Mau Eksis? Nge-Blogger Aja !


Beberapa hari yang lalu, sebelum saya memutuskan untuk membuat rumah baru di sini, banyak teman-teman yang doyan berotasi di samping kanan kiri saya dan bertanya, "Kamu sebenarnya hobi apa gimana sih Cor, sampai rela begadang demi ngotak-atik template blog doang. Emangnya nge-Blogger bisa bikin kita naik pangkat? Eksis kayak Selebritis? Atau punya penghasilan pasti dari tulisan nggak jelas kamu?" Jleb, itu benar-benar pertanyaan yang nusuk, asli nyakitin banget dan nggak bisa dijawab dengan pernyataan yang berapi-api. Yang ada malah bikin babak belur, adu bacot sampai bibir dower dan nggak sanggup lagi dioles lipstik. Et, lebay amat! Yaudah, dengerin aja lalu jawab dengan kalem. Penak toh?

Yes! Pertanyaan serumit dan segeli itu, tenyata bisa dikalahkan dengan satu senyuman yang tulus. Dan saya cuma bisa cengar-cengir ngangkat bibir ke arah mereka. Alhasil, mereka jadi ikutan senyum. Yaudah saya sodorin aja berita para penulis, para blogger, dan para kawan-kawan supporternya yang sedang nge-Hits dan ng-Eksis. Dan saya cuma bilang, "Lihat seberapa besar perjuangan mereka dalam nge-Blog, dan baca aja berita nge-Hits yang mereka dapat, bukankah itu sebuah nikmat yang sangat luar biasa?" Mereka terdiam, terpaku, lalu pasang muka bego campur heran. Dan saya jadi tertawa (yang tadinya cuma pasang senyum).

Nggak lama kemudian, mereka bilang, "Cor, ajarin gue bikin blog dong, gimana sih caranya?" dan lebih tepatnya pertanyaan ini terlontar dari mulut mereka yang mungkin, maap Kudet alias kurang update teknologi. Kalau saya bilang begini jangan marah dulu, lebih baik mengoreksi diri lalu cari sisi positifnya. He-he. Lalu saya tersenyum. "Sebenarnya gampang kok, tinggal searching di google tata cara bikin personal site gratisan atau blog itu bagaimana, seribu jawaban pasti ada. Tapi kalau memang masih belum paham, bolehlah nanti saya tuliskan dari awal." Seketika saya keceplosan sok jadi guru nge-Blog. Saya lihat raut muka mereka berbeda, ada sinar-sinar pelangi kegirangan gitu. "Waaah, boleh boleh. Bagus tuh idenya. Plis, bikin tutorialnya ya. Biar gue nggak usah searching blog orang lain. Cukup dari blog kamu saja. Hehe." Lanjutnya sambil meluk saya erat-erat, nyium-nyium, jingkrak-jingkrak. Saya terpaksa manggut.

Well, sebenernya nge-Blogger itu fungsinya buat apa sih?

Kadang banyak sekali mereka yang meremehkan orang seperti saya, kerjanya cuma duduk di depan laptop sambil ketik-ketik keyboard, dapat satu artikel langsung cengar-cengir puas karena sudah terposting. Ya, meski untuk pertama kalinya postingan itu basi, alias nggak ada pembacanya. Tuh kan, jadi hopeless! Padahal, sejujurnya untuk menulis satu artikel yang misalnya cuma dua paragraf aja atau cuma 500 kata, mikirnya sambil guling-guling, takut ngecewain pembaca. Dan mereka dengan bangga ketawa ngece. Hey you! please jangan ngerendahin harga diri seorang penulis. Menurut ngana, nulis di blog nggak pake mikir? Nggak pake usaha? Hello!

