Cara Mengetahui Blog Kita Responsive Atau Tidak


Hello Good People!
Di era serba digital seperti sekarang ini, banyak orang-orang menyajikan tips atau sekedar sharing berbagai pengalaman secara ikhlas melalui blog atau website pribadi yang dimilikinya. Sehingga banyak pula yang mencari cara agar blog/ website pribadinya bisa enak dinikmati ketika diakses melalui berbagai media elektronik seperti komputer, laptop, tablet, smartphone ataupun hape yang bisa digunakan sebagai media internet.

Lalu bagaimana seseorang bisa dikatakan enjoy untuk menikmati sebuah informasi dari blog atau website yang dibacanya?

Ketika seseorang mulai mencari kata kunci melalui google.com, akan ada banyak pilihan yang mengharuskan ia mengklik salah satu dari situs tersebut. Setelah sukses di klik, maka situs tersebut akan menampilkan seluruh informasi secara lengkap. Dan jika situs tersebut tidak responsive, maka tampilan yang didapat akan berantakan. Kalau ngaksesnya melalui komputer sih tidak masalah, tapi bagaimana nasib orang yang sudah terbiasa mengakses melalui handphone? Secara di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini orang lebih suka menggunakan handphone sebagai media informasi karena praktis dan bisa dibawa kemana-mana, kapan pun dan di mana pun. Kalau informasi yang didapat melalui handphone nya tidak enak untuk dipandang, saya rasa mereka akan closing, lalu cari situs lain yang lebih nyaman untuk dibaca. Atau mereka akan terpaksa melanjutkan membaca tapi tidak akan mengakses untuk kedua kalinya di masa yang lain. Sayang banget kan, buat para blogger yang situsnya masih belum responsive. Pengunjungnya minim.


Pemilihan tema sangatlah mendukung untuk menjadikan sebuah blog itu responsive. Untuk platform blogspot sendiri pun sudah menyediakan berbagai template seperti simple, keren sekali, magazine dan lain sebagainya dengan pengaturan yang sangat luar biasa. Tinggallah si pemilik blog yang dengan cerdas mengoperasikan dan mengatur sebagaimana apiknya agar tampilan blog yang dimilikinya menjadi responsive dan enak untuk dinikmati.

Jika kalian juga pengguna blogspot, kalian bisa mengatur tampilan situs kalian ketika diakses melalui dekstop atau smartphone seperti gambar di atas
Lalu seperti apa sih blog yang responsive itu? Bagaimana cara mengeceknya?

Seperti yang saya jelaskan di atas tadi. Blog yang responsive adalah sebuah blog hasil desainan si pemilik blog dengan mengatur sebagaimana apiknya melalui template yang digunakan, sehingga web (blog/situs) tersebut memberikan pengalaman melihat yang optimal di berbagai perangkat, mulai dari layar desktop sampai telepon seluler. Konsep responsive web design ini sendiri pertama kali dipopulerkan oleh Ethan Marcotte pada 25 Mei 2010 lalu. Wah, sudah lumayan lama juga kan?

Untuk mengecek apakah blog kalian responsive atau tidak, sekarang ini sudah banyak situs yang membantu. Seperti google sendiri telah meluncurkan sebuah situs yang diberi nama Mobile Friendly Test Google di sana kalian bisa ngecek langsung apakah situs kalian sudah didesain secara responsive apa belum. Beginilah hasil tampilan blog saya setelah di cek di situs Mobile Friendly Test Google. Alhamdulillah, hasilnya responsive.
Akan ada tulisan "Awesome! This page is mobile-friendly" jika situs kalian dinyatakan responsive
Selain Mobile Friendly Test Google, ada beberapa situs yang akan membantu kalian dalam mengecek apakah situs kalian sudah responsive atau tidak. Diantaranya ada:
  1. Am I Responsive
  2. Troy
  3. Mobile Test.
Tiga situs itulah yang akan membantu bagaimana tampilan blog kalian selama diakses melalui dekstop maupun smartphone.

Gambar di atas adalah hasil pengecekan melalui Am I Responsive. Ini adalah situs yang paling saya suka, karena di sinilah kita bisa melihat secara keseluruhan bagaimana tampilan blog kita ketika diakses melalui komputer, laptop, tablet maupun smartphone. Keren kan?

Gambar di atas adalah hasil pengecekan melalui Troy. Di sini kalian bisa dengan leluasa mengecek tampilan blog kalian jika diakses melalui berbagai jenis smartphone. Bisa kalian pilih smartphone yang kalian inginkan, ada di sidebar sebelah kanan. 

Gambar yang terakhir adalah hasil pengecekan melalui Mobile Test. Seperti halnya situs lain di atas, di situs ini kalian bisa memilih smartphone mana yang akan menampilkan tampilan blog responsive kalian, kalau tidak responsive pasti hasilnya terlihat berantakan.

Nah, buat kalian yang masih penasaran bagaimana Cara Mengetahui Blog Kita Responsive Atau Tidak, silakan kunjungi situs-situs yang saya jelaskan di atas. Selamat mencoba!

NB: Untuk blog atau situs yang berplatform wordpress mungkin sudah di dukung dari awal, jadi tidak perlu mengotak-atik templatenya agar responsive. Jika kalian memiliki blog berplatform wordpress namun masih penasaran bagaimana tampilan blog kalian ketika diakses melalui smartphone, tidak ada salahnya untuk mencoba melalui situs-situs yang tersedia seperti di atas.

No comments:

Post a Comment

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment below, then click post/ publish!
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Jangan SPAM, karena bakal dihapus secara otomatis. Thank you :)

Instagram