Menyanyi Bukan Sekedar Menyalurkan Potensi

Ketika seseorang ditanya, mengapa dia suka menyanyi. Jawaban yang paling banyak dilontarkan adalah karena hobi, karena suka teriak-ter...


Ketika seseorang ditanya, mengapa dia suka menyanyi. Jawaban yang paling banyak dilontarkan adalah karena hobi, karena suka teriak-teriak lama-lama jadi suka nyanyi, ada juga yang bilang bahwa dia suka menyanyi karena ingin mengasah potensi (dalam bernyanyi) agar bisa lebih baik lagi, ada yang bilang cuma suka-suka dia saja, bahkan ada juga yang beralasan bahwa menyanyi adalah hal yang iseng. Padahal menurut Graham Welch, seorang pakar pendidikan musik di University of London mengatakan bahwa manfa'at sedaripada menyanyi (selain beberapa alasan yang disebutkan di atas) adalah baik untuk kesehatan, baik jasmani maupun rohani. Baik untuk tubuh maupun otak.

Lalu, apa sih yang sedang kita pikirkan saat bernyanyi?

Menyanyi bisa saja terlahir ketika seseorang itu merasakan kebahagiaan atau bisa juga karena sebaliknya. Selain menghayati isi dari apa yang sedang dinyanyikan (lirik lagu), seseorang bisa saja memikirkan atau berimajinasi seolah-olah bahwa lirik yang sedang dinyanyikan pada saat itu adalah real/ nyata. Yang artinya bahwa kejadian tersebut sedang terjadi bersamaan dengan dirinya.

Menyanyi bisa menyehatkan tubuh

Ada yang bilang bahwa di balik seseorang yang hobinya menyanyi sebenarnya ada hasrat (keinginan kuat) untuk mengasah, mengembangkan, dan menyalurkan potensi yang dimiliki. Tanpa disadari bahwa selain untuk menyalurkan potensi, menyanyi juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan, emosional dan otak.

Bagi penderita asma, menyanyi bisa menjadi salah satu obat yang sangat mujarab. Meski kedengarannya sepele, tapi menyanyi bisa melatih fungsi paru-paru karena seringkali menyanyi adalah dengan mengambil nafas yang lebih dalam. Selain itu, menyanyi juga bisa meningkatkan kualitas tidur. Bagi kalian yang sering ngorok saat tidur, coba deh sebelum tidur kalian menyanyi dulu, dijamin frekuensi ngorok kalian akan berkurang. Selain itu, menyanyi juga bisa memperkuat sistem imun tubuh (jadi kamu tidak gampang sakit), juga bisa menjadi krim anti aging tak berbayar, karena dengan menyanyi gerakan postur wajah akan menjadikan otot-otot wajah menjadi kencang, ya anggap saja sedang olahraga muka.

Menyanyi juga bisa meningkatkan kepercayaan diri. Saat kamu menyanyi lalu suaramu terdengar bagus oleh orang-orang yang ada di sekitarmu, kemudian banyak yang memberi pujian. Secara pasti kamu akan terus percaya diri. Ya, paling tidak kamu akan merasa enjoy ketika di atas panggung (tidak demam panggung) saat banyak yang sudah menginginkan kamu untuk menjadi bintang tamu dalam suatu acara.

Selain itu, menyanyi juga bisa meningkatkan mood dan mengurangi stress. Asal lagu yang dinyanyikan bukanlah lagu-lagu yang mengandung suasana depresi (galau), yang ada malah semakin mengurangi mood dan stress, juga tidak akan meningkatkan kreativitas kinerja otak kanan

Menyanyi dapat meningkatkan kinerja otak


Dalam penelitian terbaru para pakar asal University of Helsinsky, Finlandia dikatakan bahwa para pakar tersebut melakukan penelitian yang melibatkan sekitar 90 orang yang mengalami berbagai masalah pada kinerja otaknya. Dan selama 10 minggu, para penderita tersebut menerima pembinaan musik seperti menyanyi dan mendengarkan lagu. Selama 10 minggu mereka pun terus memantau perkembangan dari para penderita, mulai dari tes neuropsikolosi, kualitas hidup dan suasana hati. Hasilnya, para pakar tersebut menemukan bahwa bahkan hanya dengan sekedar mendengarkan musik, itu bisa meningkatkan kembali kinerja otak.

Menyanyi mampu memperbaiki kembali semua sistem dan gangguan yang terjadi pada otak. Mereka yang menderita demensia mampu mendapatkan kembali kinerja pada memori otaknya dan bagi mereka yang mengalami depresi ringan dan gejala Alzheimer ringan mampu mengurangi semua risikonya. Demensia adalah gangguan pada otak yang menyebabkan masalah fungsional pada kinerja otak, seperti menurunkan memori, cara berpikir, perilaku sampai menurunkan kemampuan untuk melakukan pekerjaan sehari-hari.

Nah, mulai sekarang jangan menganggap remeh orang yang suka menyanyi ya. Atau jika kalian memang punya bakat menyanyi jangan pernah beranggapan bahwa menyanyi adalah suatu hal yang iseng. Jom, let sing together!

Read Other Articles

0 komentar

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment below, then click post/ publish!
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Jangan meninggalkan link hidup, karena bakal dihapus secara otomatis. Thank you :)

Back to Top
Cute Polka Dotted Beige Bow Tie Ribbon