Cara Mengoptimalkan Template Sederhana Suatu Blog di Blogger.com


Setelah kemarin saya memenuhi janji memposting "Tutorial Lengkap Bikin Blog Baru Gratis Blogger.com" kali ini saya akan memposting bagaimana cara mengoptimalkan template sederhana suatu blog, khususnya yang berplatform blogspot (blogger.com). Ya, tentunya pasti ada rasa bosan ketika kalian mengakses template blog kalian yang mungkin biasa-biasa saja atau kurang berwarna.

Berikut adalah cara agar template sederhana blog kalian sedikit berwarna sesuai apa yang kalian kehendaki. Dengan merubah latar belakang (background) blog yang kita punya, mungkin akan menambah gairah pembaca ketika mengakses.


Ketika kalian berada di dashboard blog, pilih template. Maka kalian akan dibawa ke ruang pemilihan dan pengaturan template. Setelah itu pilih sesuaikan untuk mengatur template blog kalian sesuai selera. Dan jika kalian ingin melihat blog kalian dalam tampilan selular/ mobile, kalian bisa klik icon pengaturan yang sudah tersedia, lalu klik pratinjau.

Di dalam perancang template blogger ada beberapa menu yang memiliki fungsi untuk mempercantik blog kalian, diantaranya ada:
  1. Template: menampilkan template yang kalian pilih, di situ kalian juga bisa mengganti jenis template blog kalian.
  2. Latar Belakang: seperti gambar yang saya tampilkan di atas, di sini kalian bisa merubah background dengan gambar sesuka hati atau sekedar warna-warna biasa.
  3. Sesuaikan Lebar: menyesuaikan ukuran latar, konten, dan widget blog kita, seberapa lebar ketika dilihat dari tampilan laptop/ komputer.
  4. Tata Letak: mengatur kerangka blog kita, mau seperti apa bentuknya, apakah berisi konten saja, atau dengan widget di sampingnya (kanan atau kiri), atau lengkap dengan footernya.
  5. Tingkat Lanjut: mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan header, konten, sidebar widget. Terutama untuk merubah jenis font dan warnanya. Juga tersedia sub menu Add CSS, di mana kalian bisa menambahkan kode html untuk mempercantik blog kalian
Sebagai contoh, saya memilih latar belakang picture yang sudah disediakan dari blogger.com. Ada banyak sekali jenis gambar yang bisa dipilih. Atau kalian bisa menambahkan gambar sendiri dengan mengklik Unggah Foto (misalnya memakai foto kalian sendiri), kalau sudah jangan lupa klik selesai.


Seperti yang saya jelaskan di atas, untuk mengatur font dan warna teks bisa mengklik tingkat lanjut, sebagai contoh saya memakai jenis font Permanent Marker dan warna putih untuk Judul Blog saya. Setelah mengganti jenis dan ukuran font juga warnanya, jangan lupa klik Terapkan ke Blog.

Oke, mungkin cukup itu bagaimana cara mengoptimalkan template sederhana ala saya. Semoga tidak mengecewakan, karena sesungguhnya di balik sebuah template yang bagus dan enak dipandang ada sebuah perjuangan, kreatifitas dan pengorbanan yang dilakukan seorang blogger. Hehehe. :) Good luck, guys!

Baca Juga: Tutorial Bikin Blog di Wordpress Untuk Pemula

No comments:

Post a Comment

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment below, then click post/ publish!
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Jangan SPAM, karena bakal dihapus secara otomatis. Thank you :)

Instagram

I'm Proud to be a part of :