Tutorial Bikin Blog di Wordpress Untuk Pemula


Selain Blogger.com, Wordpress.com juga termasuk salah satu situs yang memberikan peluang bagi blogger pemula yang ingin mengabadikan kisah menariknya melalui tulisan di blog (website), dan memberikan pilihan apakah website tersebut bernilai Gratis maupun berbayar (Premium) dalam tahap pembuatannya.

BEDANYA WORDPRESS DAN BLOGSPOT 

Sebelum membuat blog di wordpress, pastikan kalian tahu apa bedanya membuat blog berplatform blogspot dengan wordpress. Secara singkat sih sebenarnya blogspot lebih cocok digunakan untuk blogger pemula yang suka mengupgrade (mengedit, mengotak-atik) template biar lebih menarik lagi.

Dalam artian bahwa cara mengkoding CSS di blogspot tidak sesulit di wordpress. Juga hasilnya bisa terlihat sesuai apa yang diharapkan dengan waktu pengerjaan yang lumayan singkat. Sedangkan Wordpress lebih cocok digunakan untuk blogger pemula yang tidak mau terlalu susah, artinya ketika bikin blog - pilih tema yang bagus dan sesuai - sudah beres. Karena di wordpress sendiri sudah diaplikasikan sistem SEO Friendly pada templatenya. Dan jikalau masih kurang puas dengan template SEO yang sudah disediakan dari wordpressnya sendiri, siap-siap saja jadi ahli koding yang jenius. Karena, suer deh! ngedit CSS/html yang ada di wordpress itu lebih rumit sedaripada ngedit templatenya blogspot. Istilah-istilah yang digunakan  juga beda banget sama blogspot.


Secara ringkas, begini:
Blogspot: Tampilannya simpel (sederhana) dan belum SEO Friendly, tapi banyak juga yang menyediakan tutorial untuk mempercantik blog, tidak terlalu rumit dalam mengedit html/ css, tidak membingungkan, gampang kalau mau pasang TLD (top level domain) sendiri. Ya, bebaslah mau beli domain dimana juga, karena blogger.com tidak menjual domain.
Wordpress: Tampilannya lumayan keren dan sudah SEO Friendly, tutorial mempercantik blog tak sebanyak blogspot, lumayan rumit mengedit html/ css, kadang ya ada istilah-istilah yang lumayan bikin melongo (orang awam kurang paham), ribet kalau mau pasang TLD (top level domain) sendiri. Di wordpress sudah diberikan pilihan yang artinya wordpress sendiri juga jualan hosting dan domain, jadi nggak enak kan kalau beli domain ditempat lain. (pakai perasaan :D)

KALAU KALIAN SUDAH SIAP, MARI MENGIKUTI TUTORIAL MEMBUAT BLOG PLATFORM WORDPRESS


Pertama buka situs wordpress.com lalu pilih Buat Situs Web, lalu pilih salah satu kategori bakal calon blog  yang akan anda publikasikan. Di sini kalian akan menentukan seperti apa kerangka (dalam blogspot disebut tata letak) yang cocok atau sesuai dengan konten blog kalian nantinya.

Setelah memilih salah satu kategori yang sudah disediakan dari wordpressnya, maka kalian akan dibawa dimana kalian akan memilih kerangka halaman yang sesuai dengan konten nantinya dan sesuai dengan selera yang kalian kehendaki.

Setelah memilih kerangka halaman salah satunya, kalian akan dibawa ke ruang pemilihan tema (dalam blogspot disebut juga template). Dan jangan lupa pilih yang sesuai konten dan enak dipandang. Hehehe. Sebagai contoh, saya memilih tema "Sela".


Setelah memilah dan memilih tema dengan tepat, maka kalian bisa memilih domain baik GRATISAN maupun BERBAYAR. Kalau gratisan ya pastinya ada embel-embel wordpress.com dong. Kalau kalian sanggup membayar tagihan (per minggu/ per bulan/ per tahun) ya lebih baik pilih TLD yang sesuai. (.com .net .me .org .co.id atau yang lainnya)

Ketika kalian memutuskan untuk mencari bebas berbayar alias gratisan, maka sebaiknya ikhlaskanlah url blog kalian ber-embel-embel wordpress.com.

Pilih paket yang sesuai untuk kantong kalian. Kalau pengen nyoba yang gratisan ya silakan pilih yang gratis. Jika ingin mencoba yang berbayar, silakan pilih di antara tiga paket yang tersedia: PRIBADI, PREMIUM, atau BISNIS.

Jika sudah pilih memilih, kalian bisa lanjut membuat akun. Beda kan, kalau di blogger.co kalian harus sudah memiliki akun google terlebih dahulu. Kalau di wordpress kalian bisa membangun pondasi blog dulu baru membuat akun.


Kalau sudah selesai membuat akun. Silakan cek email kalian untuk mengkonfirmasi bahwa anda benar-benar ingin membangun suatu situs di Wordpress.com. Kemudian balik lagi ke wordpress lalu klik lanjutkan. Atau biasanya kalau sudah cek email akan ada tautan / link yang akan mengantarkan kalian kembali lagi ke wordpress.


Alhasil, blognya sudah lahir dan kalian bisa dengan sesuka hati mengatur Judul Site atau Judul Blog juga mengisi blog kalian dengan tulisan-tulisan yang sudah kalian persiapkan.


So, bagaimana? Mudah juga kan? Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment below, then click post/ publish!
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Jangan SPAM, karena bakal dihapus secara otomatis. Thank you :)

Instagram