Sebenarnya, menulis di blog bagi saya adalah sejarah. Dimana sejarah tidak pernah menghianati hasil perjuangan, pengorbanan dari suatu karya yang tercipta. Ketika blog itu masih hidup sampai kapan pun (meski pemiliknya sudah tiada) dan sampai teknologi masih menjadi penguasa manusia masa depan, blog akan terus menjadi sejarah. Dan menulis bagi saya adalah suatu karya, karena di dalam menulis, seseorang akan berusaha menciptakan suatu tulisan yang terbaik, walau untuk pertama kalinya menurut penulis hebat lainnya tulisan itu masih belum matang dan belum layak untuk dipublikasikan, tapi itu semua adalah ciptaan (hasil usaha) seseorang. Butuh pemikiran yang maksimal, fisik yang sehat (meski terkadang menghasilkan tulisan yang agak tidak waras), dan waktu yang luang.

Nge-blogger bagi saya bukan sekedar hobi. Seperti apa yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa nge-blog bagi saya adalah sejarah (yang memang pada dasarnya berawal dari hobi), nge-blogger adalah sarana dimana seseorang bisa mengasah kualitas tulisan mereka (belajar menulis) mulai dari nol. Seiring berjalannya waktu, mereka akan sadar dan peduli bahwa tulisan mereka (yang dulu) pertama kali yang ia tulis tidak sebagus tulisan yang selanjutnya. Jadi ada metamorfosisnya, kayak ulat, kepompong, jadi kupu-kupu yang bisa di cek secara langsung dari archives blog. Hm, keren kan! Itulah alasan kenapa nge-blogger bagi saya adalah sejarah. Semua hal yang saya tulis telah terangkum jadi satu dan tak pernah secuil pun ada yang rusak, kecuali ada oknum tertentu yang ingin merusak bahkan memusnahkan sejarah itu. Anggap aja syirik deh ya! Ups, he-he.

Nge-blogger juga bisa dijadikan alasan untuk belajar teknologi. Seperti yang kita ketahui, siapa sih yang nggak kenal gadget atau bahasa sederhananya berupa handphone, laptop dan PSP (mesin praktis manusia yang dari hari ke hari mengalami upgrading)? Teknologi telah menjadi peran utama yang menguasai dunia saat ini. Jadi, dari nge-blogger (blogwalking) lah kita bisa tahu apa yang belum kita ketahui sebelumnya. Belajar koding untuk memperbaiki kualitas template blog kita misalnya.

Emang nge-Blogger bisa menjadikan kita Eksis kayak selebritis?

Pertanyaan yang bagus! Why not gitu loh, kenapa tidak! Selebritis bukan hanya sekedar artis hiburan kayak penyanyi, pemain sinetron/film, atau selebgram. Blogger pun memiliki ruang dalam dunia EKSIS kayak selebritis. Ya, meski pada awalnya yang lebih tahu adalah kita-kita yang memiliki profesi sesama blogger, tapi lambat laun semua orang pasti tahu bahwa dia paling nge-Hits/ng-Eksis di dunia per-blogger-an (asal ada media aja yang ngeliput, kalo nggak diliput mana tahu kalau dia sedang nge-Hits, iya kan? Ha-ha-ha). Seperti halnya para pelukis dan seniman-seniman lainnya, mereka pun memiliki ruang dalam dunia EKSIS, asal karya mereka berbobot, disukai dan diakui oleh banyak orang, pastinya mereka akan eksis tanpa harus menjadi artis pemain sinetron (yang diakui masyarakat pada umumnya).

Jadi intinya, perbaiki kualitas diri, menghasilkan karya, memberikan banyak inspirasi, motivasi dan membahagiakan orang-orang yang ada di sekitar adalah kunci bisa ng-Eksis tanpa harus meminta bahwa diri kamu layak untuk nge-Hits kayak selebritis nge-Hits. Menjadi penulis di blog (Blogger) terbaik misalnya. :)

Back to top!
Salah satu blogger nge-Hits pada waktu itu, mbak Pungky Prayitno tiang Purwokerto. Dia mendapatkan penghargaan "Srikandi Blogger 2014" oleh Kumpulan Emak-emak Blogger, karena dia adalah anggota KEB.

No comments:

Post a Comment

Hello guys! Thanks for reading this article.
For leaving your comment, please write on the box comment below, then click post/ publish!
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun ya!
Jangan SPAM, karena bakal dihapus secara otomatis. Thank you :)

Instagram