Sedikit Tentang Blogging

Entah darimana munculnya, tiba-tiba saya teringat semua kenangan bersama blog saya yang sudah hilang akibat keteledoran. Ternyata bukan barang berwujud saja yang bisa hilang karena teledor. Blog pun bisa. Asli. . . parah!

Kalau harus diingat-ingat, rasanya ingin mencekik si pelaku (si pembajak blogger) saya beberapa tahun silam. Begitu susah payah selama satu tahun saya melengkapi blog saya. Berusaha menulis setiap hari dan dengan telitinya saya merangkai kata agar kalimat yang siap dibaca terlihat apik juga tidak membosankan. Ah sudahlah, tak berguna pula mengingat sesuatu yang tak mungkin hadir kembali seperti sedia kala.

. . . apakah hari ini saya bahagia?

Tentu saja setiap orang memiliki rasa bahagia pada tingkatan masing-masing. Entah pada bagian manakah ia merasa bahwa kebahagiaan justru membuat hidupnya lebih berwarna. Rasa sedih yang ia peroleh secara membanjir terkadang dianggapnya hanya sekedar kotoran hasil lemparan yang sewaktu-waktu bisa dihilangkan dengan secolek sabun ekonomi. Sungguh enteng, bukan?

Soal blogger, dimana saya pernah frustasi karena hilangnya sesuatu yang menurut saya amat berharga waktu itu. Saya yang pada waktu itu masih suka nongkrong di warung internet atau biasa kalian sebut “warnet”, bersusah payahlah saya mengatur waktu antara sekolah, tidur, belajar, dan mengisi blog. Tidak tanggung-tanggung, saya mengisi postingan blog hampir dan bahkan mungkin memang setiap hari dengan topik dan judul yang berbeda-beda. Entah itu curhatan pribadi, puisi, tutorial, cerpen, resensi, atau sekedar meng-copy paste lirik lagu agar bisa saya pamerkan url blog saya, ketika teman-teman mulai sibuk dengan lagu dan buru-buru mencari lirik lagu terbaru.

Tujuan saya “memiliki blog” waktu itu adalah TAKDIR.
(T)alk: dimana saya ingin berbicara pada dunia, ingin menunjukkan pada mereka bahwa dibalik kecupuan saya, diamnya saya, saya menyimpan segudang bahasa dan cerita. Melalui blog inilah saya mencurahkan segala isi hati dan pikiran saya. (A)ctive: Berharap saya bisa terus mengembangkan bakat tulis-menulis saya di sini. Tidak menjadi manusia yang monoton, yang flat, apalagi yang pemalas. No gengs!  (K)ey: kenapa saya menyebutnya kunci? Karena disini, di blog ini, bisa jadi saya telah memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan. Pertanyaan yang mungkin sebagian dari mereka menganggapnya sulit. Disinilah kunci jawaban yang mereka butuhkan. For example? Tutorial, resensi, puisi, cerpen, novel, disini saya akan memberikan contoh soal itu. Salah satu dari mereka pasti membutuhkan jawaban atas itu semua. (D)ialogue or discussion: lha kok? Iya, kenapa tidak? Blogger bukan hanya tempat untuk bisa sekedar tulis-menulis. Namun, saling berdiskusi, timbal balik untuk bertanya, semua bisa dilakoni disini. Lha bagaimana caranya? Seperti halnya sosial media yang lain seperti facebook, twitter, path, instagram ataupun sosmed-somed lain yang kalian tahu, saat saya memposting blog tentang sesuatu yang mungkin belum pernah kalian tahu, kolom komentar yang tersedia adalah wadah atas pertanyaan-pertanyaan kalian. (I)magination: blog adalah wadah dimana mimpi-mimpi saya tertuang disini. Melalui tulisan dan gambaran yang mungkin absurd tapi nyata (imajinasi), saya bisa lebih bersemangat dalam merealisasikan mimpi itu ketika semua mimpi terlihat ada didepan mata. (R)each: disini saya bisa melihat sejauh mana saya bereksplorasi dalam menulis.

Lalu, bagian mana yang menyebutkan bahwa hari ini saya bahagia? Iya, saya bahagia. Hari ini dan lebih tepatnya dimulai hari ini, tiba-tiba rasa itu kembali tumbuh setelah bertahun-tahun memendam rasa sakit akibat frustasi kehilangan blogger yang mendalam, mulai hari ini saya merasa bahwa blog saya (yang terbit mulai bulan Mei 2016 lalu) hampir memenuhi kualifikasi tujuan saya dalam memiliki akun blogger. Dan dari sinilah rasa bahagia itu datang.

Dan dengan ini saya menyatakan bahwa blog ini resmi milik saya dan semoga tidak ada lagi keteledoran yang serupa hingga musnahnya blog saya seperti apa yang terjadi beberapa tahun silam. Amin.

No comments:

Post a Comment

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment below, then click post/ publish!
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Jangan SPAM, karena bakal dihapus secara otomatis. Thank you :)

Instagram

I'm Proud to be a part of :