari yang lalu a.k.a kemarin, gue sedang melakukan perang besar kepada sekutu [diri gue sendiri].

Selama ini [for three month], kerjaan gue cuma kuliah pulang [repeated 🔄]. Kebiasaan baca buku gue [novel dan sejenisnya] berkurang, bahkan hampir punah. Jadwal nyuci baju gue tertunda, sholat gue ngaret [you know ngaret kan? Ah, memalukan!], bahkan blog gue yang ini nih cuma jadi pajangan macam souvenir nikahan. Produktifitas gue cuma ngerjain tugas kuliah. Essay, Paper, Slide Share, Videos, Photo Edit. Ah, menggeramkan memang. Gue semacam robot yang di remote sama kegiatan kampus. Terkadang juga bolos kuliah, hanya gara-gara kesal sama diri sendiri. Sepele tapi benar-benar bikin sakit hati.

Mulai kemarin, gue intropeksi diri. Gue ngerasa ada yang nggak beres dengan diri gue sendiri. Apa sih penyebab gue malas selama ini? Jangan bilang ini bawaan dari lahir. Gue gak sejelek itu kok. Dulu gue juga sering memenangkan penghargaan murid paling rajin dan disiplin. Jadi wajar dong kedisiplinan gue sekarang bisa dibilang sudah hampir punah. Ah, bokis dikit nggakpapa kan? Tapi gue nggak sehebat itu juga sih. Hehe 😂 Gue mah, biasa aja. Nah loh? Wajar dong kalau sekarang jadi malas? Bukan, bukan begitu maksudnya. Ah, gimana sih!

Oke, lalu gimana sih caranya agar gue bisa produktif lagi a.k.a no lazy time?

Kalau kalian salah satu dari orang yang tipe nya seperti gue, atau lebih tepatnya sekarang lagi males. Coba deh maping dari sekarang. Hajar dan hayo kita perangi rasa malas yang membandel. Jangan mau kalah sama malas, karena dia bakal bikin kita jadi bangkai hidup. Kalau kata pepatah "La Yamutu wa La Yahya", diplesetin maknanya jadi "badan nggak mati tapi ngabisin biaya". Ngeselin juga kan hidup tak menghasilkan perubahan apa-apa.

So, mari ikut saya ke alam gaib! Wheleh, maksudnya ikuti tips saya. Ini khusus buat kalian yang se-tipe ama saya ya. Yang beda kasta, beda tipe, atau beda tingkatan dilarang baca! Eh, becanda. Kebanyakan ngocolnya juga ya nih orang. Well, begini. Buat kalian yang memang pada dasarnya punya passion, suka [hobi] menulis kemudian secara tiba-tiba terserang penyakit malas dan nggak produktif lagi. Ini dia tipsnya agar kita berhasil memerangi rasa malas:

1. Baca Novel atau Komik

Karena permasalahannya selama ini cuma gara-gara salah fokus a.k.a ngerjain tugas kuliah melulu, mulai sekarang mari ke dunia imajinasi. Dunia di mana kita bisa sepuas-puasnya menikmati kegemberiaan hobi kita yang selama ini terpinggirkan. Belilah novel, kalau memang kalian suka baca novel. Kalau enggak novel ya komik, kalau nggak ya buku apa aja kek [humor atau buku belajar do'a-do'a misalnya], pokoknya tergantung selera dan di luar buku kuliah deh, biar kalian nggak bosan. Karena sesungguhnya kebosanan adalah suatu hal akan memicu lahirnya kemalasan, jadi jangan beli buku yang udah bikin otak kalian bertambah sumpek dan ruwet.

Dan ini menjadi hal yang sangat penting. Kenapa? Karena, dengan membaca tulisan yang ada di dalam buku lalu kita paham atas apa yang kita baca [karena suka], setidaknya kita telah berusaha mengurangi beban kemalasan yang ada dalam diri kita. 

2. Mencuci Baju

Kalau kalian punya pakaian kotor yang numpuk, please deh jangan sok-sokan bawa ke tukang laundry mulu. Kasih kesempatan juga buat mereka biar nggak terlalu berat mengemban beban nyuci-jemur-nyetrika🔄Kalau kalian masih punya tangan sama badan yang fit kenapa harus ke tukang cuci? Nyuci baju sendiri kan bisa. Apalagi di musim hujan begini pasti banyak alasan buat malas-malasan. Pura-pura ngantuk lah, capek lah, gerah lah, mager lah. Ah, nggak nyambung banget. Waktunya nyuci ya nyuci, jangan bilang malas jemur, apalagi bilang bosan. Ah, bener-bener gak rasional. Jadi, dengan memaksa diri untuk mencuci bajulah kita bisa setidaknya mengurangi sedikit rasa malas.

3. Bernyanyi

Nah, buat kalian yang benar-benar memiliki rasa malas yang akut, cobalah mengikuti saran saya. Bernyanyilah untuk memicu meningkatnya mood baik kalian. Karena terkadang, rasa malas itu lahir sewaktu kita sedang mengalami suatu hal yang sangat berat alias sedang 'stress'. Jadi, jika kita mencoba melawan malas dengan bernyanyi, tubuh kita akan melepaskan endorphine sehingga kita akan lebih bersemangat dalam mengerjakan sesuatu.

4. Belajar Menggambar/ Desain

Karena gue adalah tipe orang yang suka seni, dan buat kalian yang setipe sama gue, maka cobalah untuk belajar menggambar atau mendesign dalam memerangi rasa malas kalian. Karena dengan mencoba untuk menjadi orang yang produktif, rasa malas akan menghindar dan menghilang dengan sendirinya.


5. Menulis di Blog

Buat yang suka baca dan suka sharing kepada orang lain melalui tulisan, maka jangan ragu buat nulis di blog. Karena dengan nge-blog lah kita bisa sharing segala sesuatu yang bermanfaat ke seluruh lapisan masyarakat [yang bisa mengakses internet]. Jadi, dengan nge-blog juga lah kita bisa memerangi rasa malas kita agar bisa lebih produktif.

Dan itulah lima hal menarik yang menurut gue patut untuk diaplikasikan buat kalian yang setipe ama gue. Jadi, buat kalian yang nggak setipe ama gue tapi menurut kalian ini adalah cocok, maka boleh juga kalian aplikasikan ke dalam diri kalian. Karena sesungguhnya kemalasan adalah suatu hal yang patut disingkirkan, biar kita menjadi orang yang produktif dan bermanfaat untuk diri kita sendiri dan orang lain. So, mari kita perangi rasa malas yang ada dalam diri kita! Good luck!

Read Other Articles

0 komentar

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment below, then click post/ publish!
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Jangan meninggalkan link hidup, karena bakal dihapus secara otomatis. Thank you :)

Back to Top
Cute Polka Dotted Beige Bow Tie Ribbon