Tips Membeli Domain Bagi Blogger Pemula


Barangkali setiap blogger pemula banyak yang bertanya, gimana sih biar blog kita sama kayak blogger-blogger famous, yang kebanyakan blognya sudah mengemban gelar atau embel-embel dibelakang nama domainnya dengan .com, .id,  .co.id, .net, .org, atau dot-dot yang lainnya? Belinya di mana? Caranya bagaimana? Duh, ribet gak sih? Ada yang murah gak? Nah, yang terakhir nih, pertanyaan yang paling spesial di antara yang lain. Hahaha, pengennya yang murah dan kalau bisa gratis. (Hari gini minta gratisan? Ikutan giveaway dulu kale! :p) Anyway, kesimpulannnya adalah orang Indonesia itu kebanyakan "Pengen punya sesuatu yang keren tapi gak mau ribet, dan sebisa mungkin mencari harga beli yang lebih murah & nggak murahan. Kalau bisa gratis cuy!" Tapi tenang saja, tidak semua orang Indonesia begitu kok.

Sebelum saya memberikan tips membeli domain, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh blogger pemula dalam memilih sebuah domain. Tapi sebelumnya, apa sih domain itu dan apa sih fungsinya?

Domain adalah sebuah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server, di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain itu juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya facebook.com, yahoo.co.id, dan seperti punya saya "pramestitalk.id". Nah, nama domain tersebutlah kadang-kadang sering disebut dengan istilah URL, atau alamat website.

Tips Memilih Domain Bagi Blogger Pemula
  1. Pilih nama domain yang sesuai dengan nama kalian (namah panggilan/ nama khusus) atau nama bisnis kalian. Bikin seunik mungkin dan mudah diingat.
  2. Alangkah baiknya jika kalian menggunakan TLD (Top Level Domain) berekstensi (dot) com untuk nama domain kalian. TLD .com adalah eksetensi domain yang paling mudah diingat orang. Misalnya, google.com. Tapi kalau mau .net, .org, .id, .co.id atau yang lainnya ya terserah. Tapi menurut aku sih tergantung kontennya juga sih ya. Kalau konten kalian sangat menarik perhatian publik, saya rasa mau pakai TLD apapun ya pastinya banyak yang mengingat-ingat nama domain kalian. Hehe.
  3. Jangan pernah menggunakan nama domain yang berbaru SARA atau PORN karena ini akan memberikan dampak buruk pada situs kalian dan tentunya image kalian sendiri. Search engine seperti google biasanya berorientasi pada kata kunci, bila domain kalian mengandung kata-kata yang berbau SARA, hal ini dapat mengakibatkan situs kalian diblacklist oleh search engine, yang akhirnya akan berdampak pada jumlah pengunjung situs kalian. 
  4. Bila memungkinkan, hindari penambahan kata-kata atau karakter yang tidak perlu pada domain kalian. Misalnya penggunaan tanda minus, angka, atau huruf tambahan – ini dapat mempengaruhi kekuatan SEO sebuah situs. Tapi bila memang harus terpaksa menambahkan karakter pada domain, maka sebaiknya kalian menggunakan tanda minus (-).

Tips Membeli Domain Bagi Blogger Pemula
  1. Belilah domain di agen registrant yang terpercaya dan kalau bisa cari yang harganya terjangkau.
  2. Pastikan yang menjual domain tersebut adalah perusahaan. Jika yang menjual bukan perusahaan, akan ada kemungkinan kesulitan dalam menghubungi, dan akan berakibat fatal jika ternyata tidak bisa memperpanjang domain.
  3. Pastikan perusahaan tersebut adalah perusahaan yang bonafide. Pastikan perusahaan tersebut berpengalaman dalam menjalan bisnis domain. Dan pastikan juga bahwa perusahaan tersebut mempunyai website.
  4. Pastikan website tersebut menyediakan layanan chatting online. Dengan sarana ini, kita mudah menghubungi jika ada yang ingin ditanyakan mengenai domain yang kita beli.
  5. Pastikan perusahaan tersebut memiliki alamat yang jelas. Ini berhubungan kredibilitas perusahaan. Jika tidak ada alamat yang jelas, jangan membeli domain di perusahaan itu.
  6. Pastikan perusahaan tersebut memiliki nomor telepon yang mudah dihubungi. Sama juga berkaitan dengan kredibilitas dan kenyamanan pelanggan. Makin mudah dihubungi, perusahaan tersebut makin mempunyai tingkat kepercayaan yang tinggi.
  7. Cobalah chatting dengan customer servicenya, apakah layanannya menyenangkan. Ini untuk meyakinkan pengambilan keputusan kita.
  8. Jangan membeli nama domain yang sudah menjadi merek dagang,  misalnya: tokopedia.com, olx.co.id atau yang lainnya. Jangan pernah berpikir untuk membeli domain yang mirip dengan domain tersebut karena kemungkinan besar anda akan dituntut oleh pemilik perusahaannya.
Nah, kalau saya kemarin belinya di domainesia.com, selain harganya murah fasilitasnya juga sangat memuaskan. Domainesia menawarkan harga domain standart sekitar $9.98 per domain per tahun – akan lebih murah lagi bila anda membelinya pas sedang ada promo (punya saya .id cuma 99rb karena kemarin sedang ada promo 17 Agustus, yang harga aslinya sekitar 500an/per tahun) atau jika kalian memiliki kupon diskon alangkah baiknya bisa dipakai biar mendapatkan harga yang terjangkau.

Dan serunya lagi, saya pun dibantu ketika bingung mau mengalihkan domainnya dari blogspot ke .id. Tinggal kirim email, langsung dibalas. Macam chattingan saja kan.

Oke, mungkin cukup itu tips dari saya. Semoga membantu buat kalian para blogger yang masih belum paham cara membeli domain untuk blog kalian. So, tunggu apalagi? Ayo beralih ke domain pribadi kalian! Biar semangat ngeblognya :)

2 comments:

  1. Hmm.. saya beli domain di wordpress kurang lebih USD 18 atau sekitar 250ribuan, berarti mahal dong yah.. Akibatnya kalo engga mau ribet nih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo .com segitu ya lumayan mahal mak. Soalnya rata-rata .com itu biasanya dibandrol harga segitar 100rb sampai 150rb an :) Tapi gpp kalo ada uang mah, mending nggak pake ribet. Hehe

      Delete

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment below, then click post/ publish!
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Jangan SPAM, karena bakal dihapus secara otomatis. Thank you :)

Instagram

I'm Proud to be a part of :